Kota Tegal Nggak Cuma Terkenal Karena Warteg Lho, 8 Wisata Alam Ini Buktinya!

Destinasi mana nih yang sangat ingin kamu kunjungi?

Sudah lebih dari satu tahun kita berjuang di tengah pandemi. Banyak sekali hal yang berubah dan kita harus bisa beradaptasi dengan keadaan saat ini. Ingat ya, beradaptasi bukan berarti kita jadi abai dengan situasi sekarang ini. Saat awal pandemi, kita benar-benar menghabiskan waktu untuk di rumah saja demi memutus rantai penyebaran. Tapi, untuk beberapa orang, berada di rumah secara terus-menerus juga bisa menimbulkan tekanan seperti stres.

Untuk meminimalisir tekanan yang terjadi, pergi ke alam sesekali juga bisa menjadi pilihan untuk menjernihkan pikiran. Kamu bisa mengunjungi taman kota untuk olahraga maupun sekadar menghirup udara segar. Kamu juga bisa melakukan road trip dengan keluarga atau orang terdekatmu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan melakukan swab test untuk keamanan bersama. Nah, untuk kamu yang ingin refreshing sejenak, kota Tegal punya banyak sekali destinasi yang bisa kamu kunjungi lho sohip. Kira-kira apa saja, ya? Let’s check this out!

Advertisement

1. Mendengarkan Suara Alam di Hutan Pinus Prabanlintang yang Sejuk

Photo by @exploretegal on Instagram

Photo by @exploretegal on Instagram via https://www.instagram.com

Hutan pinus ini terletak di Desa Danasari, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Kamu bisa mengunjungi tempat ini saat pagi atau sore hari agar mendapatkan sinar matahari yang bagus dan bisa menikmati cuaca yang sejuk. Di sini terdapat beberapa spot foto juga lho sohip. Jadi, selain membuat pikiran tenang kamu juga bisa berburu foto yang ciamik di sini!

2. Menikmati Lanskap Bumijawa di Curug Cantel

Photo by @wisatajawatengahid on Instagram

Photo by @wisatajawatengahid on Instagram via https://www.instagram.com

Naik sedikit dari hutan pinus, kamu akan menemukan curug eksotis dengan air terjun yang alirannya cukup deras. Akses menuju curug ini juga mudah karena berada persis di pinggir jalan. Jadi, kamu tidak memerlukan effort yang besar untuk menuju ke sini. Sepanjang jalan menuju curug, kamu akan disuguhi pemandangan kebun sayur yang hijau. Untuk sampai di air terjun, kamu perlu trekking dengan jalur yang berbatu dan agak licin. Tapi, dinginnya air dan indahnya pemandangan dijamin akan membuat semua usahamu terbayar sohip.

Advertisement

3. Mengendurkan Otot yang Tegang dengan Mandi Air Panas di Wisata Guci yang Terkenal

Photo by @exploretegal on Instagram

Photo by @exploretegal on Instagram via https://www.instagram.com

Siapa coba yang nggak mengenal objek wisata satu ini? Kawasan wisata yang satu ini sangat terkenal dengan pemandian air panasnya. Kalau kamu ingin rileks, kamu bisa mencoba mandi air panas di sini. Siapa tahu stres dan pegal-pegal yang melanda jadi hilang deh. Lalu, kamu bisa kembali ke rutinitas dengan tubuh dan pikiran yang lebih segar. Menarik, bukan?

4. Menyegarkan Mata dan Pikiran di Bukit Corong

Photo by @rayzaldy_akhmad on Instagram

Photo by @rayzaldy_akhmad on Instagram via https://www.instagram.com

Bukit Corong atau yang sering disebut dengan Gunung Corong ini berada di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 500-700 mdpl. Walaupun nggak terlalu tinggi, tapi kamu juga harus tetap membawa perlengkapan yang sesuai untuk mendaki ya, karena kontur jalannya masih berupa tanah sehingga disarankan menggunakan alas kaki yang nggak licin. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan camping supaya kamu bisa puas menikmati pemandangan city light kota Tegal saat malam hari dan berburu matahari terbit saat pagi hari. Bukit ini juga memiliki julukan “Negeri Di Atas Awan” versi kota Tegal karena kamu bisa melihat tumpukan awan yang berada di bawah puncak bukit ini. Nah, ini merupakan tempat yang sangat cocok nih untuk menenangkan pikiranmu.

5. Menenangkan Pikiran dengan Mengunjungi Waduk Cacaban

Photo by @exploretegal on Instagram

Photo by @exploretegal on Instagram via https://www.instagram.com

Siapa bilang mengunjungi waduk itu membosankan? Di Waduk Cacaban ini banyak sekali lho aktivitas yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menyusuri waduk dengan menggunakan kapal motor, mencoba road race, memancing ikan air tawar, mengajak anak-anak main di area playground, atau kalau kamu belum puas camping di Bukit Corong, kamu juga bisa lho kemah di waduk ini karena pihak pengelola menyiapkan fasilitas bumi perkemahan. Fasilitas umum lainnya yang ada di sini adalah toilet umum, musala, warung apung, panggung hiburan, dan tentunya area parkir. Yakin nih nggak mau coba mengunjungi waduk yang satu ini?

Advertisement

6. Menikmati Danau Beko Margasari yang Indah Saat Pagi atau Sore Hari

Photo by @exploretegal on Instagram

Photo by @exploretegal on Instagram via https://www.instagram.com

Danau ini terbentuk karena adanya aktivitas penambangan batu kapur di Desa Margasari, Kabupaten Tegal. Untuk menuju ke tempat ini kamu perlu menggunakan alat transportasi yang mendukung karena kontur jalannya berbatu dan banyak sekali debu akibat aktivitas tambang. Sekilas, danau ini mirip dengan Brown Canyon di Semarang dan Danau Quarry di Bogor. Sama-sama dikelilingi tebing-tebing sisa aktivitas tambang, kemudian membentuk cekungan yang menjadi telaga dan memiliki air yang berwarna hijau. Buat kamu yang ingin mencoba petualangan baru, kamu harus banget kunjungi danau ini!

7. Berburu Sunset di Pantai Alam Indah

Photo by @exploretegal on Instagram

Photo by @exploretegal on Instagram via https://www.instagram.com

Pantai di daerah utara memang nggak seindah pantai-pantai yang ada di wilayah selatan Jawa. Tapi, kamu juga masih bisa kok menikmati pantai di Kota Tegal. Ya, Pantai Alam Indah ini seperti Pantai Ancol yang ada di Jakarta. Pasalnya, pantai ini berada di tengah Kota Tegal. Kalau biasanya kita melewati jalan yang berliku saat ke pantai, untuk menuju ke pantai ini kamu akan melewati beberapa pusat perbelanjaan dan restoran cepat saji.

Usahakan kamu mengunjunginya saat pagi atau sore hari supaya nggak terlalu terik dan bisa mendapatkan pemandangan yang bagus. Kamu bisa bersantai di pinggir pantai sembari minum es kelapa muda dan beberapa sajian khas wisata pantai. Wah, mendengar suara ombak pasti akan membantu menjernihkan pikiranmu lho!

8. Mengunjungi Hutan Mangrove Pantai Alam Indah

Photo by @exploretegal on Instagram

Photo by @exploretegal on Instagram via https://www.instagram.com

Hutan mangrove ini masih berada di kawasan yang sama dengan Pantai Alam Indah. Kamu hanya perlu berjalan kaki untuk menuju ke sini. Di hutan mangrove ini, kamu bisa melihat banyak sekali pohon bakau yang terawat dengan rapi dan banyak sekali spot foto yang bisa kamu jelajahi lho!

Nah, bagaimana apakah kamu tertarik untuk mengunjungi kota pelopor warteg dan teh poci ini? Yuk rehat sejenak untuk kembali dengan jiwa dan raga yang lebih segar!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aquarian girl who loves read and write.

CLOSE