Kalau kamu ingin jalan-jalan dengan biaya terjangkau, salah satu cara termudah dan termurah adalah dengan backpacking. Tapi sebelum melakukan backpacking, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu agar perjalananmu menjadi menyenangkan.

1. Bawa Barang Seperlunya

Bawa Barang Seperlunya

Bawa Barang Seperlunya via https://cdn.pixabay.com

Ketika sedang backpacking, membawa barang seperlunya adalah kunci utama! Empat buah celana jeans yang cuma akan memberatkan tasmu waktu kamu berjalan-jalan atau berlari mengejar kereta api.

Advertisement

Kamu harus meninggalkan barang-barang yang tidak terlalu penting dan menyederhanakan barang bawaanmu. Tidak perlu bawa perhiasan berlebihan atau bahkan jam tangan kuno peninggalan orang tua. Karena membawa barang berharga atau sentimentil begitu sama saja seperti kamu memanggil bencana.

Kalau perlu bawa benda sekali pakai, sehingga bisa langsung digantikan jika perlu. Sehingga kamu bisa lebih menghemat biaya kelebihan bagasi ketika di pesawat terbang.

2. Berkemah

Kalau bisa, cobalah jadikan berkemah sebagai bagian dari perjalanan backpacking-mu. Pada beberapa kota dan bahkan negara, banyak perkemahan nyaman yang tidak akan menguras uangmu. Ini akan menjadi pilihan yang bagus kalau kamu sudah pernah memiliki pengalaman berkemah. Apalagi kalau kamu membawa tendamu sendiri. Jadi kamu bisa siap berkemah kapan pun kamu siap.

Advertisement

Tapi ingat supaya kamu tetap harus berhati-hati, apalagi kalau backpacking sendirian. Tidak mau, kan, pengalaman yang seharusnya berharga itu malah jadi mengerikan.

3. Cari Penginapan yang Ada Dapurnya

Berkemah memang bukan untuk semua orang. Kalau kamu lebih memilih kenyamanan tempat tidur pun juga tidak masalah. Ada banyak pilihan penginapan dengan harga murah yang bisa kamu dapatkan. Tapi coba pastikan cari penginapan yang ada dapur umum dengan alat-alat memasak yang bisa kamu pakai.

Karena daripada makan di luar, akan lebih hemat banyak uang untuk beli bahan makanan dan masak sendiri di penginapan. Sebagai bonusnya, kamu juga bisa dapat teman baru di dapur penginapan.

4. Bawa Camilan Sendiri

Bawa Camilan Sendiri

Bawa Camilan Sendiri via https://www.cantikbijak.com

Berjalan-jalan dalam sebuah petualangan dan hidup hanya dengan mengandalkan tas punggungmu terkadang bisa membuatmu kehabisan tenaga dengan mudah. Sehingga akan lebih baik kalau kamu sudah menyiapkan camilan untuk membantumu menjaga energimu tetap tinggi.

Meskipun nantinya banyak penjual lokal yang akan menjajakan camilan, kamu harus tahu kalau biasanya penjaja itu akan menaikkan harganya gila-gilaan. Apalagi kalau tahu kamu itu turis, habis sudah dikerjai. Untuk menghindari pengeluaran tidak terduga ini, coba bawa camilan yang bisa meningkatkan tenaga sendiri.

5. Hati-Hati Dengan Pencopet dan Penipu

Di mana pun kamu melakukan backpacking, mau di dalam negeri ataupun keluar negeri, setiap kota pasti memiliki beberapa pentuk pencopet atau penipu. Mereka bisa melihat turis dari jarak satu kilometer jauhnya, dan tidak akan ragu-ragu mendekatimu dan mengambil keuntungan darimu.

Tentunya nggak ada seorangpun yang mau kan menjadi korban copet? Sudah menghitung anggaran baik-baik, lalu semuanya hancur berantakan gara-gara pencopet. Pastikan semua uangmu tersimpan dengan sempurna. Cara terbaiknya adalah dengan kantong tersembunyi dan ikat pinggang penyimpan uang.

6. Hindari Jebakan Turis

Hindari Jebakan Turis

Hindari Jebakan Turis via https://cdn.pixabay.com

Jebakan turis pastilah selalu ada di kota manapun. Untuk mencegahnya, lihat kemana penduduk setempat pergi, makan siang di tempat penduduk setempat biasa makan siang. Simpan daftar tempat keren yang bisa kamu kunjungi tanpa banyak biaya, pergi ke taman, atau berjalan-jalan ke spot unik.

Temukan atraksi yang memiliki penawaran diskon pelajar atau hari khusus, seperti di museum atau tempat wisata kuno.

7. Naik Angkutan Umum, Jangan Naik Taksi

Angkutan Umum

Angkutan Umum via https://www.pikniek.com

Jangan mudah tergoda dengan kemudahan taksi. Selain karena ongkos taksi yang tidak murah, ada kemungkinan supirnya akan sengaja membuat kamu melewati rute yang lebih jauh dan membuat ongkos taksimu meningkat tajam.

Untuk alternatif, cari tahu tentang rute angkutan umum yang ada di kota yang kamu tuju. Jika terpaksa, cobalah untuk lebih banyak berjalan kaki. Atau naik bus, atau kereta dalam kota jika ada. Selain lebih menyehatkan, menggunakan angkutan umum juga menambah pengalaman barumu selama backpacking.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya