1. Omelet Sayur/ Jamur

Omelet Sayur/ Jamur

Omelet Sayur/ Jamur via http://www.gudangkesehatan.com

Menu pertama terdiri dari dua butir telur rebus dan brokoli rebus (satu mangkuk kecil). Anda juga boleh mengolah telur menjadi omelet sayur atau omelet jamur. Cara membuat omelet sayur atau omelet jamur sangat mudah. Kocok dua butir telur secara manual kemudian tambahkan sayur atau jamur yang telah diiris tipis lalu aduk lagi hingga rata. Tambahkan garam secukupnya kemudian aduk lagi. Panaskan teflon dan beri satu sendok teh minyak goreng. Setelah minyak panas, tuangkan kocokan telur yang sudah bercampur dengan sayur/ jamur di atas teflon yang berisi sedikit minyak panas. Masak omelet hingga kedua sisi omelet matang.

2. Oatmeal/ Roti Gandum/ Bubur Kacang Hijau

Oatmeal/ Roti Gandum/ Bubur Kacang Hijau

Oatmeal/ Roti Gandum/ Bubur Kacang Hijau via http://www.gudangkesehatan.com

Oatmeal, roti gandum, atau bubur kacang hijau adalah tiga menu sarapan yang tepat dan menyehatkan untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Oatmeal dan roti gandum kaya akan karbohirat kompleks yang sangat baik untuk Anda yang sedang diet. Demikian juga dengan bubur kacang hijau kaya akan kandungan protein dan serat sehingga akan membuat perut kenyang namun tidak memperburuk berat badan anda. Coba yuk…

3. Sereal dan Susu Rendah Lemak

Sereal dan Susu Rendah Lemak

Sereal dan Susu Rendah Lemak via http://www.gudangkesehatan.com

Segelas susu rendah lemak dan sereal menjadi referensi menu sarapan berikutnya khusus untuk Anda yang sedang diet. Akan terasa lebih nikmat jika Anda konsumsi campuran sereal dan susu rendah lemak selagi hangat. Selain praktis, menu sarapan ini juga sangat menyehatkan. Tunggu apa lagi? Siapkan sereal dan susu di dalam kulkas anda, makanan ini juga dapat membantu anda saat terserang lapar di malam hari. Dianjurkan 1 jam sebelum tidur untuk berhenti ngemil.

4. Nasi Merah dan Tumis Sayur

Nasi Merah dan Tumis Sayur

Nasi Merah dan Tumis Sayur via http://www.gudangkesehatan.com

Anda ingin sekali makan nasi, namun sedang diet? Siapa bilang Anda yang sedang diet tidak boleh mengkonsumsi nasi. Anda boleh mengkonsumsi nasi, hanya saja nasi yang Anda konsumsi bukanlah nasi biasa, melainkan nasi merah yang kaya akan kandungan karbohidrat kompleks. Lengkapi satu mangkuk nasi merah Anda dengan tumis sayur segar. Ummm… Yummy!!!

5. Olahan Kedelai

Kedelai atau jenis kacang-kacangan lainnya sangat baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet sehat. Cukup banyak olahan kedealai yang bisa Anda olah menjadi berbagai jenis makanan lezat. Sebut saja salah satunya yaitu tahu. Anda dapat menjadikan tahu sebagai bahan utama sup. Anda boleh menambahkan sayuran segar dan jamur ke dalam sup tahu Anda agar rasanya semakin nikmat. Selain tahu, olahan kedelai lainnya yang juga tak kalah lezat untuk dijadikan menu sarapan adalah tempe dan susu kedelai tanpa gula.

6. Kentang Rebus dan Orak-Arik Telur

Kentang Rebus dan Orak-Arik Telur

Kentang Rebus dan Orak-Arik Telur via http://www.gudangkesehatan.com

Referensi menu sarapan lainnya yang wajib Anda coba yaitu kentang rebus dengan topping orak-arik telur. Menu sarapan yang satu ini sungguh praktis dan mudah dibuat. Cukup siapkan dua buah kentang yang telah dicuci bersih lalu direbus hingga matang. Untuk orak-arik telur, cukup siapkan satu butir telur lalu digoreng di atas wajan yang sudah diberi sedikit minyak sayur. Orak-arik telur yang sedang digoreng dengan menggunakan spatula khusus untuk memasak. Sajikan hangat-hangat.

7. Salad Buah dan Sayur

Salad Buah dan Sayur

Salad Buah dan Sayur via http://www.gudangkesehatan.com

Anda pecinta sayur dan buah? Selain dapat diolah sebagai minuman jus, olahan lainnya yang berbahan sayur dan buah adalah salad segar dengan saus mayones yang segar. Anda boleh menggunakan berbagai jenis sayuran dan buah sebagai bahan utama salad. Sebut saja kubis, selada, apel, alpukat, anggur, dan pisang. Potong-potong semua bahan di atas lalu siramkan saus mayones di atasnya. Jangan lupa taburkan biji wijen atau cincangan kacang almond serta minyak zaitun di atasnya. Menu sarapan ini sudah pasti akan membuat tubuh Anda terasa semakin segar dan sehat.

8. Pancake, Yoghurt, dan Susu Rendah Lemak

Pancake, Yoghurt, dan Susu Rendah Lemak

Pancake, Yoghurt, dan Susu Rendah Lemak via http://www.gudangkesehatan.com

Boleh juga Anda mengkonsumsi makanan atau minuman manis, hanya saja jangan terlalu sering. Salah satu jenis makanan manis yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet sehat yaitu pancake dengan kandungan gula yang sedang bahkan sedikit. Lengkapi sajian pancake Anda dengan yoghurt atau susu rendah lemak. Boleh juga Anda tambahkan lagi dengan potongan buah-buahan seperti apel, pisang, stroberi, dan buah-buah lainnya. Jika kiranya pancake Anda kurang manis, tambahkan sedikit madu di atasnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya