Liburan musim dingin adalah salah satu hal keren yang ingin dicoba oleh para travelers sejati. Entah itu liburan musim dingin nya di wilayah Eropa, di negeri sakura, ataupun di wilayah lain, tentu akan selalu ada hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum benar-benar pergi liburan.

Kamu ingin pergi liburan musim dingin dalam waktu dekat? Kalau begitu, setidaknya 7 hal sederhana berikut harus kamu persiapkan ya! List lengkapnya lansung disimak yuk!

1. Kesehatan Diri Sebelum Benar-Benar Pergi Ke Luar Negeri, Agar Tidak Mengganggu Serunya Moment Liburanmu Nanti

Kalau Perlu, Cek Ke Dokter Juga Ya!

Kalau Perlu, Cek Ke Dokter Juga Ya! via https://ketahui.com

Bagaimanapun juga, kesehatan adalah hal berharga yang harus selalu dijaga. Meskipun begitu, nyatanya ada saja travelers yang cuek dengan kondisi kesehatan badan nya, selama berlibur ke sudut-sudut nusantara.

Advertisement

Meskipun selama ini kamu yang cuek mungkin merasa baik-baik saja, namun untuk moment liburan ke luar negeri selama musim dingin harus sedikit lebih waspada deh! Kondisi disana nanti amat kontras dengan yang biasa ditemui di Indonesia lho! Suhunya saja ekstra dingin, mendekati 0 derajat Celcius!

Kalau sudah tahu gambaran kondisi tadi, kamu yang sering sakit-sakitan selama perjalanan yakin bisa cuek terus seperti itu? Tentu tidak kan? Yuk perhatikan kesehatan dirimu sendiri! Daripada nanti repotnya di negeri orang juga kan?

2. Pakaian yang Akan Kamu Masukan Kedalam Koper Itu Penting Banget Untuk Diperhatikan Lho! Pilih yang Tebal dan Menghangatkan!

Keren, Nyaman, Menghangatkan!

Keren, Nyaman, Menghangatkan! via https://web.facebook.com

Saat kamu menonton film, mungkin kamu pernah melihat gaya pakaian yang digunakan saat musim dingin. Dan kebanyakan adalah pakaian tebal, dan tak jarang pula dipakai secara berlapis-lapis.

Advertisement

Hal tersebut tentu dilakukan bukan tanpa tujuan. Ingat, musim dingin di sana suhunya bisa sangat ekstrim lho! Dan biasanya, berada di kisaran angka 5 derajat Celcius bila sedang dalam kondisi normal.

3. Aksesoris yang Mungkin Akan Kamu Kenakan Selama Moment Liburan

Biar Nyaman Juga Kan?

Biar Nyaman Juga Kan? via https://www.pexels.com

Selain pakaian, aksesoris pun harus turut kamu perhatikan lho! Terlebih bila kamu atau temanmu punya kebiasaan nyentrik menggunakan kalung besi yang bisa teramat dingin saat sedang musim dingin. Kalau tidak diperhatikan kan bisa membahayakan!

Daripada menggunakan aksesoris nyeleneh semisal tadi, mungkin kamu bisa mulai membiasakan diri menggunakan syal, penghangat telinga, sarung tangan, hingga topi musim dingin! Selain berkhasiat menghangatkan tubuh, kamu akan jadi terlihat lebih keren lho!

4. Pelembab, dan Obat Pribadi Dari yang Sifatnya Ringan Hingga Mendesak

Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati!

Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati! via https://google.com

Cuaca dingin seringkali membuat kulit menjadi lebih kering dan rentan mengalami pecah-pecah. Sekalipun kamu seorang pria, tidak ada salahnya loh bila kamu menyiapkan pelembab bibir, wajah, dan tubuh!

Kemudian, meskipun beberapa negara di luar negeri memberikan fasilitas kesehatan gratis bagi siapapun yang membutuhkan, nyatanya berobat di luar negeri tidak sesederhana yang terdengar selama ini lho!

Pergi ke dokter dikala sakit memang sebuah keharusan. Namun selama kamu sudah mengetahui daftar penyakit yang bisa menyerang tiba-tiba, tentu tidak ada salahnya bila kamu mempersiapkan obat pribadi di koper ataupun tas mini yang biasa kamu bawa kemana-mana.

5. Keadaan Lingkungan Sekitar Area Destinasi Wisata

Kalau Aman, Pasti Lebih Seru!

Kalau Aman, Pasti Lebih Seru! via https://ketahui.com

Adalah hal yang wajar bila kita meneliti terlebih dahulu tentang keadaan lingkungan sekitar area wisata sebelum benar-benar memutuskan bahwa kita ingin pergi ke sana. Terlebih bila sekitar lokasi memiliki potensi terserang cuaca buruk ataupun kondisi alam lain.

Daripada kerepotan dengan hal-hal yang berada di luar dugaan, lebih baik kita meneliti terlebih dahulu hal-hal seputar lingkungan sekitar area destinasi wisata bukan?

Memang, terkadang menghadapi hal yang tidak terduga itu menambah pengalaman. Namun bila dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik, pasti lebih asyik!

6. Ketersediaan Penginapan yang Sesuai Dengan Harapan

Tak Perlu Mewah,

Tak Perlu Mewah, via https://web.facebook.com

Ingin berlibur ke luar negeri? Penginapan nya sudah dipesan belum? Ingat, mencari penginapan di luar negeri itu tidaklah mudah lho! Daripada nanti pusing sendiri, lebih baik memesan penginapan dari jauh-jauh hari. Toh sekarang juga sudah ada internet yang memudahkan bukan?

7. Moda Transportasi Umum yang Bisa Kamu Gunakan di Negara Tujuan

Cari Yang Paling Efisien!

Cari Yang Paling Efisien! via https://www.pexels.com

Menyewa kendaraan untuk dipakai berlibur selama di luar negeri? Memang tidak memakan biaya? Kalau ingin menghemat budget liburan, lebih baik naik transportasi umum saja! Namun, jenis transportasi yang ada di luar negeri tidak akan sama persis dengan apa yang ada di Indonesia ya!

Sebagian negara mungkin memiliki moda transportasi yang cukup lengkap. Namun untuk beberapa lokasi tertentu yang masih terasa nuansa tradisionalnya, moda transportasi yang tersedia tidaklah sebanyak yang kamu perkirakan. Kalaupun ada, mungkin biayanya juga lebih mahal dari yang ada di Indonesia. Untuk itu, perhatikan hal ini dengan baik sebelum berlibur ke luar negeri ya!

 

Oke, itulah tadi 7 hal sederhana yang harus diperhatikan sebelum pergi liburan musim dingin. Merasa terbantu dengan artikel kami? Share ke media sosialmu yuk! Terima kasih banyak ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya