Ini Dia 7 Tips Mengatasi Stres untuk Kamu Para Fresh Graduate yang Masih Kesulitan Mencari Pekerjaan!

Tips mengatasi stres untuk fresh graduate

Siapa di antara kalian yang baru saja lulus dari perguruan tinggi? Apa sih ekspektasi kalian setelah menyelesaikan kuliah? Lega? Istirahat dulu setelah bertahun-tahun menghadapi stres di perguruan tinggi?

Tidak semudah itu kawan! Ketika kita sudah menjadi lulusan baru atau fresh graduate, kita pasti akan dituntut untuk segera memiliki pekerjaan. Kenyataannya, mencari pekerjaan itu tidak semudah yang dibayangkan. Di zaman sekarang, kita harus memiliki skill atau kemampuan yang memadai, sehingga perusahaan bisa melirik kita agar bisa diterima di perusahaan tersebut. Belum lagi, saingan yang ketat banget!

Pada akhirnya, kita tidak akan luput dari stres ketika kesulitan mencari pekerjaan. Apalagi ketika kita banyak melamar pekerjaan ke sana sini, namun tidak kunjung ada panggilan interview. Jadinya, malah terlalu lama menganggur!

Kesulitan mencari pekerjaan ini ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental para fresh graduate yang sedang berjuang mencari pekerjaan. Namun, ada cara untuk mengatasinya nih teman-teman! Ini dia 7 tips mengatasi stres, untuk kamu para fresh graduate yang sedang kesulitan mencari pekerjaan.

Advertisement

1. Mengatur keuangan selagi menganggur

Photo by Pixabay on Pexels

Photo by Pixabay on Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu faktor stres ketika kamu menganggur adalah, kehabisan uang. Ketika kamu terus-terusan ada pengeluaran namun tidak memiliki pemasukan uang, pada akhirnya uangmu akan habis. Kamu harus pandai mengatur keuangan selagi masih dalam proses pencarian kerja.

2. Mengurangi media sosial

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels via https://www.pexels.com

Social media juga bisa memicu stres ketika kamu merasa sering membandingkan diri kamu dengan teman-teman di social media. Kamu akan semakin stress ketika melihat teman-teman di social media-mu memamerkan diri sedang pergi liburan, sedangkan kamu masih menganggur. Jadi, sebaiknya kamu menjauhkan diri sejenak dari kehidupan di social media agar lebih tenang dan fokus ketika mencari kerja.

Advertisement

3. Positive thinking dan jangan mudah menyerah

Photo by Ivan Samkov from Pexels

Photo by Ivan Samkov from Pexels via https://www.pexels.com

Sekali ditolak, langsung nyerah? Langsung berpikir kalau ah sudahlah pasti aku bakal ditolak lagi! Ayo teman-teman, jangan langsung menyerah dan terus berpikir positif. Kegagalan itu bukanlah akhir dari segalanya, namun bisa jadi kegagalan itu adalah pintu utama dari kesuksesan kamu itu. Jadi, apa salahnya coba lagi, ya kan?

4. Mencari kegiatan lain

Photo by Ola Dapo from Pexels

Photo by Ola Dapo from Pexels via https://www.pexels.com

Selagi menunggu panggilan interview, kamu bisa cari kegiatan lain agar waktumu tidak terbuang, atau tidak terlalu lama berdiam diri. Hal ini juga bisa memicu stres, karena lama-lama kamu akan bosan dan cenderung untuk menyerah. Kamu bisa lakukan kegiatan-kegiatan kecil lainnya, misal berolahraga untuk mencegah stres, menulis, melakukan hal yang menjadi hobi kamu.

5. Luangkan waktu untuk istirahat

Advertisement
Photo by RF._.studio from Pexels

Photo by RF._.studio from Pexels via https://www.pexels.com

Nah, selain mencoba cari kegiatan lain, jangan lupa kalau kamu butuh istirahat juga. Kamu pasti lelah mencoba melamar kesana kesini, berhadapan dengan gadget, dan lelah menunggu juga. Tidak ada salahnya jika kamu istirahat sejenak. Kesehatan fisik maupun mental itu sama-sama penting untuk dijaga.

Selain 5 tips di atas, jangan lupa ya teman-teman minta dukungan dan restu dari orang terdekat seperti orangtua kalian. Minta doa restu dari mereka agar kalian bisa dipermudah mencari pekerjaan. Dan juga, jangan lupa selalu mengevaluasi diri barangkali ternyata kesalahannya ada di kamu. Selalu mengupdate CV dan resume juga melengkapi portofolio kamu.

Nah, itu dia 7 tips mengatasi stres untuk kamu para fresh graduate yang sedang kesulitan mencari pekerjaan. Pada intinya, kamu jangan menyerah menghadapi semua ini. Gagal dan ditolak itu adalah hal yang wajar. Semua itu adalah awal dari kesuksesan kamu. Semoga sukses, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Decided to live the rest of my life writing my own stories.

CLOSE