7 Ide Kreatif Menciptakan Tempat yang Nyaman untuk Work From Home. Biar Makin Produktif~

ide kreatif menciptakan tempat kerja

Penyebaran pandemi virus corona penyebab COVID-19 semakin meluas di Indonesia. Presiden Joko Widodo pun telah menganjurkan masyarakat untuk mulai belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Imbauan untuk menerapkan social distancing dengan beraktivitas di rumah bertujuan untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona. Beberapa perusahaan juga sudah menerapkan kebijakan work from home (WFH).

Situasi saat bekerja di rumah tentu berbeda dibandingkan dengan bekerja di kantor. Nah, agar tetap produktif dan bisa menciptakan tempat work from home yang nyaman, ikuti tips berikut, yuk!

Advertisement

1. Manfaatkan sudut ruangan

Ruang kerja sudut menghadap jendela besar, karya Envirotec

Ruang kerja sudut menghadap jendela besar, karya Envirotec via https://www.arsitag.com

Saat tiba-tiba harus bekerja dari rumah, kamu mulai mencari solusi bagaimana menciptakan tempat khusus untuk fokus bekerja. Untuk kenyamanan dan produktivitas, sebaiknya hindari bekerja di atas kasur. Kamu juga tidak perlu menyediakan ruangan khusus. Manfaatkan sudut yang ada di rumah sebagai ruang kerja. Baik itu di sudut ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, di bawah tangga, atau bahkan sudut dapur. Letakkan satu meja, kursi, dan laptop di atasnya. Kamu pun telah mendapatkan ruang kerja minimalis yang nyaman.

2. Tempat khusus di samping jendela

Ruang kerja mungil di samping jendela

Ruang kerja mungil di samping jendela via https://www.forbes.com

Pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan konsentrasi saat bekerja. Untuk itu, sebaiknya tentukan ruang kerja di rumah yang mendapat pencahayaan natural. Disarankan, meletakkan meja kerja dan komputer berhadapan dengan jendela, agar layar komputer tidak terkena pantulan sinar. Tambahkan tirai atau blind untuk mengurangi sinar matahari yang masuk. Ciptakan ruangan senyaman mungkin untuk menjaga produktivitas.

Advertisement

3. Masukkan desain sesuai gayamu

Desain ruang kerja sesuai gayamu

Desain ruang kerja sesuai gayamu via http://vaguys111.com

Bekerja di rumah memiliki banyak keuntungan. Salah satunya, kamu dapat lebih leluasa dalam hal penataan ruang kerja sesuai dengan keinginan. Tak ada lagi deh, kesan kaku seperti ruang kerja di kantor. Bebaskan kreativitasmu saat mendekorasi ruang sesuai dengan gayamu.

Selain memperlihatkan karakter yang unik, ruang kerja yang didesain sesuai dengan gaya penghuninya pun akan memberikan kenyamanan lebih. Kini, kamu sudah siap kembali giat bekerja menyelesaikan tugas.

4. Sejuk dengan tanaman

Ruang kerja dengan tanaman hijau

Ruang kerja dengan tanaman hijau via https://homebusinessmag.com

Melakukan rutinitas di rumah untuk waktu yang lama memungkinkan kamu rentan stres dan jenuh. Untuk menjaga suasana tetap segar dan sejuk, menambahkan tanaman adalah solusi yang paling jitu. Dominasi tanaman sebagai dekorasi meja kerja mampu memberikan kesan menenangkan yang disukai semua orang. Dengan begitu, ide-ide segar pun bisa lebih mudah bermunculan. Kamu tak perlu khawatir lagi akan serangan stres ataupun bosan.

Advertisement

5. Kasual dengan hammock

Hammock di ruang kerja

Hammock di ruang kerja via https://www.mydomaine.com

Home sweet home. Untuk suasana bekerja yang lebih santai, tak ada salahnya menyediakan sebuah kursi santai pada ruang kerja di rumahmu. Suka berayun menggunakan hammock? Cobalah memasang instalasi kursi ayun berkonsep hammock di dekat meja kerjamu. Lengkap sudah sarana antistres di ruang kerja pribadimu.

6. Penyimpanan yang memadai

Ruang kerja dengan penyimpanan terbuka

Ruang kerja dengan penyimpanan terbuka via https://www.nytimes.com

Sama halnya dengan di kantor, di rumah pun kamu tetap membutuhkan tempat penyimpanan yang cukup untuk menjaga ruang kerja tetap rapi. Agar tetap terlihat stylish, gunakan tempat penyimpanan unik seperti keranjang rotan, toples sebagai tempat alat tulis, ataupun rak kayu yang didesain sendiri.

7. Konsep lesehan

Ruang kerja lesehan bernuansa maskulin serba hitam

Ruang kerja lesehan bernuansa maskulin serba hitam via https://idea.grid.id

Merasa lebih nyaman bekerja sambil selonjoran di lantai? Tak ada salahnya untuk membuat ruang kerja lesehan di rumah. Agar lebih nyaman, tambahkan kursi lantai, karpet hangat, dan beberapa bantal. Desainnya yang tidak terlalu formal, menawarkan situasi kerja yang nyaman dan santai saat bekerja di rumah. Siap-siap ide kreatif mengalir lancar berkat kenyamanan yang maksimal!

Tidak hanya penataan perlengkapan kerja saja yang perlu kamu pikirkan ketika mendesain ruang kerja di rumah. Faktor kenyamanan dan antibosan sebaiknya juga dikelola dengan baik. Kamu patut menyediakan tempat untuk beristirahat sejenak, seperti ruang ekstra untuk selonjoran atau rebahan sejenak, ataupun kursi ayun untuk relaksasi. Penting untuk menyediakan ruang yang fleksibel agar kamu bebas menentukan posisi saat muncul kejenuhan. Selamat produktif di rumah aja!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan

Editor

une femme libre

CLOSE