7 Hal yang Akan Kamu Pikirkan Ketika Kuliah

Kuliah merupakan masa di mana kita akan mengalami hal-hal menarik sekaligus akan membuat kita berpikir.

Kuliah merupakan masa di mana kita akan mengalami hal-hal menarik sekaligus akan membuat kita berpikir. Belajar di kelas bersama-sama teman, menyimak apa yang disampaikan oleh dosen, hingga pulang kembali ke kamar. Tentunya tidak hanya kegiatan itu yang akan dilakukan. Hal-hal ini yang bisa jadi kamu pikirkan saat kuliah.

Advertisement

1. Bagaimana Rasanya Hidup Mandiri?

Kita takut membayangkan apa yang akan terjadi ketika hidup sendirian di kota lain. Mandiri dan tanggungjawab yang akan menguatkan karakter kita dalam mengarungi luasnya lautan kehidupan.

Kita akan menyeleksi apa yang baik dan tidak bagi hidup kita. Mandiri tentu membutuhkan kekuatan jiwa dan raga. Jangan sampai kita terus-menerus terjebak pada zona nyaman. Segera tinggalkan zona nyaman, inilah momentum untuk lakukan perubahan.

Advertisement

2. Kehidupan yang Lebih Bebas

Dengan jam pelajaran yang tidak full satu hari, terkadang satu hari hanya satu mata kuliah. Hal ini akan membuat kita merasa lebih bebas. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan waktu yang melimpah. Walau kenyataannya kita sering menghabiskan waktu dengan percuma.

3. Apakah Pelajarannya Susah?

Pelajaran

Pelajaran via http://pixabay.com

Kita berpikir, apakah pelajaran yang ada lebih sulit daripada waktu SMA? Apakah kita bisa mendapat nilai A? Apakah Indeks Prestasi kita nilainya tinggi? Kita tidak perlu terlalu memikirkan semua itu. Cukup berusaha semampu kita, belajar dengan sungguh-sungguh. Niscaya nilai akan ikut bersama dengan keinginan kita.

4. Ingin Bergabung di Organisasi

Teamwork

Teamwork via http://pixabay.com

Bergabung dengan organisasi untuk dapatkan pengalaman, relasi, softskill dan pembelajaran. Organisasi untuk terlihat lebih keren, padahal tugas yang dikerjakan tak jarang bisa mengganggu tugas kuliah. Ketika kita tidak bisa membagi waktu dengan baik, pertimbangkan apakah memang benar kita ingin bergabung dengan organisasi? Maka perhatikan niat dan tujuan kita saat bergabung dengan organisasi.

5. Bagaimana Cara Mendapatkan Uang?

Bekerja

Bekerja via http://pixabay.com

Kita bisa bekerja pada lembaga yang membuka lowongan kerja. Contohnya kita dapat bekerja pada perusahaan packaging makanan atau seperti Student Employee (SE) yang terdapat pada unit lembaga yang sesuai dengan jurusan kita. Tentunya untuk itu kita butuhkan persiapan. Kita bisa menulis, mengikuti lomba dan sebagainya. Tapi semuanya jelas wajibkan usaha pantang menyerah.

6. Skripsi Bukan Beban, Tapi Kewajiban

Banyak mahasiswa yang kesulitan menghadapi skripsi. Sebenarnya skripsi membutuhkan kemandirian dan upaya ekstra untuk menyelesaikannya. Bukankah skripsi memiliki bobot setara dua mata kuliah? Untuk menuntaskan skripsi dibutuhkan inisiatif dan perjuangan. Ingatkan diri untuk selesaikan kuliah secepatnya agar tak jadi beban orangtua, kecuali kalau kita memang ingin membayar uang kuliah sendiri.

7. Memikirkan Apa yang Akan Dilakukan Setelah Lulus Kuliah

Baik itu bekerja atau melanjutkan studi, semua kamu yang menentukan. Pilihan hidupmu ada di tanganmu sendiri. Masing-masing pilihan akan melahirkan konsekuensi. Melanjutkan studi akan menjadikan kita lebih ahli. Sementara bekerja akan menjadikan kita profesional. Seluruhnya bergantung pada kesungguhan kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembaca yang tekun

CLOSE