Kerap kita merasa tidak punya waktu untuk membaca buku. Padahal, semua orang punya jatah waktu 24 jam yang sama dalam sehari. Kenapa ada yang sempat membaca buku dan ada yang tidak? Coba deh cek tips berikut ini, kamu akan sadar bahwa sebenarnya kita semua sangat bisa untuk membaca setiap harinya.

1. Temukan buku yang sesuai dengan minat kamu

Membaca takkan membebani kalau kamu menemukan buku yang kamu sukai. Pilihlah topik yang sesuai interest kamu, atau yang membahas tentang negara impianmu, atau tentang tokoh-tokoh yang kamu kagumi. Ada begitu banyak genre buku dan penulis Indonesia maupun luar negeri. Kalau kamu merasa kurang cocok dengan satu buku, kamu tak harus memaksakan diri. Carilah buku-buku lain dari penulis dan genre lain. Seiring waktu, niscaya kamu semakin mengenal bacaan seperti apa yang se-frekuensi denganmu.

2. Buat target dan daftar buku yang ingin kamu baca

Catat sebanyak-banyaknya judul buku yang ingin kamu baca. Kalau perlu, jadikan target, semisal 1 buku per-bulan. Ketika rasa malas datang, daftar ini akan mengingatkan banyaknya target buku yang masih harus kamu capai. Ketika kamu merasa bosan dengan satu buku, kamu juga selalu bisa berpindah ke buku yang lain karena sudah menyimpan cadangan judul. Tempatkan daftar buku ini di area yag mudah terlihat, entah di dinding kamar atau berupa notes di ponsel.

3. Letakkan buku-bukumu di sekitar tempat tidur

Advertisement

Seringkali yang kita lakukan saat bangun pagi atau sebelum tidur adalah langsung memegang ponsel. Padahal, bangun pagi adalah momen yang paling optimal untuk membaca karena konsentrasi kita masih utuh. Begitu pun saat sebelum tidur, membaca bermanfaat untuk membuat tubuh kita jadi lebih rileks sehingga tidur lebih nyenyak. Jadi, letakkan buku-bukumu di area yang mudah dijangkau dari tempat tidur supaya terbiasa memilih buku daripada ponsel.

4. Kurangi bermedia sosial tanpa kenal waktu

Media sosial tak bisa kita katakan sebagai pelahap waktu anak muda terbanyak saat ini. Kita yang tadinya berencana mengecek profil atau update status sejenak tanpa sadar malah keterusan scrolling linimasa berjam-jam. Ketika ingin membaca, matikan ponsel selama beberapa waktu agar tidak terdistraksi oleh notifikasi.

5. Bawa buku ke mana pun kamu pergi

Selalu sediakan buku di dalam tas kamu. Jangan keluar rumah tanpa membawa sesuatu untuk dibaca. Sepadat-padatnya jadwal, kamu tidak pernah tahu kalau-kalau ada waktu luang yang memungkinkanmu untuk membaca, semisal saat menunggu kedatangan teman atau saat mengantri di kasir kedai kopi. Daripada browsing internet tanpa henti, gunakan waktu kamu secara produktif dengan membaca.

6. Maksimalkan perjalanan kamu dengan membaca

Advertisement

Saat berangkat ke mana saja, nikmati bukumu di sepanjang perjalanan. Kalau kamu mengemudi, kamu bisa menggantikan buku fisik dengan mendengarkan audiobook. Kalau kamu naik kereta, kamu bahkan bisa mulai membaca sejak dari stasiun ketika menunggu kedatangan kereta.

7. Mulai dari langkah kecil

Kamu tidak harus menyelesaikan keseluruhan buku sekaligus, yang penting kamu mau memulai. Entah hanya tiga halaman selama sepuluh menit, asalkan kamu rutin melakukannya tiap hari, kamu akan surpised dengan banyaknya hal baru yang kamu ketahui. Apalagi kalau sepanjang membaca. kamu menemukan bahwa ternyata buku itu menarik. Dijamin kamu akan betah membaca hingga lembar-lembar berikutnya.

8. Bergaul dengan teman yang suka membaca

Bersama seseorang yang suka membaca, kamu bisa saling bertukar bacaan, berdiskusi, atau berbagi info mengenai buku terbaru. Bahkan di saat kamu sedang malas membaca, semangat mereka akan menjadi motivasi tersendiri. Gunakan juga aplikasi seperti Goodreads, yaitu situs jejaring sosial untuk para pembaca. Di aplikasi ini, kamu bisa menemukan review buku, mendapat rekomendasi, juga melacak kemajuan bacaan kamu dan teman-temanmu.

Setelah dipikir-pikir, ternyata meluangkan waktu untuk membaca buku tidak sesulit itu kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya