7 Jenis Tanaman Sukulen Cantik yang Bisa Dijadikan Dekorasi Ruangan

Aneka Jenis Tanaman Sukulen untuk Hiasan Rumah

Dari sekian banyak tren dan hobi yang muncul karena pandemi ini, mana aja yang udah kalian lakuin? Ngocok kopi dalgona, bikin croffle, jadi rajin olahraga di rumah, atau malah keranjingan mengoleksi tanaman hias?

Jadi punya lebih banyak waktu luang, mengoleksi dan merawat tanaman hias jadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan sama banyak orang selama pandemi. Akibatnya, setiap tahun ada aja jenis-jenis tanaman yang jadi primadona dan diburu pecinta tanaman.

Masih inget janda bolong atau lidah mertua? Dua tanaman ini dan beberapa tanaman lain sempet jadi salah satu hot item buat dipelihara. Selain itu, masih ada satu jenis tanaman yang kepopulerannya cukup konsisten, bahkan dari sebelum pandemi.

Tanaman itu adalah sukulen, tanaman cantik dan gemas yang biasanya berukuran mungil dan punya karakteristik yang khas. Baik itu daunnya, batangnya, durinya, atau warnanya. Setidaknya sukulen udah jadi salah satu tanaman hias paling dicari sejak lima tahun ke belakang.

Menariknya, banyak anak muda yang kepincut tanaman hias, termasuk sukulen. Ini karena sukulen relatif lebih mudah dirawat. Cocok sama gaya hidup mereka yang aktif dan sibuk. Karena enggak manja, sukulen juga bisa tumbuh di kamar kost atau apartemen.

Nah, kalau kamu berencana nambah atau mau mulai koleksi sukulen, Dekoruma ngerekomendasiin tujuh tanaman sukulen cantik dan gemes berikut ini. Siapa tahu bisa jadi dekorasi yang cocok di meja belajar atau samping kasur.

Advertisement

1. Hijau, Mengilap, dan Bulat Seperti Batu Giok, Jade Plant Yang Menawan dan Jadi Salah Satu Sukulen Paling Populer

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Bisa dibilang, jade plant atau tanaman jade adalah salah satu sukulen yang paling populer dan mudah dikenali. Setidaknya kalau kamu enggak pelihara, kamu pernah lihat gambarnya di internet atau bertamu ke rumah orang yang punya tanaman ini di ruang tamunya. 

Jade plant sendiri berasal dari benua Afrika dan perawatannya mudah. Jade plant tidak perlu disirami terlalu sering dan terlalu banyak. Air yang terlalu banyak justru bikin mati. Pastikan saja daunnya tetap berkilau dan enggak pudar karena itu tandanya dia butuh air.

Advertisement

2. Jarang Ada Yang Tahu, Aloe Vera atau Lidah Buaya Juga Sukulen, Loh! Sukulen Yang Udah Terkenal Sama Segudang Manfaatnya

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Siapa sangka kalau tanaman yang terkenal dengan khasiatnya buat kulit ini ternyata masuk ke dalam klasifikasi sukulen. Enggak heran karena sukulen pada dasarnya adalah tanaman yang mampu menyimpan air di dalam batang dan daunnya. Makanya, daun lidah buaya tebal dan berair.

Meski bisa tumbuh besar untuk dipanen sebagai keperluan konsumsi, aloe vera juga bisa ditanam di pot kecil untuk ditaruh di meja kecil samping kursi ruang keluarga atau di atas meja kerja.

Lidah buaya juga bisa beradaptasi dengan cahaya minim atau cahaya buatan (lampu) dan bisa disiram dua sampai tiga hari sekali. Cukup praktis dan tidak butuh perhatian ekstra. 

Advertisement

3. Rona Merah Muda Yang Manis, Mulus, dan Unik Pada Daun Yang Bentuknya Seperti Batu. Inilah Sukulen Roseum Atau Pink Moonstone

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Selain daun yang berwarna hijau, daya tarik sukulen juga datang dari tanaman-tanaman yang warnanya menarik. Salah satunya pink moonstone atau sukulen roseum yang satu ini. Daunnya bulat pipih dengan guratan-guratan warna merah muda. Sekilas mirip bawang merah.

Untuk merawatnya, cukup pastikan sukulen roseum mendapat sinar matahari yang cukup dan tidak terlalu banyak. Jangan menyiramnya terlalu banyak dan terlalu sering sampai tergenang karena pink moonstone bisa membusuk bila terlalu banyak air. 

4. Kelopak Bunganya Membulat dan Berundak-undak, Mirip Teratai. Sukulen Echeveria Minima Yang Pernah Dapet Penghargaan, Loh!

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Berasal dari timur laut Meksiko, sukulen echeveria minima juga salah satu sukulen yang bentuk daunnya cukup familiar. Berwarna hijau, dengan ujung-ujung yang membulat, dan tumbuh bertumpuk satu sama lain. Echeveria minima yang tumbuh sempurna juga punya rona merah muda di ujung-ujung daunnya, semakin memberikan tampilan yang manis. 

Menariknya, sukulen jenis ini pernah meraih penghargaan dari  Royal Horticultural Society's Award of Garden Merit yang merupakan penghargaan flora bergengsi dari Inggris. 

Mirip seperti sukulen lain, kamu tidak perlu terlalu sering menyiramnya. Jenis sukulen ini juga bisa tumbuh dengan sebagian sinar matahari langsung atau sinar matahari tidak langsung sekalipun. 

5. Bulat, Gemuk, Berona Kuning, dan Berduri. Lemon Ball Cactus Yang Menarik dan Punya Banyak Julukan

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Salah satu pertanyaan atau perdebatan yang sering muncul tentang sukulen adalah, apakah kaktus itu sukulen. Kaktus sendiri termasuk ke dalam kategori sukulen karena kemampuannya menyimpan air di dalam batangnya. Namun, sukulen bukanlah kaktus karena tidak semua sukulen memiliki daun yang berduri.

Dari sekian banyak kaktus mini yang menjadi favorit pecinta tanaman, salah satu yang bentuknya paling menarik adalah lemon ball cactus ini. Bentuknya bulat dan berwarna kuning.

Dalam beberapa kasus, kaktus jenis ini bisa tumbuh sampai 60cm, loh! Selain itu, kaktus ini punya nama julukan lain seperti golden ball cactus atau yellow tower cactus.

6. Daunnya Runcing dan Bergaris Putih. Zebra Haworthia Atau Sukulen Zebra. Kelihatan, Kan, Kenapa Namanya Sukulen Zebra?

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Banyak ditemukan di Afrika Selatan, karakteristik visual yang paling kentara dari sukulen ini adalah garis-garis putih pada daun-daunnya yang panjang dan runcing. Sekilas, daunnya mengingatkan kita pada lidah buaya, tapi garis-garis putihnya memberikan tampilan yang unik dan menarik.

Maka dari itu, sukulen ini dinamakan zebra haworthia atau sukulen zebra. Setidaknya, sukulen zebra bisa tumbuh sampai 13cm tingginya, tidak butuh terlalu banyak air, dan sinar matahari tidak langsung. 

7. Sukulen Gantung Yang Juga Dikenal Sebagai Sukulen Anggur. Burro’s Tail Yang Khas Dengan Daun-Daun Bulatnya Yang Menjuntai Ke Bawah

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Di dunia tanaman non sukulen, ada sirih gading yang terkenal sebagai tanaman gantung yang daunnya menjuntai ke bawah. Untuk semakin mempercantik taman gantung kamu di rumah, sukulen juga punya jenis sukulen gantung yang bentuknya unik.

Namanya burro’s tail yang mana daun-daunnya berbentuk bulat dan sedikit lonjong, tumbuh subur, keluar dari pot dan menjuntai ke bawah. Dilihat-lihat jadi mirip anggur hijau enggak, sih?

Makanya, tanaman ini juga dinamakan sukulen anggur yang bisa tumbuh ke bawah sampai 60cm. Cocok untuk taman gantung di teras atau menghias dapur dengan ditaruh di meja bar. Jadi, kamu bisa mengaguminya sambil duduk-duduk di kursi bar.

Tujuh sukulen ini bisa dibilang cuma sebagian sangat kecil dari seluruh spesies sukulen yang udah ditemukan manusia. Diperkirakan ada 10.000 jenis sukulen di dunia yang jenis, bentuk, dan warnanya beragam. Jadi, selamat bereksplorasi dengan sukulen!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE