Nggak Selalu Buruk, 7 Rasa Malas Ini Justru Baik buat Kesehatan Mentalmu. Masa Sih?

rasa malas baik kesehatan mental

Kata malas memang seperti penyakit yang menghambat segala aktivitas. Bahkan yang lebih menakutkan mampu menghambat kesuksesan. Iihh, serem sekali kata yang satu ini! Namun akan berbeda jika kata malas diikuti oleh kalimat yang lain. Penasaran bukan apa saja rasa malas yang baik dilakukan?

Advertisement

1. Malas membicarakan orang lain

berhenti ngomongin orang

berhenti ngomongin orang via https://m.caping.co.id

Membicarakan orang lain tidaklah penting, apalagi ngomonginnya yang gak baik-baik. Mulai sekarang berhentilah membuang tenaga dan waktumu hanya untuk membicarakan orang lain. Mulai saat ini berkacalah pada diri sendiri dan tingkatkanlah prestasi.

2. Malas untuk mendramatisir kehidupan

Nggak ada waktu drama

Nggak ada waktu drama via https://pexels.com

Hidup itu tidak akan jauh dari masalah. Ketika masalah satu selesai akan muncul masalah yang baru. Jadi, hiduplah seadanya tanpa harus mendramatisir kehidupan karena hidup kita sudah penuh warna tanpa harus melebih-lebihkan suasana.

Advertisement

3. Malas meladeni tanggapan buruk orang lain

malas meladeni tanggapan orang lain

malas meladeni tanggapan orang lain via https://www.pexels.com

Kita adalah makhluk sosial, artinya kita hidup berdampingan satu sama lain. Apapun yang kita lakukan sudah pasti mendapat tanggapan walaupun itu tentang kebaikan. Terkadang sesuatu yang menurut kita baik belum tentu baik pula di mata orang lain. Stop meladeni tanggapan yang gak penting dari orang lain, selagi apa yang kamu lakukan itu baik, pertahankan!

4. Malas untuk membalas kejahatan orang lain

Buat apa sih dibalas?

Buat apa sih dibalas? via https://pexels.com

Dalam hidup pasti ada orang yang gak suka sama kita. Udah dibaikin eh malah gak tahu diri. Banyak kok makhluk yang kaya gitu, hehe. Lebih baik kita bersihkan hati dari sifat pendendam karena itu akan membuat hidup kita jauh lebih tenang. Hiruplah udah segar ini tanpa membawa beban kebencian.

5. Malas membandingkan hidup dengan orang lain

cara hidup bahagia

cara hidup bahagia via https://pexels.com

Hidup setiap orang sudah digariskan sendiri-sendiri oleh Sang Pencipta. Kita hanya perlu berusaha dan berdoa. Mulai sekarang tingkatkan rasa syukur dan berhenti membandingkan hidupmu dengan orang lain karena hidupku, hidup kamu, hidup mereka sudah tentu beda.

Advertisement

6. Malas berlomba soal gaya hidup

berlomba gaya hidup

berlomba gaya hidup via https://pexels.com

Zaman sekarang susah bedain mana orang yang kaya beneran sama orang yang pura-pura kaya. Banyak yang bilang gaya itu tuntutan zaman. Heyy…salah besar, gaya hidup itu disesuaikan dengan kemampuan bukan keinginan.

Rumus fisika mengatakan tekanan itu berbanding lurus dengan gaya. Artinya semakin besar gaya hidupmu semakin besar tekanan dalam hidupmu.

Jangan berlomba soal gaya hidup tapi belombalah perbaiki kualitas hidup.

7. Malas hidup boros

menabung

menabung via https://woop.id

Pernah dengar pepatah “Rajin pangkal kaya” gak?? Kalo gak pernah dengar berarti kamu waktu SD gak pernah beli sampul buku yang warna coklat itu, hehe. Makna tersirat yang terkandung dalam pepatah itu adalah jika hidupmu boros maka kamu tidak akan kaya. Berhentilah hidup boros, mulailah menabung sebagai investasi masa depan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Nama saya Siti Nisrofah, bisa dipanggil Efa. Saat ini saya sedang menjalani studi di IAIN Pekalongan jurusan Pendidikan Agama Islam. Hobi saya membaca dan menulis.

Editor

une femme libre

CLOSE