Di tengah-tengah era globalisasi yang menyelimuti kita sekarang ini, sering dijumpai kalimat-kalimat yang disisipkan kata dalam bahasa Inggris yang kemudian dicetak miring. Kata-kata yang lebih akrab didengar daripada kata-kata bahasa Indonesianya seperti screen, schedule, dan interview kini sudah ada padanannya di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penasaran apa saja?

1. Screen = Skrin

Kata skrin ini diserap dari bahasa Inggris screen yang artinya layar. Dewasa ini, seringnya penggunaan kata screen tidak bisa tak bisa dibantah lagi. Mulai dari munculnya ponsel pintar layar sentuh (touch screen) hingga pelindung kulit dari paparan sinar matahari atau yang biasa disebut dengan sun screen. 

Advertisement

Ternyata, kata screen kini sudah hadir di KBBI dengan padanan skrin.

2. Speaker = Sepiker

Speaker atau yang juga dikenal dengan pengeras suara, kini sudah ada padanan katanya di KBBI yaitu sepiker. Dibanding pengeras suara, rasa-rasanya lebih praktis untuk mengatakan speaker  yang hanya memiliki dua suku kata dibandingkan dengan pengeras suara.

3. Schedule = Skedul

Schedule yang memiliki arti jadwal juga sudah mempunyai padanan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata skedul ini mungkin tak asing bagi remaja kekinian yang suka mencampurkan bahasa Inggris degan bahasa Indonesia.

Advertisement

Kini, schedule sudah masuk ke bahasa Indonesia!

4. Typo = tipo

Kecilnya papan ketik yang ada di ponsel kadang menyebabkan kita salah ketik. Kadang juga ada autotype dari ponsel yang menyebabkan salah ketik.

Mau ngetik kabar, eh yang muncul malah kembar, dan baru sadar ketika pesannya sudah terkirim! Hal tersebut dikenal dengan typo dalam bahasa Inggris, namun kini sudah ada padanannya di bahasa Indonesia, yaitu tipo.

5. Clear = Klir

Clear, dalam bahasa Inggris berarti jelas atau jernih. Baik suara, penjelasan, status, hubungan, dan lain-lain. Kadang, disebuah penjelasan seseorang diakhiri dengan pertanyaan, “Semua sudah clear?” yang berarti apakah semuanya sudah mengerti penjelasan dia atau belum.

Kini, tak perlu takut karena menggabungkan dua bahasa pada contoh seperti itu, karena clear sudah memiliki padanan kata di KBBI yaitu klir! 

6. Interview = Interviu

Interview merupakan sebuah kegiatan dimana ada seorang interviewer atau pewawancara yang menanyakan pertanyaan-pertanyaan kepada seorang narasumber. 

Kegiatan ini sering dilakukan ketika kita mendaftar organisasi, komunitas, ataupun melamar kerja, pastilah ada tahap interview atau wawancara. Bahkan, interview adalah kunci diterima pekerjaan pada beberapa perusahaan. Kini, interview sudah memiliki padanan di KBBI yaitu interviu.

7. Make up = Mekap

Bagi cewek-cewek kekinian jaman sekarang, rasanya mustahil keluar rumah tanpa sentuhan make up sedikitpun. Baik hanya sebatas foundation, powder, dan lipstick maupun hanya toner. 

Kalau lengkap, dipoles lagi dengan concealer, eyeshadow, eyeliner, blush-on, highlighter dan berbagai perintilan lainnya. Kini, make up sudah punya padanan di KBBI yatu mekap.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya