Di usia yang mulai beranjak dewasa ini tentunya kita sering teringat dengan kenangan semasa kecil. Sewaktu kecil pastinya kalian pernah merasakan jajanan pasar yang harganya tidak seberapa tetapi enak terasa.

Sayangnya dewasa ini jajanan tersebut sangat sukar ditemukan di hiruk pikuk kota. Agar kalian tidak melupakan jajanan tersebut, berikut ini 7 jajanan tradisional yang pasti akan membuat kalian merasa nostalgia lagi.

1. Gethuk

Gethuk lindri

Gethuk lindri via http://sejarahunik.net

"Gethuk, asale soko telo, moto ngantuk, iku tambane opo?"

Advertisement

Tahu lirik lagu tersebut? Seperti lagu yang dilantunkan oleh Didi Kempot tersebut. Gethuk adalah jajanan tradisional khas Jawa Tengah dan Jawa timur yang terbuat dari ketela pohon atau singkong yang dilembutkan dan dicampur dengan pewarna dan gula. Teksturnya lembut dan rasanya manis, jika dimakan akan membuat kenyang. Kini gethuk sudah jarang terlihat, kalian dapat menemukannya di pasar tradisional.

2. Klepon

"Tuuuuuuuuuuttt….."

Begitulah kira-kira suara yang dikeluarkan oleh tungku pengukusan klepon. Jajanan tradisional asli Indonesia ini terbuat dari tepung beras ketan yang diisi gula Jawa cair, untuk topping luarnya ditaburi oleh parutan kelapa.

Advertisement

Bentuknya bulat kecil berwarna hijau dan jika dimakan dalam keadaan masih panas, gula Jawa cair akan meleleh di lidah. Sekali makan pasti akan ketagihan.

3. Cenil

Dari tampilannya terlihat seperti klepon, tetapi jika klepon terbuat dari tepung beras ketan maka cenil terbuat dari tepung kanji yang dibentuk lonjong atau kotak-kotak kecil lalu diberi parutan kelapa diatasnya. Cenil hadir dengan tampilan warna-warni dan jika dimakan akan terasa kenyal di mulut.

4. Kerak Telor

Kerak Telor

Kerak Telor via http://pegipegi.com

Jajanan tradisional ini berasal dari Jakarta. Biasanya kerak telor ini dijual dengan rombong yang dipikul oleh penjualnya. Dulu kerak telor hanya bisa ditemukan di daerah Jakarta dan Jawa Barat, tetapi sekarang bisa ditemukan di daerah lain. Jajanan asli Betawi ini terbuat dari beras ketan dan telur bebek yang digoreng tanpa minyak (disangrai) lalu ditambahkan bawang merah, serundeng, dan udang sebagai topping.

5. Wingko

Wingko adalah jajanan tradisional yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula. Bentuknya bundar dan biasa disajikan di dalam kertas. Wingko enak dimakan dalam keadaan hangat, kombinasi antara kelapa dan gula membuat rasanya menjadi gurih dan enak. Jajanan asli khas Babat ini agak susah dicari di daerah luar Jawa Timur dan Jawa Tengah.

6. Brem

Jajanan ini sering kita temui jika sedang berada di kota Madiun. Brem adalah jajanan tradisional khas Madiun yang terbuat dari sari ketan yang dimasak dan diambil sarinya lalu dikeringkan dan diendapkan menjadi bentuk yang keras. Brem ini biasanya hadir dalam bentuk balok berwarna putih kekuningan, dan jika digigit akan langsung meleleh di lidah dan akan terasa perpaduan antara rasa manis dan masam.

7. Ampyang

Jajanan tradisional khas Jawa ini agak susah ditemukan. Jajanan ini terbuat dari gula Jawa dan kacang tanah yang direbus menjadi satu lalu dikeringkan hingga berbentuk padat. Teksturnya keras dan padat, jika dimakan akan terasa manis.

Setelah membaca itu kalian pasti merasa lapar kan?
Masih banyak jajanan tradisional yang enak di Indonesia, yang manakah favoritmu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya