8 Tips Agar Tetap Produktif Selama Bekerja dari Rumah

Ikuti tips ini agar tetap produktif ya!

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diberlakukan.

Presiden Jokowi mengatakan PPKM darurat tersebut berlaku selama 18 hari, pada periode 3 hingga 20 Juli 2021. Menurutnya, kebijakan PPKM darurat harus ditempuh untuk membendung lonjakan kasus Covid-19.

Selama PPKM sejumlah kegiatan pun dibatasi seperti bekerja, beribadah, bersekolah, maupun berwisata. Pembatasan kegiatan di tempat kerja atau perkantoran dengan menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 75% dan work from office (WFO) sebesar 25% dengan memberlakukan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Untuk itu kami sudah merangkum 8 Tips Tetap Produktif Selama Bekerja Dari Rumah.

Advertisement

1. Buat jadwal jam kerja

Photo by Ivan Samkov from Pexels

Photo by Ivan Samkov from Pexels via https://www.pexels.com

Ketika harus work from home, kamu jadi lebih fleksibel mengatur waktu, tapi keuntungan ini jangan disalah gunakan untuk lepas dari peraturan jam kerja yang berlaku.

Ikuti aturan waktu kerja kantor seperti biasa, kamu harus mampu mengendalikan dan mengatur waktu seefektif mungkin. Sulit memang bekerja tanpa pengawasan, tapi perlu diingat kalau kamu punya tanggung jawab untuk diri sendiri dan menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu.

Advertisement

Ketika sedang bekerja di rumah tetapi kamu tidak mengatur jadwal sama sekali, biasanya kamu akan merasa bebas dan lupa terhadap pekerjaan kamu.

Atur seperti biasa jam bangun kamu agar tidak kesiangan. Lalu jangan lupa mandi agar badan tetap segar sehingga siap untuk bekerja di rumah.

Advertisement

Setelah itu, perhatikan pekerjaan yang diberikan pada hari itu. Atur jadwal dari jam berapa kamu akan bekerja, jam makan siang, dan jam berapa kamu akan berhenti kerja.

Dengan hal tersebut, maka kamu akan merasa lebih bertanggung jawab sehingga kamu tidak akan menunda pekerjaan kamu.

2. Lakukan rutinitas pagi yang memompa energi

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels via https://www.pexels.com

Karena nggak harus ngantor dan menghabiskan waktu di jalan, kamu jadi punya waktu lebih untuk mempersiapkan diri sebelum memulai pekerjaan.

Biar semangat dan segar di pagi hari, jangan lupa mandi, sarapan, menata tempat dan perlengkapan kerja atau bisa juga berolahraga. Dengan begitu tubuh dan pikiran jadi lebih fresh!

3. Pisahkan waktu kerja dan pribadi

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Terapkan jadwal konsisten kapan Anda mulai dan kapan istirahat. Jangan mengambil terlalu banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Menyeimbangkan jam kerja dan istirahat membuat hidup Anda lebih produktif, dan badan tidak kelelahan. Menjaga waktu istirahat dapat menjauhkan Anda dari rasa stres dan frustasi.

4. Buat rencana harian

Photo by Suzy Hazelwood from Pexels

Photo by Suzy Hazelwood from Pexels via https://www.pexels.com

Sebelum tidur malam luangkan sedikit waktu untuk merinci apa-apa saja kegiatan yang akan Anda lakukan di hari berikutnya. Tentukan prioritas utama, dan batas-batas waktu pengerjaannya.

Di esok hari Anda tinggal melaksanakan apa yang sudah direncanakan dan usahakan selesaikan setiap pekerjaan sesuai waktu yang ditentukan. Kerjakan tugas paling berat saat Anda memiliki porsi energi yang besar. Perencanaan dapat membuat Anda lebih efisien mengerjakan banyak pekerjaan.

5. Buat peraturan dengan orang di rumah

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels via https://www.pexels.com

Beri tahu semua anggota rumah kalau kamu sedang work from home. Dengan begitu mereka bisa mengerti dan memahami untuk tidak mengganggu pekerjaanmu.

Beri pengertian pada keluarga, orang tua, anak atau ponakan kamu, bahkan jauhkan diri dari hewan peliharaan yang bisa mengganggu. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari segala aktivitas di luar tanggung jawab pekerjaan.

6. Responsif dan tetap menjaga koneksi

Photo by Thirdman from Pexels

Photo by Thirdman from Pexels via https://www.pexels.com

Biasanya kalau di kantor kita bisa dengan mudah “tek-tokan” sesama rekan kerja, tapi karena jarak memisahkan, alhasil komunikasi nggak bisa lagi dilakukan secara langsung.

Karena itu kamu harus bisa memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk terkoneksi dengan rekan kerja lain. Jangan terlalu sering meninggalkan tempat kerja, karena siapa tau ada keperluan mendesak dari atasan yang membutuhkanmu.

Pastikan juga internet di rumahmu berjalan lancar. Diskusikan pekerjaan dan kendala yang kamu alami ke rekan kerjamu ya!

7. Buat suasana kerja yang nyaman

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Work from home banyak dilakukan perusahaan selama satu sampai dua minggu, selama itu kamu harus mempunyai tempat kerja sendiri. Lingkungan kerja juga berpengaruh pada produktivitas lho, karena itu buat suasana kerja di rumah yang nyaman.

Beberapa orang memang ada yang nyaman ketika bekerja di sofa maupun kasur sekali pun. Namun, jika kamu merasa tidak nyaman ketika bekerja di atas kasur, maka sebaiknya hindari hal tersebut.

Sebab, ada juga beberapa orang yang justru malas-malasan bekerja di atas kasur. Bekerjanya hanya sebentar, lalu biasanya tidur-tiduran dan pada akhirnya justru menunda pekerjaan. Hindari bekerja di atas kasur jika menimbulkan efek tidur.

Cari tempat dengan pencahayaan yang baik, nyaman duduk lama dan terhindar dari segala macam gangguan yang memecah konsentrasi.

Contohnya kalau kamu pilih kerja di ruang keluarga pasti akan banyak distraksi seperti tv atau keberadaan anggota keluarga di rumah, jadi lebih baik di kamar sendiri. Eits ingat tempat yang nyaman buat bekerja, bukan untuk santai-santai ya!

8. Istirahat yang cukup

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels via https://www.pexels.com

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat secara negatif mempengaruhi suasana hati, kemampuan kognitif dan kecerdasan emosional yang akan menurunkan produktifitas kamu dalam bekerja.

Pastikan kamu punya tidur yang maksimal sehingga dapat bangun dengan tubuh segar dan siap jalani hari baru dengan lebih semangat dan produktif. Seimbangkan juga dengan makanan bergizi yang kaya serat dan nutrisi agar kesehatan tubuh terjaga.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas ketika sedang kerja di rumah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE