Camping adalah salah satu cara menikmati liburan yang berbeda dan unik. Dengan camping kita akan merasakan sensasi kebersamaan yang lebih erat dan kuat entah saat kita pergi bersama keluarga ataupun dengan teman­­-teman kita. Jadi cobalah camping dengan keluarga ataupun teman kalian, pasti kalian akan mendapatkan sebuah kenangan yang berkesan dan berharga ketika kalian camping. Selamat mencoba!

1. Persiapan tenda camping serta kelengkapannnya

Tidak akan berjalan baik sesuatu tanpa sebuah persiapan yang matang, begitulah kebanyakan orang mengatakannya tentang sebuah persiapan. Dan ini adalah hal yang harus kalian perhatikan, apalagi buat kalian yang ingin pergi liburan dengan menggunakan atau dengan cara camping ground. Siapkan tenda camping anda dengan baik, dan pastikan kelengkapan tenda ada sudah di packing dengan baik.

Jangan anggap hal yang sederhana dari kelengkapan tenda hal adalah yang tidak terlalu penting. ingat segala kelengkapan tenda camping mempengaruhi kenyamanan saat anda tidur didalamnya. Maka jangan sampai hal penting seperti matras dari kelengkapan tenda anda lupakan, karena matras pada kelengkapan tenda camping adalah sesuatu yang wajib disertakan.

2. Cari tempat untuk camping di tempat yang landai dan datar

Advertisement

Untuk camping ketika anda sudah sampai pada tempat tujuan anda, pastikan anda untuk mencari atau menemukan tempat yang landau atau permukaan yang datar dan tergolong aman untuk anda membangun atau mendirikan tenda camping anda. Karena dengan permukaan yang datar tentu tenda akan lebih mudah dibangun atau didirikan ketimbang permukaan tanah dengan kemiringan 90’. Anda mungkin bisa mendirikan tenda camping di kemiringan 90’, tapi tidak bisa anda tidur dengan nyaman di kemiringan seperti itu.

3. Stabilkan posisi tenda dengan meletakan barang bawaan anda di sudut-sudut tenda

Barang bawaan anda adalah sesuatu yang pentingkan? Jelas tidak perlu ditanyakan lagi, maka dari itu untuk barang bawaan anda pastinya akan diletakan didalam tenda camping. Tetapi tidak hanya diletakan didalam tenda camping saja, pastikan barang bawaan anda diletakan disetiap sudut dari tenda camping anda.

Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kestabilan tenda camping anda, apabila ada terpaan angina yang kencang yang bisa membuat tenda ada bergoyang. Jadi pastikan barang bawaan anda selalu letakan disetiap sudut didalam tenda.

4. Gunakan tenda camping dengan warna yang cenderung warna cerah

Advertisement

Disini warna cerah dari tenda bukan untuk sekedar menarik perhatian atau sebuah subjek yang bagus apabila diabadikan dalam sebuah foto. Disini warna dari tenda camping jelas mempunyai tujuan yang lebih mendalam. Warna yang dimiliki tenda camping memberikan sebuah perhatian, identitas dan keselamatan. Warna yang cenderung cerah jelas akan lebih mudah dilihat, apabila kita camping dipegunungan yang lebat hutannya dengan warna cerah tenda camping tersebut lebih muda dikenalin dan mencolok disbanding warna sekitar.

Sebuah identitas pula dari sebuah perkumpulan, dengan warna tenda yang seragam jelas akan diketahui dari sebuah organisasi atau perkumpulan apa tenda camping itu. Dan yang terakhir sebagai sebuah keselamatan. Dengan warna cerah tenda jelas akan mempermudah dalam keselamatan penghuni tenda camping tersebut, karena mudah untuk dikenali dan dilihat apabila ada suatu peristiwa yang tidak diinginkan terjadi.

5. Pastikan kembali untuk tenda camping mempunyai lapisan polyster yang kuat dan aman

Lapisan pada tenda bukan hanya sebatas penuh tambahan saja pada kerangka tenda camping, tapi disini lapisan tambahan pada kerangka tenda camping berguna sebagai pelindung tambahan untuk ketahanan air pada tenda.

Dengan bahan yang parasut atau polyster, tenda camping akan lebih tahan dan kuat terhadap air dengan intensitas curah hujan tertentu. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu untuk lapisan tambahan pada tenda camping anda, bisa anda gunakan juga terpal diatas tenda anda, agar ketika hujan turun tenda camping anda lebih aman dan tidak tembus sampai kebagian dalam tenda. Gunakanlah yang menurut anda sesuai.

6. Hadapkan tenda camping anda ke arah barat

Barat adalah posisi yang bagus untuk anda hadapkan tenda camping anda, karena dengan arah barat anda bisa mendapatkan sebuah moment yang indah disore hari. Moment yang selalu dinanti para penikmat keindahan alam yaitu sunset, atau yang biasa kita sebut matahari terbenam.

Ke arah barat tenda camping anda tepat kearah matahari akan tenggelam dan berganti dengan rembulan. Maka dengan menghadap tenda camping anda ke barat, maka anda akan menikmati sebuah moment yang berkesan bersama para penghuni tenda camping yang lain.

7. Tidur dengan nyaman sesuaikan kapasitas tenda dan penghuninya

Kenyaman adalah segalanya, itu lah ungkapan dari seorang filsuf dari tanah abang. Mengapa demikian karena dengan kenyamanan maka semuanya akan lebih indah dan berkesan. Disini kenyamanan lebih tertuju untuk saat tidur didalam tenda camping, pastikan kembali untuk tenda yang anda gunakan itu anda tahu kapasitas maksimal penghuninya dan sesuaikan pula penghuni dengan kapastitas tenda.

Guna mendapatkan sebuah kenyaman saat kita tidur, tenda camping yang sesuai dengan ukurannya, maka tidur kita didalam tenda camping akan menjadi nyaman tidak desak-desakan dan bisa mimpi indah pula.

Selamat berkemah ria!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya