7 Tanaman Rambat yang Bisa Dirawat di Rumah

pilihan tanaman rambat di rumah

Hobi berkebun dan ngerawat tanaman sebelumnya identik sama orang tua, enggak, sih. Cuma akhir-akhir ini jadi banyak anak muda yang hobi ngerawat tanaman. Terutama selama pandemi ini. Di rumah aja, enggak ada kerjaan, eh ngerawat tanaman kayaknya seru juga. 

Ngerawat tanaman emang seru dan ternyata banyak manfaatnya, loh. Mulai dari mengurangi stress, meningkatkan konsentrasi, kreativitas, sampai produktivitas! Kepuasan hati ngelihat tanaman yang kalian rawat tumbuh subur dan sehat itu emang enggak ada duanya, deh.

Belum lagi manfaatnya buat lingkungan. Tanaman bisa bikin udara di rumah lebih seger, asri, dan teduh. Apalagi, beberapa tanaman mampu bikin udara lebih bersih dari polusi-polusi yang banyak kalau kamu tinggal di kota besar.

Buat kamu yang udah lama ngejalanin hobi ini pasti udah tahu beragam jenis tanaman yang bisa dan gampang dirawat di rumah. Nah, cuma buat yang baru mau mulai mesti riset-riset dulu, nih, tentang tanaman apa yang cocok buat pemula.

Terus cara ngerawatnya, mesti disiram berapa kali sehari, cocoknya tumbuh di keadaan kayak gimana, dan masih banyak lagi. 

Untuk itu, Dekoruma punya rekomendasi tujuh tanaman rambat yang relatif mudah buat dirawat di rumah. Jadi, buat kalian yang pemula bisa mulai dari daftar ini tanpa perlu takut atau terintimidasi duluan, ya. 

Advertisement

1. Yang lagi dan masih jadi primadona. Tanaman sirih gading yang banyak peminatnya buat dirawat di rumah, terutama di dalam ruangan

Sumber: Gardening Know How

Sumber: Gardening Know How via https://www.gardeningknowhow.com

Tanaman hias yang lagi dan masih populer dari dulu. Daunnya lebat, ukurannya sedang, berwarna hijau tua dengan beberapa gradasi hijau muda. Sirih gading yang subur bisa merambat jauh ke bawah dan kasih efek “jatuh” yang menarik banget buat digantung. 

Sirih gading juga salah satu tanaman hias yang gampang dirawat. Makanya, banyak yang bilang kalau tanaman ini cocok buat kamu yang baru mulai hobi tanaman hias. Tinggal rutin siramin sirih gading setiap hari sekali dan taruh di tempat yang cukup terang. 

Advertisement

Asal dirawat dengan telaten, daunnya bakal tumbuh subur dan hijau yang bikin dekorasi rumah yang asri. Cocok buat ditaruh di meja

2. Tanaman buat udara di dalam rumah lebih seger dan sehat. Heartleaf philodendron yang gampang banget perawatannya

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Seperti namanya, heartleaf philodendron adalah tanaman merambat yang punya daun yang bentuknya seperti hati. Philodendron sendiri adalah tanaman populer yang setidaknya punya sebelas jenis di Indonesia. 

Advertisement

Tumbuh merambat, tanaman ini punya daun-daun yang terkesan “jatuh” ke bawah secara vertikal. Jadi, heartleaf philodendron cocok buat ditaruh di dalam pot dan di tempat yang agak tinggi. Supaya efek juntaian daunnya lebih kentara.

Bukan cuma kece, tanaman philodendron juga mampu menyerap racun-racun yang ada di udara, loh. Semakin cocok buat ditaruh di dalam rumah, kan. 

3. Tanaman rambat berdaun kecil, lebat, dan banyak dicari. Maidenhair fern atau suplir yang cocok jadi dekorasi rumah

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Mirip kayak sirih gading, tanaman maidenhair fern juga jadi salah satu tanaman hias populer yang dirawat banyak orang. Ini jadi salah satu tanaman yang cocok buat mulai hobi tanamannya pertama kali, sebab perawatannya cukup gampang dan enggak repot. 

Taruh di pot plastik yang berlubang, siram dengan rutin tapi jangan terlalu sering, dan sesekali kena sinar matahari. Maidenhair fern juga dikenal sebagai suplir yang daunnya tumbuh subur dan kecil, bikin jadi unik dan gemesin banget. 

Bukan cuma bisa ditumbuhin di pot, suplir juga sering ditemuin tumbuh bebas di area rumah. Bisa jadi dekorasi yang menarik juga dengan suplir yang merambat di tembok dekat rak TV sebagai contoh. Bikin suasana teduh dan asri. 

4. Tanaman dolar atau dikenal juga dengan nama climbing fig yang bukan pohon duit. Ssstt… ada mitos tentang tanaman ini, loh.

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Namanya boleh tanaman dolar cuma tanaman ini asalnya dari Afrika. Banyak tumbuh di negara-negara kayak Kenya, tanzania, dan Zanzibar. Karakteristik utamanya tentunya daun-daun hijau tuanya yang kecil, simetris, dan lebat. 

Tanaman dolar atau yang dikenal juga sebagai climbing fig suka tumbuh merambat di dinding kosong. Sering dijadiin hiasan buat dinding eksterior rumah.

Walaupun gitu, tanaman ini juga bisa, kok, ditanam di dalam pot. Terus, ditaruh di dalam ruangan buat jadi hiasan yang keren. Misalnya, di atas side table sebelah tempat tidur. Menariknya, ada mitos kalau tanaman ini bisa bikin kanker. Serem juga. Tapi, jangan khawatir karena cuma mitos, kok.

5. Kelopak bunganya warna biru dan ungu. Indah banget! Tanaman morning glory yang emang glorious banget

Sumber: Gardening Know How

Sumber: Gardening Know How via https://www.gardeningknowhow.com

Bunga cantik yang tumbuh merambat. Biasanya morning glory tumbuh di sepanjang pagar atau tembok. Gunanya, buat mempercantik ruang kosong atau polos sebagai aksen. Warna biru atau ungunya menarik perhatian banget dan bikin betah buat dilihat dan dikagumin lama-lama.

Warna morning glory juga lebih soft dan beda dari tipe bunga rumahan yang banyak ditemuin di rumah-rumah kayak kamboja atau anggrek. Kamu tahu enggak kalau bunga ini dikasih nama morning glory karena mekarnya selalu di pagi hari. Menarik banget, kan.

6. Nama kerennya piper betle, sebenernya daun sirih. Bukan cuma punya segudang manfaat, tanaman sirih juga bisa memperindah rumah

Sumber: Wikipedia

Sumber: Wikipedia via https://en.wikipedia.org

Iya, tanaman piper betle itu beneran daun sirih dalam keluarga tanaman sirih yang paling gampang dicari di Indonesia. Waktu nyari daun sirih, ya piper betle ini tanamannya. Bukan cuma bisa jadi dekorasi, sirih juga punya banyak manfaat buat kesehatan sama bahan makanan, loh.

Nah, sebagai dekorasi sirih juga menarik. Daunnya agak lebar berbentuk hati yang punya guratan-guratan yang tebel khas daun sirih. Masih cocok buat ditaruh di dalam pot dan jadi tanaman hias di dalam ruangan. Tapi, sirih juga bisa tumbuh bebas di halaman rumah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE