Menurut Hippocrates ada sekiranya delapan jenis pola perilaku manusia mulai dari, Kolerik, Sangunik, Melankolik, dan Phlegmatik. Namun tidak menutup kemungkinan adanya perpaduan lain dari keempat pola perilaku itu seperti Kolerik-Sanguinik, Kolerik-Melankolik, Sangunik-Phlegmatik, dan Melankolik-Phlegmatik, sebagaimana yang diterangkan oleh Armaya Junior dalam bukunya, Smart in Personality.

Dalam sebuah hubungan, penting untuk mengenali kepribadian diri dan pasangan kita, agar kita dapat menjalin komunikasi yang positif dengannya. Ada kalanya secara tidak sadar kita dan pasangan ternyata memiliki pola prilaku yang sama, alhasil banyak persoalan yang berujung pada perdebatan.

Sebelum mengenal pasangan kamu, ada baiknya jika kamu mengenal lebih dahulu tipe perilaku kamu. Setelah kamu paham dengan perilaku dirimu, maka kamu akan mudah untuk berkomunikasi dan berelasi dengan pasangan yang berbeda perilaku atau mungkin memiliki pola perilaku yang sama dengan kamu.

1. Kolerik

Si Ambisius via http://google.com

Kelompok Kolerik biasanya dihuni oleh mereka dengan zodiak lahir, Capricorn, Aries, dan Leo. Orang-orang Kolerik memiliki ambisi yang kuat, energik, semangat, dan ingin memengaruhi orang lain. Para pemimpin, politikus, dan anggota militer biasanya adalah orang-orang Kolerik. Namun sayangnya, Kolerik sangat mudah marah.

Ciri utama Kolerik : Selalu fokus pada tujuan yang sudah ditetapkannya. Ia rela melakukan apa saja bahkan cara yang sedikit licik demi mencapai tujuannya. Dia rela beradu argumen untuk mencapai tujuan itu. Kolerik sangat mencintai kompetisi.

Ciri-ciri Fisik : Mereka mudah dikenali dari model dan cara berpakaian. Mereka suka dengan pakaian praktis dan tidak perlu terlalu rapi. Mereka menyukai banyak warna seperti, merah, kuning, jingga, hitam, putih, biru gelap, asal itu dapat mengekspresikan maksud tujuan mereka. Mereka berjalan dengan irama yang kuat dan cepat. Mereka tidak suka menoleh ke kiri dan ke kanan, karena bagi Kolerik berjalan hanya media untuk mencapai tujuan, bukan proses yang perlu dinikmati.

Advertisement

Gaya Bicara : Gaya bicara mereka kuat dan tegas. Saat bicara mereka suka menunjuk kesana kemari, bahkan kadang memukul meja untuk menegaskan argumennya. Gerakan tangan mereka adalah cara agar orang lain mendengarkan perkataannya.

Perilaku : Orang-orang Kolerik berani mencoba hal baru sebagai petualangan mencapai tujuan. Mereka percaya diri, cerdik, dan tidak suka menunggu dalam mengambil sebuah tindakan. Kompetisi adalah caranya dalam memacu semangat. Mereka suka berterus terang dan tidak pandai memahami perasaan orang lain.

Cara Menghadapi Kolerik : Jika secara kebetulan kita menjalin hubungan si Kolerik, maka penting bagi kita untuk menjadi seseorang yang dapat membantunya mencapai tujuan. Seandainya kita tidak dapat membantu, maka setidaknya janganlah menjadi penghalang baginya. Bila kita ingin berkompetisi dengannya, pastikan itu adalah kompetisi yang bertujuan untuk menjadikan kita dan si Kolerik lebih baik.

2. Sanguinik

Si Sosialis via http://google.com

Sangunik ada dalam diri Gemini dan Sagitarius. Orang Sangunik adalah orang yang baik hati, mencintai kesenangan, suka dikelilingi orang banyak, spontan, dan percaya diri. Sayangnya orang Sangunik suka berkhayal, melalaikan tugas, impulsif, tetapi penuh ide terhadap fashion.

Ciri Utama : Ia senang berada bersama banyak orang dan bersenang-senang bersama. Ia ingin orang-orang menikmati hidup sama seperti dirinya. Itu sebabnya dia bersedia melakukan apa saja agar orang-orang dapat bergembira. Dia sangat suka bercerita dan senang apabila orang-orang berkumpul mendengar ceritanya.

Ciri-ciri Fisik : Sangunik suka mengenakan pakaian yang unik dengan warna yang berbeda dari orang lain. Ia sering mengenakan warna jingga, ia juga suka warna merah dan kuning. Seorang Sangunik berjalan dengan irama, seolah ada musik di sekitarnya.

Gaya Bicara : Sangunik seorang yang ramai dan hangat dalam setiap perbincangan. Dia suka membahas tentang persahatan dan menghindari persoalan perhitungan untung-rugi. Yang penting baginya adalah kehangatan persahabatan dan canda ria. Dia pandai membuat lelucon. Para komedian biasanya memiliki perilaku Sangunik.

Perilaku : Sangunik seorang yang optimis karena ia tidak suka memandang dunia dari sisi gelap. Selalu ada celah untuk bersenang-senang. Meski mudah marah, ia juga mudah tertawa, bahkan membuat kita juga ikut tertawa. Obrolannya juga sering melompat dari satu topik ke topik lain. Ia orang yang spontan. Dan jika sudah membuat janji dengannya, berusahalah untuk terus mengingatnya.

Cara Bersikap : Apabila memang caranya bersenang-senang menikmati hidup tidak membuang-buang waktu dan bukan hal yang negatif, ikutilah cara bermainnya. Hidup memang sesekali harus dinikmati kan. Dan jika ia kesulitan dalam menetapkan tujuan hidup, bantulah dia. Beri dia saran yang tidak menghilangkan kesan kegembiraan dalam hidup. Misalnya, menabung untuk jalan-jalan di masa tua.

3. Melankolik

Si Perfeksionis via http://tribunnews.com

Capricorn, Pisces, Taurus, Cancer, Virgo, Libra, dan Scorpio adalah kelompok yang masuk dalam tipe perilaku Melankolik. Mereka adalah orang-orang yang penuh pertimbangan, sangat baik hati, dan sangat kreatif dalam hal seni. Dia juga memiliki jiwa humanis yang mengkhawatirkan tragedi kekerasan dan diskriminasi. Lebih dari itu, ia seorang perfeksionis, tertarik pada fakta, logika, dan analisis. Mereka sering berkomentar dan mengkritiki banyak hal.

Ciri Utama : Kebanyakan Melankolik bekerja di bidang seni. Mereka butuh ide dan inspirasi untuk menciptakan sebuah karya, dan mereka termasuk orang yang tekun dalam menyelesaikan pekerjaan seni yang telah mereka mulai. Mereka tidak akan memulai suatu tindakan sebelum yakin apa manfaat dan kerugian dari tindakan tersebut. Melankolik menjalankan sesuatu dengan serius. Mereka tidak punya waktu untuk bersenang-senang. Mereka akan sangat terganggu jika diminta membuat keputusan yang cepat.

Ciri-ciri Fisik : Melankolik adalah orang yang sangat teratur, karenanya dia akan berjalan cukup pelan sambil menganalisa sesuatu. Dia tergolong orang yang sangat rapi apalagi dalam berpakaian. Mereka pandai memadukan pakaian. Warna-warna yang sering mereka gunakan adalah hitam, putih, biru gelap, dan cokelat. Mereka berjalan dengan irama yang tidak tetap, terkadang lambat, terkadang cepat. Menoleh sedikit ke kiri dan ke kanan untuk mengingat apa saja yang ada di sekitarnya atau mengenang kejadian yang mungkin pernah terjadi di sana. Namun mereka tidak akan teralihkan atau terhentikan oleh apa pun yang mereka lihat atau yang mungkin terjadi.

Gaya Bicara : Melankolik cenderung pendiam, bukan karena mereka tidak punya bahan pembicaraan, tapi karena mereka lebih suka menganalisis setiap kata dari teman bicaranya. Mereka akan menjawab secara sistematis. Dan karena mereka menyukai rincian, maka mereka akan menuntut informasi yang komprehensif. Maka jangan kaget jika saat bicara dengannya kita seakan sedang menghadapi ujian skripsi atau tesis. Mereka juga mengkritik cukup tajam.

Perilaku : Mereka suka menyendiri. Selain pengkritik yang tajam, mereka sering bersikap skeptis. Melankolik tidak mudah memaafkan orang lain, dan segala sesuatu yang tidak teratur adalah sebuah kesalahan. Sikap tidak mudah memaafkannya, membuat mereka menjadi pendendam.

Cara Bersikap : Ingatan yang kuat, ketelitian mengumpulkan fakta, dan kemampuan menggunakan logia adalah kelebihan mereka. Tapi mereka lamban dalam membuat keputusan, sehingga hal itu dapat mengganggu kerjasama dan pertemanan mereka. Biarkan mereka mendapatkan fakta dan menganalisis, dan bantu mereka membuat sebuah keputusan. Kritikan baik dari mereka anggaplah sebagai sebuah wawasan baru. Mereka akan sangat senang ketika kita dapat menerima penilaian dari mereka. Melankolik perlu diyakinkan dengan mengumpulkan semua risiko yang mungkin akan muncul dalam keputusan yang dibuatnya. Tunjukkan cara meminimalkan risiko dan biarkan dia mengajukan pertanyaan untuk mendalami pemahaman atas risiko, jawablah semampu kita atau beri dia referensi untuk menjawab sendiri pertanyaan itu.

4. Phlegmatik

Si Pendamai via http://hipwee.com

Kelompok Phlegmatik ini diisi oleh para Libra dan Cancer. Phlegmatik adalah tokoh penengah yang bijak. Para Sangunik, Kolerik, dan Melankolik membutuhkan Phlegmatik sebagai pihak pendamai. Phlegmatik adalah sang penengah yang akan menunjukkan bahwa memiliki tujuan adalah hal yang yang menyenangkan. Bahwa analisis perlu, dan mengambil keputusan dengan segera adalah hal yang penting.

Ciri Utama : Bagi mereka dunia adalah surga di mana konflik tidak seharusnya terjadi. Mereka membenci permusuhan dan orang yang suka berkompromi demi kedamaian. Mereka cukup cerdas untuk menghindari konflik, serta memiliki kesabaran yang tinggi.

Ciri-ciri Fisik : Phlegmatik bisa berpakaian apa saja dengan warna yang tidak keruan. Mereka tidak memerlukan padu-paduan, dan tidak perlu ekspresi. Cara berjalannya pun biasa saja. Tapi bila ada yang mengkritik cara berjalannya, maka besok ia akan mengubahnya. Mereka tidak suka jalan tergesa-gesa, karena itu hanya akan menimbulkan masalah.

Gaya Bicara : Phlegmatik adalah orang yang super cuek, tenang, damai, bahkan terkesan lamban. Kalau bicara, mereka cenderung mencari jalan tengah atau jalan damai. Mereka tidak suka konfrontasi dan mengutamakan prinsip hidup bersahabat. Perlu kesabaran saat bicara dengan mereka, karena mereka lambat dalam membuat keputusan dan sangat menghindari konflik. Kadang mereka tak ragu untuk menyela pembicaraan dua orang yang sedang berdebat. Phlegmatik juga sering menunda membuat keputusan karena pertimbangan apakah dirinya akan terlibat dalam konflik yang mungkin mucul. Phlegmatik menganggap bahwa membantu seseorang mencapai tujuannya adalah hal yang menyenangkan.

Perilaku : Phlegmatik tidak menginginkan tujuan tertentu. Dia jarang iri hati. Mereka selalu berusaha menjaga harmoni dan keseimbangan. Phlegmatik dapat menerima apa saja, mudah beradaptasi, kurang tertarik untuk terlibat dalam kegiatan apa pun, lamban, pemalu, dan akan menarik diri dari konflik.

Cara Bersikap : Phlegmatik menganggap setiap penetapan tujuan berarti akan mengarah kepada konflik, karenanya mereka lebih memilih untuk tidak menetapkam tujuan, tidak bersedia menganasilis, apalagi harus membuat keputusan. Bergaul dengan mereka membuat hidup kita lebih tenang, karena mereka tidak menyukai konflik. Mereka apa adanya. Sejauh dia tidak merusak hidupnya, maka kita tidak perlu membantunya menetapkan dan mencapai tujuan hidup apapun.

5. Kolerik-Sanguinik

Si Ambisius yang Humoris via http://google.com

Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Leo, Virgo, Scorpio, dan Sagitarius bisa memiliki perilaku Kolerik-Sangunik. Jika dilakukan tes, maka mereka akan memiliki lebih dari sepuluh sifat Sangunik dan lebih dari sepuluh sifat Kolerik. Mereka dengan perilaku Kolerik-Sangunik memiliki tingkat emosi yang naik turun. Di satu sisi mereka adalah orang yang fokus pada tujuan, namun di sisi lain mereka suka bersenang-senang.

Ciri Utama : Meski memiliki tujuan hidup yang kuat, namun ketika bertemu sesuatu yang lebih menyenangkan maka mereka akan teralihkan dan berhenti mencapai tujuan itu. Mereka juga suka menjadi pusat perhatian, dan senang jika orang-orang menikmati hidup bersamanya. Karena selalu melihat segala hal dari segi positif, mereka terlalu optimis dan menganggap bersenang-senang tidak akan mengganggu tujuan hidupnya. Mereka suka membuat orang senang dan ingin orang lain mengikuti caranya.

Ciri-ciri Fisik : Mereka akan memilih warna pakaian yang menunjukkan siapa dirinya. Mereka akan berjalan dengan tegap, kuat, namun dalam irama yang menyenangkan. Kadang mereka berjalan sangat cepat, tapi di tengah jalan dia dapat asyik mengobrol dengan seseorang.

Gaya Bicara : Mereka dapat adu argumen namun akan diselingi dengan lelucon yang membuat orang tersenyum. Pembicaraan mereka santai namun terfokus. Gerakan tangannya yang ekspresif, kuat, dan berirama bertujuan menegaskan pendapatnya. Orang-orang merasa nyaman saat berbicara dengan mereka.

Perilaku : Mereka tidak mudah patah semangat dan putus asa, karena sebagai Sanguinik mereka melihat dunia dari sisi yang indah. Sebagai Kolerik mereka orang yang fokus mencapai tujuan dan tidak takut dengan kompetisi. Kalah dan menang, mereka menyikapinya dari segi positif. Namun sikap Sanguinik membuat mereka merasa kompetisi haruslah sebuah media untuk bersenang-senang. Sebagai Kolerik, mereka tak segan menyerang kesana-kemari agar tujuannya dapat tercapai.

Cara Bersikap : Dukunglah mereka dalam mencapai tujuan dan ingatkan mereka untuk meminimalkan risiko atas keputusan yang akan mereka ambil. Ingatkan juga mereka untuk sedikit bersenang-senang ketika mereka mulai terlalu banyak mengorbankan banyak hal untuk mencapai tujuan. Namun jika mereka sudah terlalu larut dalam kesenangan, bantu mereka untuk mengingat kembali tujuan hidupnya atau kompetisi yang ingin mereka menangkan. Dengan sikap Kolerik-Sanguinik, mereka akan terkesan tidak punya konsisten. Namun itulah mereka. Mereka akan sangat berterima kasih apabila kita dapat memahami mereka dengan baik dan mereka tidak akan segan memuji kita di hadapan orang lain.

6. Kolerik-Melankolik

Si Ambisius yang Perfeksionis via http://google.com

Dalam kelompok ini kita akan bertemu dengan Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Cancer, Leo, Virgo, Scorpio, dan Sagitarius. Mereka adalah orang-orang yang semangat dan fokus pada tujuannya, juga suka menganalisis manfaat dan kerugian atas tindakannya.

Ciri Utama : Mereka konsisten pada tujuan hidup dan memenangkan kompetisi. Mereka memiliki ingatan yang kuat termasuk mengenai tujuan hidup, Dan mengumpulkan data serta menganalisis dengan logika adalah kesenangan mereka. Karena itu semua tindakan mereka akan sangat terukur. Tidak ada tindakan yang dilakukan dengan tergesa-gesa. Mereka memiliki persiapan yang matang untuk memulai sesuatu, dan menyelesaikannya dengan cara yang efektif dan efisien.

Ciri-ciri Fisik : Pakaian mereka terkesan membosankan. Mereka cenderung memilih model yang klasik dan standar dengan warna-warna yang tidak mencolok. Model klasik tersebut mengekspresikan suasana hati mereka atau peran yang ingin mereka munculkan. Mereka berjalan dengan irama yang tetap, mirip seperti pasukan baris-berbaris. Tetapi mereka juga menoleh ke kiri dan ke kanan walau tidak sering, hanya saja sebenarnya mereka tidak memperhatikan banyak hal di sekelilingnya.

Gaya Bicara : Mereka akan lebih banyak membicarakan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Mereka siap beradu argumen dengan siapa saja yang berniat menghalangi tujuannya. Mereka lebih sering diam dalam sebuah pembicaraan karena mereka sedang menganalisa perkataan tersebut dan menyimpannya dalam ingatan. Mereka akan menyerang teman bicaranya sama mereka tidak berhasil mengungkapkan fakta secara logis. Kata-kata pedas akan sering terlontar saat mereka bebicara, dan mereka akan menatap tajam langsung ke mata kita saat kita bicara. Ekspresi mereka dapat terlihat dengan jelas jika mereka sedang tidak sabar ingin memotong pembicaraan kita ketika ada hal yang tidak sesuai konteks.

Perilaku : Mereka sangat fokus pada tujuan, cenderung menganalisis, serta memiliki ingatan yang kuat. Mereka adalah orang-orang yang berbahaya untuk dijadikan musuh. Setiap ranting yang menghalangi jalannya akan mereka singkirkan. Mereka terkenal pendendam. Saat kita melukai hati mereka, mereka akan terus mencari-cari kesalahan kita. Segala hal harus berjalan sempurna di hadapannya. Dan setiap orang yang membuat kesalahan padanya hingga melukai hatinya, harus mendapat hukuman yang berat.

Cara Bersikap : Mereka orang yang cukup licik untuk memenangkan kompetisi. Maka kita harus menjadi teman yang mengingatkan mereka untuk tidak merugikan orang lain dan juga akan merugikan diri mereka. Mungkin mereka akan menyanggah bahwa ia tidak berniat menyengsarakan orang lain, namun di saat itulah mereka sedang menganalisis apa yang telah mereka lakukan. Karena ia memiliki sikap Melankolik yang mengingat semua perlakukan buruk orang yang dilakukan padanya, maka jadilah teman baik yang mendukungnya memenangkan sebuah kompetisi. Sesekali ingatkan dia bahwa tidak akan mungkin seseorang terus-menerus meraih kemenangan, ada kalanya mereka harus kalah untuk meraih kemenangan yang lebih besar. Tak perlu melawan dan diamkan saja mereka, saat mereka berdalih. Mereka akan mengalisi ssendiri pendapat kita.

7. Sanguinik-Phlegmatik

Si Sosialis yang Penuh Damai via http://google.com

Di sini kita akan bertemu dengan Aquaris, Pisces, Cancer, Leo, Libra, dan Sagitarius. Mereka adalah orang-orang yang tidak suka bersusah payah mengejar tujuan dan tidak suda adu argumen.

Ciri Utama : Bersenang-senang dan menghindari konflik adalah hal yang menyenangkan dalam hidupnya. Tidak ada hal yang lebih mereka sukai selain duduk bermalas-malasan di pantai yang tenang. Mereka selalu ceria dan dapat membuat banyak orang ikut ceria bersama mereka. Mereka mudah beradaptasi dengan suasana baru dan orang-orang baru. Kita tidak punya alasan untuk membenci mereka. Bagi mereka hidup yang menyenangkan adalah hidup tanpa konflik, tidak perlu mengejar sesuatu, tidak perlu terlalu banyak mengingat. Hidup adalah kedamaian.

Ciri-ciri Fisik : Motif bunga-bunga atau abstrak adalah kesukaan mereka, asal dapat menarik perhatian. Mereka berjalan dengan irama yang santai, sering menoleh ke kanan dan ke kiri untuk mencari suatu yang lebih menyenangkan ketimbang hanya berjalan. Tidak aneh bila mereka sering terhenti oleh sesuatu, apalagi bila seseorang yang mengajak mereka untuk berhenti.

Gaya Bicara : Mereka sangat lamban dalam berbicara. Senang membuat orang lain tertawa dan kadangkala mereka menggerakkan tangan untuk mengekspresikan ceritanya. Tetapi gerakan tangan itu akan mereka hentikan jika mengetahui ada orang lain yang merasa terganggu. Mereka periang dan akan sangat menyenangkan ada di dekat mereka. Namun sayangnya mereka adalah orang yang tidak berani mengambil keputusan. Tak jarang saat meminta pendapatnya atas dua orang yang beradu argumen, mereka akan mengatakan bahwa kedua argumen itu adalah benar.

Perilaku : Orang-orang Kolerik sangat membenci sikap Sanguinik-Phlegmatik. Tujuan hidupnya adalah bersenang-senang dan membawa kecerian bagi sekitarnya. Orang-orang Kolerik menilai mereka terlalu pasrah karena menganggap semua hal adalah menyenangkan termasuk kekalahan, dan mereka tidak mau repot mengambil pelajaran dari kekalahan itu. Sanguinik-Phlegmatik memang sangat ekspresif dan adaptatif. Mereka akan mengikuti apa saja yang kita inginkan apabali kita menunjukkan bahwa kita terganggu dengan sikap mereka, inilah kelemahan mereka.

Cara Bersikap : Tugas kita sebagai teman adalah mengingatkan dan meyakinkan mereka bahwa memiliki tujuan dan mencapainya juga merupakan bagian dari kesenangan hidup. Berterima kasihlah atas tawa yang dihadirkannya saat kita sedang dalam pergumulan. Bantu mereka untuk berani mengampil keputusan penting.

8. Melankolik-Phlegmatik

Si Perfesionis yang Penuh Damai via http://google.com

Di dalam kelompok ini kita akan bertemu dengan Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Cancer, Virgo, Libra, Scorpio, dan Sagitarius. Mereka adalah orang-orang yang suka mengamati, mengingat, dan menganalisis banyak hal. Namun semuanya mereka lakukan untuk menjaga harmoni, kedamaian, serta memastikan mereka tidak akan terlibat dalam sebuah konflik.

Ciri Utama : Mereka suka menyendiri karena kadangkala ingatan tentang perilaku tidak menyenangkan orang lain membuat mereka mendendam. Karena ingatan itu pula mereka memilih untuk menarik diri dan tidak bergaul dengan orang-orang yang pernah menyakitinya.

Ciri-ciri Fisik : Mereka cenderung membawa ciri seorang Melankolik. Memilih pakaian dengan mode klasik dan warna yang tidak akan jauh dari hitam, putih, biru, cokelat, dan motif garis simetris. Gaya berjalannya juga seperti Melankolik dengan irama yang tidak tetap, menoleh ke kanan dan ke kiri, mengingat, dan menganalisis setiap kejadian atau sesuatu yang terlihat. Namun bila ada orang yang menghentikannya, mereka akan berhenti. Mereka suka memperhatikan kejadian yang tidak biasa di sekitarnya. Dan sebagai seorang Melankolik-Phlegmatik mereka sering terlihat kurang semangat, tapi bukan berarti mereka kurang gizi. Kita akan sering melihat mereka berjalan tidak tegak, ekspresi datar, dan mata yang tidak menyorot tajam, bahkan kadang mereka terlihat sedang melamun.

Gaya Bicara : Mereka sangat analitis, sistematis, dan hanya bicara tentang fakta dan logika. Mereka juga cenderung memandang dunia dari sisi negatif, dan takut bila ada tanda-tanda konflik. Mereka tidak akan banyak menggerakkan tangan atau apa pun untuk mengekspresikan perkataan atau menegaskan perkataan. Wajahnya tidak akan ekspresif dan mereka akan sangat berhati-hati dalam bicara.

Perilaku : Analis dan teliti dengan ingatan yang kuat tetapi tidak suka konflik, membuat mereka menjadi orang-orang yang tidak iri hati dan bukan pendendam. Mereka tidak suka membuat tujuan dan membenci target. Tetapi ketika menjadi anggota kelompok dan ada target yang harus dicapai, mereka akan memilih peran untuk menyediakan data dan fakta serta analisis evaluasi. Sifat perfeksionis dari sisi Melankolik akan membuat mereka menahan diri membuat kesimpulan dari hasil evaluasi. Mereka tidak suka ketika hasil evaluasinya membuat orang lain tidak senang.

Cara Bersikap : Ingatkan mereka bahwa setiap keputusan tetap memiliki kemungkinan menimbulkan konflik dengan beberapa pihak. Sarankan mereka untuk membaca literatur terkait mengelola konflik. Andai konflik yang timbul tidak dapat dikelola, ingatkan mereka bahwa meminta maaf bukanlah hal yang memalukan dan merendahkan diri. Beritahu mereka untuk tidak memandang hidup secara pesimis dan menganggap kesenangan adalah dosa. Seorang analis juga harus mampu membuat keputusan.

Itu tadi adalah penjelasan ringkas mengenai beberapa jenis perilaku seseorang. Setelah membacanya mungkin kamu mulai sedikit memahami apa jenis karaktermu dan apa jenis karakter pasanganmu. Dengan demikian kamu dapat mengambil sikap yang tepat dan bijak untuk menghadapinya. Kesuksesasn sebuah hubungan bukan terletak pada berapa banyak waktu yang telah dihabiskan untuk tertawa bersama, melainkan terletak pada berapa banyak waktu yang telah dijalani bersama untuk saling mengenal.