7 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Game Online, Jangan Sampai Berlebihan!

Apapun yang berlebihan memang tidak baik, termasuk bermain game.

Kecanduan game online menjadi salah satu hal yang perlu kita soroti saat ini. Banyak anak-anak hingga orang dewasa lebih sibuk dengan gim daripada urusan mereka yang lebih penting, dan akhirnya banyak waktu terbuang sia-sia yang padahal jika fokuskan pada hal yang lebih penting akan lebih bermanfaat. Memang saat ini marak youtuber gaming dimana mereka juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Namun,  mereka yang menjadi youtuber gaming memang mendedikasikan waktu dan upaya untuk bekerja.  Namun bila hanya main-main saja dan sampai kecanduan game online tentu berdampak negatif. 

Nah, beberapa tanda ini akan memperlihatkan bahwa kamu sudah kecanduan game entah itu online atau offline yang bisa kamu simak pada beberapa poin berikut ini!

Advertisement

1. Lupa Waktu

Photo by cookie_studio on Freepik

Photo by cookie_studio on Freepik via https://www.freepik.com

Bukan hal yang aneh ketika kamu sibuk bermain game setiap jam jadi lupa waktu. Game menjadi sebuah zat adiktif yang membuat orang ketagihan dan melupakan beberapa hal penting dalam hidupnya. Ujung-ujungnya ketika kamu menengok ke belakang paling kamu bakalan nyesel dan berkata “Oh ya kemarin aku ngapain aja”, akhirnya tepok jidat dong. Bermain game boleh-boleh saja tapi tetap harus pada porsi yang benar, ya maksimal 2 jam setiap hari di waktu laung itu sudah lebih dari cukup.

2. Produktivitas Menurun

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Ketika kamu sudah lupa waktu dan melupakan pekerjaan yang menjadi rutinitas sehari-hari secara otomatis produktivitas akan menurun secara drastis jika priortitas kamu hanyalah game. Sadar atau tak sadar bahwa game bisa mengganggu secara fungsional arti dari tubuh manusia. Tangan yang harusnya dapat digunakan untuk pekerjaan, hanya kamu gunakan untuk membalik hp saja setiap hari. Jika hal tersebut terjadi segeralah sadar bahwa itu tidak bagus. Harus segara dihentikan, atau kamu akan terus seperti itu.

Advertisement

3. Etika dalam Berteman Berkurang

Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels via https://www.pexels.com

Sekarang ini banyak terjadi toxic friendship dan relationship, dimana ketika nongkrong hanya sibuk dengan gadget masing-masing. Memang bukan hal yang aneh di jaman yang super canggih sekarang ini. Tapi ketika dalam sebuah forum kecil sudah di buka, setidaknya gadget dan kesibukan masing-masing itu disisihkan terlebih dahulu. Ya, apa gunanya ngajak nongkrong kalau sibuk dengan hpnya sendiri-sendiri, kan lebih baik tidur aja di rumah.

4. Gangguan Mental

Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels via https://www.pexels.com

Perlu kamu ketahui bahwa terlalu banyak bermain game sudah dikategorikan ke dalam gangguan mental lho! Misalnya memiliki keinginan untuk bermain game setiap waktu dan tidak bisa jauh dengan gadget. Perasaan ini akan timbul ketika seseorang sudah dalam kondisi akut, bahkan ketika ponsel dicharge saja masih sangat sibuk dengan game tersebut.

5. Kurang Tidur

Foto oleh Acharapon Kamornboonyarush dari Pexels

Foto oleh Acharapon Kamornboonyarush dari Pexels via https://www.pexels.com

Tidak heran jika sekarang ini banyak sekali orang membuka Kafe dengan fasilitas Wifi. Di beberapa tempat bahkan mereka buka selama 24 jam yang membuat remaja menghabiskan waktu malam hingga pagi hanya untuk wifian dan bermain game online. Kurang tidur akan membuat tubuh menjadi tidak sehat, selalu bangun siang, malas, dan masih banyak efek samping dari melek setiap malam. Hal seperti ini harus segera dihentikan.

6. Mudah Marah

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Emosi kekalahan ketika bermain game biasanya masih terbawa ke hal yang lainnya, ini akan berakibat pada kamu yang suka marah kepada siapa saja yang ada di sekitarmu. Bahkan ketika kalah bermain game, sudah pasti banyak yang mengumpat dan berkata kasar. Inilah efek buruk dari game online yang marak sekarang ini. Meski tidak semua orang akan berapada di poin ini dan masih banyak orang yang bisa mengontrol emosinya, namun bermain game tetap harus pada pola yang wajar, tidak perlu berlebihan.

7. Uang Cepat Habis

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels via https://www.pexels.com

Kok uang cepat habis? Iya, karena beberapa orang suka fanatik pada game sehingga mereka akan melakukan apapun untuk bisa membeli Skin, Item, dan Hero terbaru. Pada beberapa game diperlukan untuk mengisi ulang atau top up supaya kita dapat membeli item-item dalam game. Jika sudah keccanduan tentu hal ini bukanlah hal yang baik. Padahal uang yang kamu gunakan bisa kamu dialokasikan ke sesuatu hal yang lebih baik. Melakukan top up boleh-boleh saja namun jangan berlebihan ya!

Demikianlah tanda-tanda yang terjadi jika kamu sudah kecanduan bermain game online. Memang bermain game bukan hal yang tidak boleh dilakukan, namun durasi dalam bermain perlu kita atur agar kita tetap bisa menjadi pribadi yang produktif.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hallo aku Ayu salam kenal untuk semua yang baca artikel dari aku ya...

CLOSE