Buat kamu yang suka traveling, mesti coba nih main - main ke kota ini. Majalengka, salah satu kota di Jawa Barat ini menyimpan banyak destinasi wisata yang layak untuk kunjungi. Selain biaya retribusi di sini masih terbilang murah, jarak antar tempat wisata sangat berdeket loh. Cocok buat kamu yang sibuk bekerja dan punya waktu cuti sedikit tapi mau jalan - jalan ke banyak tempat. Oneday trip? Bisa!! Ayo segera berkemas dan kunjungi Majalengka!

1. Curug Baligo

Perjalanan pertama kita mulai dari yang paling dekat. Curug Baligo. Letaknya di Kec. Sidawangi dukupuntang, kita masuk dari gapura pasar ikan sidawangi ya sampai ketemu pertigaan balai desa setempat, kita belok kiri. Waktu penulis kesana destinasi wisata ini masih terbilang sepi (maklum tahun 2015 belum rame instagramable). Curug ini masih sangat alami, belum ada sama sekali fasilitas yang tersedia. Tempat parkir juga numpang ke rumah warga yang halamannya luas. Cukup bayar Rp. 5.000 / motor. Tiket masuk? Gratis! Seneng bgt kan? Tapi ga rugi deh dateng ke sini, malah untung banget. Selama berjalan kaki menuju curug pemandangan sawah nan hijau menghiasi mata. Seger bgt!

2. Telaga Herang

Destinasi wisata berikutnya Telaga Herang. Ga jauh kok sama Curug Baligo, kalau ke curug baligo kita belok kiri dari balai desa, kali ini kita belok kanan. Jalannya berkelok dan menanjak, buat kamu yang bawa mobil harus pelan – pelan karena jalannya hanya muat untuk satu kendaraan roda empat, jadi kalau berpapasan dengan mobil lain harus berhenti sejenak. Nanti ada pertigaan menuju telaga tersebut, belok kanan ya. (Kalau lurus beda lagi, nanti maah sampai ke curug leleus, kita bahas setelah ini). Tiket masuknya Rp. 10.000 / orang dan parkir motor Rp. 2.000. Disini kita bisa nyewa ban untuk berenang sampai ke tengah talaga.

3. Telaga Tosca

Telaga Tosca

Telaga Tosca via https://sportourism.id

Advertisement

Disebut begitu karena air di telaga ini berwarna biru terang cenderung hijau, tepatnya tosca. Dari telaga herang cukup mengikuti arah jalan keluar (penulis menemukan ini karena nyasar nyari jalan ke curug cipeuteuy, ga tau kok bisa sampai sini). dan sampailah di telaga ini. Biaya masuknya Rp. 5.000 per orang dan biaya parkir Rp. 2.000 / motor. Meski telaga ini kecil tapi suasana tenang di sini akan membuat kamu merasa betah. Rehat sejenak dari hiruk pikuk kebisingan kota. Belum lagi warna airnya cukup indah untuk di pandang. Jadi ga mau pulang deh!

4. Curug Leles

Curug Leles

Curug Leles via http://besoksenin.co

Nah, kalau tadi belok kanan itu telaga herang, kalau jalan lurus itu bisa membawa kita ke curug leles. Nanti ada papan penunjuk jalan di sebelah kiri bertuliskan "curug leles". Tiket masuk Rp. 5.000 / orang dan biaya parkir Rp. 2.000 / motor. Sebenarnya curug leles adalah bumi perkemahan (buper), buat kamu yang punya waktu lebih longgar bisa menginap semalem di sini. Tapi sepertinya kamu harus membawa tenda dan perlengkapan lainnya jika ingin menginap karena saat penulis ke sana belum ada gerai yang menyediakan jasa penyewaan dan sekedar info jangan bermalam ketika sedang musim hujan karena pengelola tidak memperbolehkan wisatawan menginap pada musim tersebut karena dikhawatirkan adanya banjir bandang.

5. Situ Cikuda

Lanjut, sekarang kita menuju situ sikuda. Jika tadi ada papan penunjuk arak belok kiri ke curug leles, lalu jika kita mengikuti penunjuk jalan ke arah lurus / jalan terus, maka kita akan sampai di situ sikuda. Situ sikuda berupa danau di tengah hutan. Sayang, waktu itu penulis belum sempat ke sana karena jalan terlalu menanjak dan berkelok, jadi jika kamu mau melanjutkan perjalanan ke sana pastikan fisik dan kendaraanmu dalam kondisi prima. Menurut beberapa info yang didapat, situ sikuda cukup indah untuk di kunjungi. Disini kamu juga bisa menggelar tenda. Bermalam di tepi danau tentu menyenangkan ya.

6. Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy via https://travelingyuk.com

Advertisement

Fasilitas di destinasi wisata ini terbilang lengkap.Ada musola dan tempat wudhu yang tertata rapi. Tempat parkir yang tersedia cukup memadai, tapi jika kamu naik mobil maka kamu hari berjalan sedikit ke loket karcis berbeda dengan tempat parkir motor yang berada di depan loket karcis. Jalan kaki menuju curug sudah bagus. Jika kamu kelaparan di sini, tenang saja banyak warung yang menyediakan makanan dan snack dengan harga yang masih cukup murah untuk tempat wisata seindah ini. Tiket masuk disini Rp. 10.000 / orang dan parkir motor Rp. 2.000 / motor. Curug Cipeuteuy adalah destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Majalengka

7. Curug Tonjong

Sekarang kita beralih ke Kec. Rajagaluh. Tepatnya setelah jembatan, sebelum pasar Rajagaluh ada jalan bernama Jalan KH Aqsho ikuti jalan tersebut sampai ada papan penunjuk jalan ke arah curug tonjong di sebelah kiri. Tidak jauh masuk dari jalan itu kita akan sampai di objek wisata tersebut. Tiket masuknya Rp. 10.000 / orang dan parkir motor Rp. 2.000 / motor. Di sini kamu bisa bermain air tapi harus hati -hati karena aliran air cukup deras.

Mungkin ga semua tempat wisata bisa kamu kunjungi dalam satu hari. Bukan karena jarak atau biaya, tapi karena kamu enggan meninggalkan satu tempat menuju tempat lainnya. Abis nyaman banget sih. Ga percaya? Buruan coba!

Advertisement