7 Jenis Tanaman Berbentuk Unik yang Bisa Kamu Tanam di Rumah

Aneka Tanaman Hias dengan Bentuk Anti-Mainstream

Merujuk pada tren desain interior 2022, tanaman hias masih jadi salah satu elemen dekorasi yang diminati banyak pemilik hunian. Apalagi dengan berkembang pesatnya kesadaran akan gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan, merawat tanaman jadi langkah kecil untuk memulainya.

Pilihan jenis tanaman buat di rumah pun juga beraneka ragam. Tanaman hias yang lebih cocok ditanam di luar ruangan kayak bunga matahari, kembang sepatu, geranium, bambu kuning, bunga kamboja, dan masih banyak lagi.

Begitu juga tanaman hias yang difungsikan buat menghias bagian interior rumah. Biasanya ditempatkan di dalam pot dan ukurannya enggak sebesar tanaman-tanaman yang ditanam di halaman rumah.

Beberapa yang paling populer belakangan ini adalah lidah mertua, sirih gading, aglaonema atau sri gading, sampai berbagai jenis monstera yang sempat jadi tanaman hias yang paling banyak diburu sama pecinta tanaman.

Nah, tapi kalau kamu orangnya anti mainstream dan bosen sama tanaman hias yang bentuknya gitu-gitu aja, masih banyak jenis tanaman lain yang bisa dijadikan dekorasi rumah, loh.

Apalagi tinggal di negara tropis kayak Indonesia, kita punya lebih banyak keuntungan buat memelihara tanaman-tanaman eksotis yang belum bisa tumbuh di negara subtropis atau empat musim.

Dekoruma punya tujuh jenis tanaman yang punya bentuk, warna, dan corak yang unik buat jadi hiasan di rumah. Yuk, simak di bawah ini!

Advertisement

1. Meski Kecil, Daun Hijaunya yang Transparan dan Berkilau Mirip Sama Batu Giok. Sukulen Haworthia Cooperi yang Menawan

Sumber: World of Succulents

Sumber: World of Succulents via https://worldofsucculents.com

Waktu dengar kata sukulen, gambaran yang terlintas biasanya adalah sukulen yang bentuknya seperti kaktus mini. Bulat dengan duri-duri di sekujur batangnya. Enggak salah, sih, dan sukulen-sukulen yang gampang ditemui itu juga cantik dan menggemaskan. Namun, sukulen yang satu ini bentuknya unik dan keren banget, lho!

Namanya Haworthia Cooperi, sukulen ini punya daun yang ukurannya kecil, jumlahnya banyak, berbentuk bulat, dan yang paling menarik berwarna hijau transparan yang ngingetin kita sama batu atau perhiasan giok yang menawan dan mahal.

Advertisement

Dengan bentuknya yang cantik kayak gini, Haworthia Cooperi cocok buat ditaruh di berbagai ruangan. Di ruang keluarga, di atas meja makan, meja samping tempat tidur, sampai meja kerja buat dekorasi yang memikat.

2. Tanaman Bernuansa Cinta dan Kasih Sayang. Hoya Kerrii atau Hoya Hearts yang Punya Daun Pipih Berbentuk Hati, Gemes Banget!

Sumber: Home by Faith

Sumber: Home by Faith via https://homebyfaith.ca

Buat kamu yang suka benda-benda bernuansa hati, ternyata tanaman hias juga ada yang daunnya berbentuk hati. Nama resminya Hoya Kerrii, tapi lebih dikenal sebagai Hoya Hearts. Tentunya karena bentuk daunnya yang pipih dan menyerupai simbol hati.

Advertisement

Hoya Hearts juga dikategorikan sebagai tanaman sukulen yang relatif gampang dirawat karena tidak perlu disirami terlalu sering dan bisa tahan dalam kondisi panas atau dingin yang ekstrem sekalipun. 

Menariknya, Hoya Hearts juga tanaman yang tumbuh merambat dan daun-daunnya bisa menjuntai ke bawah dengan indah. Cocok buat ditaruh di taman gantung di rumah.

3. Tanaman Hias yang Punya Tampilan Elegan dan Mahal. Rex Begonia yang Ikonik dengan Daun Lebar Berwarna Ungu Kehitamannya

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Begonia adalah salah satu jenis tanaman hias yang paling umum dan jadi pilihan banyak orang ketika mencari dekorasi tanaman di rumah. Dikatakan saat ini ada sekitar 2.000 spesies begonia yang telah ditemukan. Tanaman begonia sendiri ada yang bisa menumbuhkan bunga dan ada juga yang berdaun saja.

Begonia identik dengan daunnya yang lebar dan berwarna hijau pekat. Tapi, begonia yang satu ini bisa dibilang unik karena warnanya ungu kehitaman. Rex Begonia adalah salah satu jenis begonia yang paling cantik dan dramatis. Tentunya karena gradasi warnanya yang kelihatan elegan dan mahal.

4. Staghorn Ferns Atau Juga Dikenal Sebagai Pakis Tanduk Rusa. Daunnya yang Panjang dan Menjuntai ke Bawah Cocok Buat Jadi Tanaman Gantung

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Tanaman pakis yang satu ini dijuluki pakis tanduk rusa karena bentuk daunnya yang memanjang dan bercabang, seperti tanduk rusa. Tanaman ini juga termasuk tanaman yang cukup langka dan mahal harganya. Perawatannya pun butuh perhatian khusus seperti temperatur dan tingkat kelembapan tanaman yang optimal.

Tapi, semuanya worth it, kok kalau Staghorn Ferns ini tumbuh subur dan cantik. Daun panjangnya menjuntai ke bawah dan menarik untuk digantung di dinding. Waktu digantung kayak gini jadi ngingetin sama ornamen kepala rusa yang juga digantung di tembok, ya. 

5. Fishbone Cactus dengan Daun Zigzag-nya yang Bergelombang dan Khas. Beneran Kasih Tampilan Tanaman yang Enggak Biasa

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Namanya memang kaktus, tapi bentuknya kelihatan enggak kayak kaktus, ya. Fishbone Cactus atau Zigzag Cactus memang merupakan salah satu tanaman kaktus yang bentuknya paling unik. Daunnya panjang dan punya gelombang-gelombang yang lengkungannya cukup banyak dan dalam.

Yang menarik dari Fishbone Cactus adalah perawatannya yang sama mudahnya dengan jenis kaktus yang lebih umum. Tidak perlu terlalu banyak air, rutin menggunting daunnya yang kering atau sudah terlalu lebat, dan taruh di tempat yang punya sinar matahari cukup.

6. Bentuknya Unik, Memikat, dan Bawa Hoki Juga! Lucky Bamboo Atau Bambu Hoki yang Biasanya Jadi Andalan Selama Imlek

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Meskipun identik sama tahun baru Imlek, enggak ada salahnya buat menjadikan Lucky Bamboo atau bambu hoki sebagai tanaman hias sepanjang tahun. Batang bambu yang beruas-ruas, kurus, dan tumbuh menjulang ke atas dengan daun-daun di pucuknya selalu cantik dan menawan buat jadi dekorasi di rumah.

Perawatan bambu hoki ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Selain harus rutin disiram untuk menjaga kelembapan tanah dan mendapat sinar matahari yang cukup, tanaman ini cukup sensitif sama kandungan klorin atau bahan kimia dari air yang kotor.

Maka dari itu, supaya aman, sirami Lucky Bamboo pakai air yang terjamin kebersihannya. Sayang banget, kan, kalau sampai mati cuma karena air yang kotor. Siapa tahu bambu hoki yang tumbuh subur membawa rezeki yang subur juga, kan?

7. Bukan Jamur Atau Penyakit Tanaman. Polka Dot Begonia Punya Daun Lebar Berbintik-bintik Putih yang Unik Banget, Ya!

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Selain Rex Begonia yang dramatis dan menawan, Polka Dot Begonia ini juga enggak kalah unik dan ngegemesin, ya. Masih punya daun hijau yang lebar khas begonia, Polka Dot Begonia ini tampil menarik karena bintik-bintik putih di sekujur daunnya yang menjadi ciri khas dari tanaman ini.

Perawatannya pun cukup mudah dan enggak ribet. Pastikan tanaman unik ini mendapatkan sinar matahari yang cukup, tapi jangan sinar matahari langsung. Begonia bakal terbakar kalau terkena paparan sinar matahari langsung yang terlalu banyak. Kalian juga cuma perlu menyiram dan memupuk Polka Dot Begonia kurang lebih satu sampai dua minggu sekali. 

Semua tanaman yang di daftar ini bener-bener unik, cantik, dan punya karakteristik yang khas dan menarik, ya. Tanaman-tanaman ini tentunya bisa ditaruh di berbagai penjuru rumah. Di atas coffee table, konter dapur, di atas rak sepatu, bahkan bangku atau kursi panjang yang khusus dijadikan taman indoor.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE