Jauh sebelum Indonesia terbentuk dan bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional, masyarakat nusantara mengenal banyak bahasa. Tiap daerah memiliki kekhasan bahasa sendiri-sendiri. Ada bahasa Jawa, Melayu, bahkan Sanskerta.

Ya, sejarah nusantara juga meliputi sejarah tentang persebaran kebudayaan Hindu-Budha. Bahasa Sanskerta pun dibawa oleh masyarakat Hindu. Akhirnya membudaya pula di tanah nusantara ini.

Seiring berkembangnya peradban, bahasa Sanskerta tergeser oleh bahasa-bahasa yang lebih banyak digunakan oleh orang-orang. Punahlah bahasa tersebut lantaran tak ada penuturnya. Namun, bukti bahwa bahasa tersebut pernah menggung di nusantara bisa dilihat pada nama-nama orang Indonesia.

Berikut adalah nama-nama artis yang mengandung unsur bahasa Sanskerta. Nyatanya, kosakata bahasa purba ini masih kece. Malahan memiliki efek yang magis yang menyentuh hati terdalam jika didengar.

1. Kirana Larasati

Kirana Larasati

Kirana Larasati via https://www.instagram.com

Pertama ada Kirana Larasati. Artis berparas manis ini mulai populer setelah membintangi sinetron berjudul Azizah yang tayang di salah satu stasiun televise nasional.

Advertisement

Kirana adalah kata yang bersal dari bahasa Sanskerta. Maknanya kurang lebih adalah tentang kecantikan dan kemolekan. Kata ini pun masuk dalam KBBI dengan makna molek, cantik, atau elok.

2. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati via https://www.kepogaul.com

Selanjutnya ada Isyana Sarasvati. Ia adalah sosok penyanyi yang tak hanya cantik, tapi juga berbakat dalam menciptakan lagu.

Namanya ini mengandung unsur bahasa Sanskerta yaitu sarasvati yang biasa dieja saraswati. Sarasvati diambil dari kepercayaan Hindu, yaitu salah satu dari tiga dewi utama. Dua dewi lainnya adalah Dewi Sri (Laksmi) dan Dewi Uma (Durga).

3. Gita Gutawa

Advertisement

Gadis manis berlesung pipit ini punya nama lengkap Aluna Sagita Gutawa. Panggilan akrabnya adalag Gita Gutawa. Tahukah kamu bahwa namanya ini mengandung bahasa Sanskerta yang punya makna dalam?

Ya, gita diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti syair atau puisi. Betapa mulianya harapan ayahnya, Erwin Gutawa, dalam menyematkan makna mendalam ini pada nama anak gadisnya.

Sangat dalam bukan? Gita yang bermakna syair dan puisi menjadi nama seorang gadis yang piawai bernyanyi.

4. Eka Gustiwana

Eka Gustiwana

Eka Gustiwana via https://www.instagram.com

Berikutnya adalah seorang komposer muda yang naik daun berkat aransemen-aransemen uniknya. Ia adalah Eka Gustiwana yang suka menjadikan ucapan seseorang menjadi lagu-lagu yang apik.

Komposer muda ini juga memiliki nama yang diambil dari bahasa Sanskerta, yaitu Eka. Makna kata eka adalah awal, satu, atau pertama. Dengan ini, berarti bisa disimpulkan bahwa Eka Gustiwana ini merupakan anak sulung.

5. Dewi Lestari

Dewi Lestari

Dewi Lestari via https://www.instagram.com

Nama lengkap penulis cantik ini adalah Dewi Lestari Simangunsong. Namun, ia lebih akrab disapa dengan nama pena Dee Lestari.

Tahukah kamu bahwa nama perempuan manis ini mengandung unsur bahasa Sanskerta? Ya, dewi adalah kata yang berasal dari bahasa Sanskerta. Maknanya adalah dewa perempuan atau bidadari.

Sebelum berkarier sebagai penulis, ia sempat menekuni dunia tarik suara. Kini dirinya lebih sering mengeluarkan karya-karya berupa cerita fiksi baik novel maupun kumpulan cerpen. Beberapa karyanya dijadikan film layar lebar, salah satunya yang meledak adalah Filosofi Kopi.

6. Dwi Sasono

Pria yang lahir di Surabaya, 30 Maret 1980 ini adalah aktor film Indonesia. Prestasinya di bidang seni peran tidak tanggung-tanggung. Dalam ajang MTV Indonesia Movie Award 2007, Dwi Sasono masuk dalam 3 nominasi sekaligus, yakni Most Favorite Actor, Most Favorite Supporting Actor, dan Breakthrough Actor.

Sadar tidak, bahwa nama Dwi Sasono diambil dari bahasa Sanskerta? Ya, dwi berarti dua atau kedua dalam bahasa purba itu. Dalam menamai anak, kata ini biasanya digunakan pada anak kedua.

7. Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka via https://www.posbunda.com

Siapa yang tak kenal putra pertama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini? Namanya Gibran Rakabuming Raka.

Istilah raka dalam bahasa Jawa memang ada. Kira-kira artinya adalah kakak laki-laki, atau mas. Namun, dalam bahasa Sanskerta pun kosakata ini dikenal. Raka dalam bahasa Sanskerta memiliki makna ambigu. Bisa dimaknai sebagai bulan purnama, matahari, atau bahkan kristal.

Nama-nama artis tersebut jadi bukti, kalau bahasa Sansekerta masih kece dan hits untuk dijadikan inspirasi buat anak-anak kamu nanti. Soalnya unik dan jarang yang punyai!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya