Kopi, secangkir anugerah yang saat ini telah menjadi bagian dari gaya hidup semua kalangan. Minum kopi selain menjadi bagian dari gaya hidup, dapat pula berfungsi sebagai media sosialisasi ataupun menjalin sebuah relasi. Perkembangannya yang begitu pesat telah melahirkan sebuah era baru dalam dunia bisnis saat ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa baik di kota besar maupun kecil, semakin banyak ditemui kafe-kafe yang menyediakan beragam jenis seduhan kopi sebagai menu utamanya, atau yang saat ini sering kita sebut dengan coffee shop. Salah satu alternatif hiburan yang dianggap mampu menjadi sarana pelepas penat dan lelah setelah sehari penuh bekerja.

Minuman sederhana dengan sejarah panjangnya ini telah berhasil membius jutaan pecandu kopi di dunia. Namun, apakah yang membuat secangkir kopi menjadi sangat istimewa bagi para penikmatnya? Jawabannya pun sederhana, karena setiap orang punya caranya sendiri dalam menikmati keagungan sebuah karya, ya mahakarya yang bisa kita sebut dengan secangkir kopi.

Berikut adalah 7 Rahasia Kecil yang harus kalian ketahui untuk menambah kenikmatan secangkir kopi menjadi lebih istimewa.

1. Simpanlah Biji Kopi Seperti Obat

Biji kopi atau kopi bubuk sebenarnya memiliki empat musuh bebuyutan, yaitu udara, kelembaban, panas, dan cahaya. Kopi itu mudah sekali rusak, sehingga apabila kopi itu terlanjur rusak, baik setelah maupun sebelum di roasting atau di sangrai, otomatis kesegarannya pun akan hilang. Hal tersebut akan mengurangi kualitas rasa dan aroma kopi alaminya saat diseduh.

Maka dari itu, kopi memerlukan tempat ideal untuk menjaga agar aroma, rasa dan kenikmatannya ketika diseduh nanti tetap istimewa. Tempat paling cocok untuk menyimpan biji kopi ini adalah tempat yang bersih, kering, tertutup rapat, sejuk dan gelap. Usahakan agar tidak memilih lemari es untuk menyimpan kopi.

Advertisement

Sebab, biji kopi akan menyerap rasa dan aroma bahan makanan lain yang ada di lemari es. kemudian jangan terlalu lama pula kita menyimpan roasted bean, karena semakin cepat roasted bean digunakan, maka akan semakin baik pula kualitas kopinya.

2. Bijaklah dalam Mencampur Jenis Kopi

Seperti yang kita ketahui bahwa biji kopi memiliki harga yang beragam tergantung dari jenis kopinya. Kopi Jenis Arabika masih menjadi primadona dengan harga yang lebih tinggi, karena tingkat pemeliharaan dan perawatannya yang lebih sulit daripada kopi jenis Robusta ataupun Liberika. Karena hal itulah, kemudian banyak orang mencampur jenis biji yang berbeda untuk menghemat biaya pengeluaran.

Namun, tidak semua orang tahu bahwa hobi mereka dalam campur mencampur jenis kopi tersebut, sebenarnya malah akan mengurangi keistimewaan tiap jenis kopi yang akan mereka nikmati. Karena kopi sendiri sejatinya memiliki asal muasal yang beragam dari tiap jenisnya. Mencampur jenis kopi bukanlah hal yang salah, karena setiap orang berhak bereksperimen dan menentukan bagaimana seni mereka dalam menikmati keistimewaan secangkir kopi.

Advertisement

Hanya saja, apabila kita terlalu asyik mencampur jenis kopi yang beragam tersebut. Mungkin kita malah menjadi tidak tahu ciri khas bahkan kenikmatan masing-masing jenis kopi yang asli itu seperti apa. Hal tersebut sebenarnya dapat menjadi cara kita untuk menghargai tiap jenis kopi yang berasal dari daerah tertentu, baik dari daerah kita sendiri di Indonesia maupun negara-negara lain di dunia.

3. 2 Sendok Makan Untuk 200 ml Air

Air adalah salah satu hal penting yang menentukan kualitas secangkir kopi. Usahakan untuk menggunakan air yang bersih dan tak berbau sebelum dimasukkan ketel untuk menyeduh kopi. Masukkan dua sendok makan kopi bubuk ke dalam cangkir untuk setiap 200 ml air mendidih. Aduk campuran air dan bubuk kopi dengan pelan sampai keluar buih di permukaan air, buih ini menandakan bahwa air berada pada titik didih yang pas sehingga bercampur sempurna dengan bubuk kopi yang akan kita sajikan. Hasilnya dijamin mantap.

4. Sruput Selagi Masih Hangat

Kopi akan lebih nikmat diminum ketika aroma khasnya masih kuat, sehingga lebih baik apabila kita sruput selagi masih hangat. Sebab, aroma kopi yang nikmat akan hilang begitu saja apabila didiamkan lebih dari 20 menit. Ketika cuaca sedang hujan ataupun malam yang cukup dingin, kopi hangat pastinya dapat menjadi teman terbaik untuk menghabiskan sisa hari sambil merenung ataupun mencari sebuah inspirasi untuk rencana kita kedepannya.

5. Pendamping Secangkir Kopi

Secangkir kopi akan terasa lebih nikmat apabila disandingkan dengan makanan ringan yang sesuai dengan jenis kopi yang kita minum. Untuk kopi Indonesia paling cocok dipadukan dengan makanan khas pedesaan, seperti singkong goreng, pisang goreng, ubi bakar, kacang tanah, dan sebagainya. Kopi Indonesia memang lebih cocok dengan makanan yang bahannya ditumbuhkan di dalam tanah, sehingga beraroma tanah sangat kuat. Karena kopi Indonesia biasanya beraroma tanah sehabis disiram hujan. Untuk kopi dari Afrika yang beraroma bunga dan buah, boleh dicoba disandingkan dengan buah-buahan atau cake dengan rasa buah. Sedangkan untuk kopi Amerika Latin, pilihlah kudapan berupa cake cokelat, karena kopi latin biasanya beraroma cokelat.

6. Lebih Nikmat Disimpan dalam Termos

Kopi lebih baik disimpan di dalam termos daripada memanaskannya berulangkali. Ketika kita mencoba untuk memanggang daging ayam di atas api terus menerus, daging ayam biasanya akan menjadi terlalu lunak dan tidak enak. Begitupula dengan kopi, apabila kita panaskan berulangkali pasti rasa, aroma, dan kenikmatannya pun akan menjadi berbeda.

7. Dibuat Oleh Orang Tercinta

Tidak dapat dipungkiri bahwa secangkir kopi akan lebih istimewa apabila dibuat dari tangan-tangan orang yang sangat kita cintai. Kopi buatan keluarga kita salah satunya, kopi istimewa yang pastinya tidak akan pernah kita peroleh di tempat lain, secangkir kopi yang memberikan pesan agar kita tak pernah lupa di mana tempat terindah untuk kembali pulang.

Kopi apapun itu, entah kopi instan, kopi giling, kopi campuran, bahkan kopi warung tetangga pun. Apabila dibuat dengan rasa ikhlas dan tulus untuk orang terkasih dalam hidup kita. tidak tahu kenapa, secangkir kopi itu akan berubah menjadi kopi teristimewa yang rasanya akan selalu membekas dalam ruang ternyaman, tersimpan di antara memori-memori berharga yang akan selalu kalian kenang.

Itulah beberapa hal yang mungkin harus diketahui para pecinta kopi di luar sana, beberapa tips ini pun diperoleh dari referensi penulis Veronica dalam karyanya "Katakan Cinta Dengan Kopi". Setidaknya tips-tips di atas dapat berguna, entah untuk kalian jadikan referensi atau bahkan dapat langsung kalian praktekan sendiri, untuk menambah kenikmatan secangkir kopi menjadi lebih istimewa. Tunggu apalagi, silahkan buktikan sendiri dan rasakan perbedaannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya