Memiliki peliharaan memang dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk memeriahkan suasana di rumah. Kucing seringkali jadi pilihan karena hewan yang satu ini memang sangat populer untuk dijadikan teman manusia. Kucing mempunyai banyak karakter yang sangat disenangi, seperti penyayang dan juga sangat senang bermain. Kucing dipercaya dapat menjadi teman manusia yang setia, terlebih lagi jika kucing mendapatkan kasih sayang yang sangat besar.

Kucing sendiri terdiri dari berbagai macam jenis yang mempunyai karakter berbeda-beda dan juga cara perawatan yang berbeda pula. Ada beberapa jenis kucing tanpa bulu yang dapat dijadikan teman di rumah dan sangat menggemaskan. Kucing tanpa bulu ini sendiri cukup populer di kalangan para pecinta kucing karena memang memiliki keunikan dari fisiknya yang tidak mempunyai bulu diseluruh tubuhnya. Di bawah ini akan dijelaskan berbagai jenis kucing yang tidak mempunyai bulu dan juga bagaimana cara merawatnya.

1. Spynx Cat

Spynx Cat

Spynx Cat via https://okdogi.com

Jenis kucing tanpa bulu yang terkenal pertama adalah Spynx Cat. Kucing ini sama sekali tidak mempunyai bulu dan mempunyai karakter yang sangat unik. Walaupun memiliki nama Spynx Cat yang sama dengan salah satu patung paling terkenal dari Mesir, akan tetapi kucing yang merupakan hasil dari rekayasa genetik ini sebenarnya berasal dari Kanada.

Advertisement

Jika diperhatikan, Spynx Cat ini sebenarnya tidak seluruhnya tanpa bulu. Ada beberapa bagian yang ditumbuhi dengan bulu halus yang dapat ditemukan dibagian kaki, telinga, ekor dan dekat dengan organ kelamin. Kucing Spynx ini cukup terkenal karena mempunyai wajah yang terkesan sangat judes akan tetapi dapat bertingkah sangat lucu.

2. Bambino

Kucing tanpa bulu yang selanjutnya adalah Bambino. Bambino ini sendiri merupakan salah satu jenis persilangan antara kucing Spynx dengan kucing Muchkin. Kucing ini sendiri dapat dibilang sangat unik. Selain dari tubuhnya yang tanpa bulu, kucing Bambino ini mewarisi salah satu karakter tubuh dari kucing Muchkins yang mempunyai kaki sangat pendek untuk ukuran tubuhnya. Bambino Cat ini dapat dibilang merupakan jenis yang sangat lucu dari fisiknya terlebih lagi jika melihat bentuk tubuhnya yang menggemaskan, sehingga tidak heran para pecinta kucing ingin sekali memiliki kucing tanpa bulu Bambino ini.

3. Don Sphynx Cat

Don Sphynx Cat

Don Sphynx Cat via https://www.catster.com

Jenis kucing tanpa bulu yang selanjutnya adalah Don Spynx Cat atau biasa dipanggil dengan Donskoy. Kucing ini sendiri memang memiliki nama yang mirip dengan Spynx cat dan mempunyai ciri fisik mirip, namun Don Spynx ini sama sekali tidak memiliki hubungan dekat dengan Spynx cat. Don Spynx Cat berasal dari negara Rusia dan tubuh tanpa bulunya ini merupakan sebuah mutasi genetik alami. Tentu saja berbeda dengan Spynx Cat yang berasal dari Kanada dan merupakan hasil dari rekayasa genetik. Kucing Donskoy ini sendiri mempunyai ciri ukuran tubuh sedang, berotot, telinga yang lebar dan juga wajahnya yang berbentuk segitiga.

4. Dwelf Cat

Dwelf Cat

Dwelf Cat via https://pinterest.com

Advertisement

Kucing Dwelf dapat dikatakan sebagai salah satu kucing tanpat bulu yang unik selanjutnya. Kucing ini sering disebut sebagai salah satu penerus dari Bambino yang memang mempunyai ciri fisik yang sangat mirip dengan Bambino. Perbedaannya sendiri adalah kucing ini hasil dari persilangan 3 jenis kucing, yaitu Spynx, Munchkin dan American Curl. Ciri fisik dari kucing ini adalah mempunyai tubuh tanpa bulu dengan kaki pendek dan telinga yang keriting. Dwelf Cat ini sangat menggemaskan terlebih dengan adanya 3 jenis kucing dalam darahnya membuat kucing ini cukup unik.

5. Elf Cat

Nah, beda lagi dengan jenis Elf Cat ini. Elf Cat sendiri juga merupakan salah satu jenis hasil persilangan antara Spynx Cat dengan American Curl yang tentu saja membuat tubuh kucing ini terlihat lucu dan menggemaskan. Elf Cat sendiri mempunyai ciri khas tubuh yang tanpa bulu dan memiliki telinga keriting seperti American Curl.

6. Peterbald Cat

Peterbald Cat

Peterbald Cat via https://okdogi.com

Jenis kucing tanpa bulu yang selanjutnya adalah Peterbald Cat yang ditemukan pertama kali di Rusia pada tahun 1994. Kucing ini merupakan hasil persilangan antara Spynx Cat dengan Oriental Shorthair betina, di mana hasil persilangan tersebut disilangkan lagi dengan Kucing Siamse. Hasil akhir dari persilangan tersebutlah yang dinamakan dengan Peterbald Cat. Kucing ini mempunyai ciri khas tubuh yang sangat unik, yaitu wajah yang mirip dengan anjing, memilik mata besar, ekor yang panjang seperti kucing Siamese, kaki yang berselaput, dan kuku berbentuk oval.

7. Ukrainian Levkoy

Ukrainian Levkoy

Ukrainian Levkoy via https://okdogi.com

Kucing Ukrainian Levkoy merupakan jenis kucing tanpa bulu yang merupakan hasil persilangan dari Don Spynx Cat dengan Scotish Fold. Elena Biriukova adalah seorang wanita yang memiliki ide untuk menyilangkan kedua ras kucing tersebut dan menghasilkan jenis ras kucing baru ini. Kucing ini diberi nama Ukraina Levkoy karena mempunyai bentuk telinga yang sangat mirip dengan daun Levkoy.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya