8 Tips Penting untuk Mengubah Jalan Karir. Yuk Disimak!

Untuk kamu yang sedang bingung dalam berkarir

Memiliki keinginan untuk berpindah karir merupakan hal yang banyak terjadi pada banyak pekerja. Berbagai alasan bisa menjadi penyebabnya, mulai dari kebosanan, rasa stress, tantangan baru sampai lingkungan yang tidak nyaman lagi bagi pekerja. Menurut sebuah survey,  sebesar 47% pekerja mengubah karirnya agar mendapatkan gaji yang lebih baik.

Dengan mengubah karir, para pekerja bisa merasa lebih senang, puas, stres berkurang, dan bahkan mereka mendapatkan gaji yang lebih besar dari yang sebelumnya. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips untuk membantumu dalam mengubah jalan karir. Yuk, disimak!

Advertisement

1. Tahu dengan jelas apa yang diinginkan

Berkerja dengan laptop/Photo by Brooke Cagle

Berkerja dengan laptop/Photo by Brooke Cagle via https://unsplash.com

Sebelum kamu keluar dari pekerjaanmu yang sekarang, ada baiknya jika kamu mengidentifikasikan terlebih dahulu alasan yang membuatmu ingin mengubah karirmu. 

Tanyakan pada dirimu sendiri, apa yang membuatmu tidak merasa puas dengan pekerjaan saat ini dan apa yang ingin kamu inginkan. Kamu dapat menuliskan daftar yang kamu sukai dan tidak sukai dari pekerjaanmu. Hal ini penting untuk dilakukan agar kedepannya kamu dapat merencanakan karir dengan baik.

Advertisement

2. Pikirkan dengan matang

Berpikir serius/Photo by Wes Hicks

Berpikir serius/Photo by Wes Hicks via https://unsplash.com

Setelah mengetahui apa yang benar-benar kamu inginkan, cobalah untuk memikirkan    pilihan karir lainnya. Kamu perlu memikirkan dengan sangat matang, karena perubahan yang terjadi akan dapat mempengaruhi kestabilan ekonomi maupun mental.

Dengan mengubah jalan karir, kamu perlu kembali memikirkan adaptasi lingkungan dengan kantor baru, cara kerja baru, dan penyesuaian skill.

3. Kembangkan skill

Advertisement
Menulis/Photo by J. Kelly Brito

Menulis/Photo by J. Kelly Brito via https://unsplash.com

Ketika kamu ingin mengubah karirmu, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah skill. Kamu dapat mulai lakukan penelitian terkait skill apa saja yang diperlukan untuk karirmu yang baru. 

Beberapa pekerjaan sebenarnya memiliki basic skill yang sama, contohnya jika kamu ingin mengubah karir dari seorang resepsionis menjadi sales executive. Kedua posisi tersebut sama-sama membutuhkan keterampilan komunikasi yang kuat, sehingga sebenarnya kamu dapat memanfaatkan pengalamanmu sebagai nilai plus.

4. Cari tahu mengenai industri terkait

Melihat laptop/Photo by KOBU Agency

Melihat laptop/Photo by KOBU Agency via https://unsplash.com

Melakukan penelitian yang mendalam memang sangat dibutuhkan ketika kamu ingin mengganti karir. Bukan hanya informasi mengenai perusahaannya saja yang perlu kamu cari tahu tetapi juga bagaimana industri tersebut berjalan dan bekerja. 

Kamu juga dapat menanyakan hal ini kepada teman-temanmu atau network yang kamu miliki. Ini akan membantumu lebih cepat dalam mempelajari sebuah industri batu yang kamu belum ketahui.

5. Buat perencanaan karir

membuat rencana/Photo by Marten Bjork

membuat rencana/Photo by Marten Bjork via https://unsplash.com

Agar tujuanmu dapat tercapai, membuat sebuah rencana yang jelas dan terukur akan membawamu  kepada keberhasilan. Kamu dapat membuat perencanaan dengan lebih mudah jika sudah melakukan riset. 

Pada tahapan ini kamu dapat lebih spesifik mengenai karir apa yang ingin kamu dapatkan. Tulis langkah apa saja yang perlu diambil. Kemudian latihlah dirimu sendiri dengan mencari kelas untuk mengembangkan skill dan hadir dalam acara yang berhubungan dengan industri tersebut.

6. Buat CV yang meyakinkan

Mengetik di laptop/Photo by Christine Hume

Mengetik di laptop/Photo by Christine Hume via https://unsplash.com

Membuat CV baru dengan image baru untuk perubahan karirmu adalah hal yang sangat krusial. CV sebagai hal pertama yang dinilai, akan sangat mempengaruhi keputusan HRD apakah kamu berhak masuk ke tahap selanjutnya atau tidak.

Karena itu untuk membuat CV yang meyakinkan, kamu perlu memiliki skill yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Meskipun kamu berasal dari bidang yang berbeda, kamu dapat tetap memasukkan soft skill-mu ke dalam CV dan jangan lupa untuk mempelajari skill baru yang sesuai posisi tersebut.

7. Dengar pendapat orang lain

Wanita duduk/Photo by Christina

Wanita duduk/Photo by Christina via https://unsplash.com

Jika kamu masih ragu dengan pilihanmu, cobalah untuk menanyakan pendapat orang lain, seperti keluargamu, teman, dan orang terdekat lainnya. Atau jika mereka merasa keputusanmu dinilai terlalu ekstrim, cobalah mendengarkan penjelasan mereka.

Siapa tahu dengan mendengarkan pendapat mereka, kamu dapat lebih yakin dalam mengambil keputusan besar ini. Kamu juga dapat mengkonsultasikan kebingunganmu dengan seorang profesional juga, lho! 

8. Tetap optimis

Optimis/Photo by Razvan Chizu

Optimis/Photo by Razvan Chizu via https://unsplash.com

Menjalankan sebuah perubahan yang besar, terutama dalam berkarir bukanlah yang yang mudah untuk dijalani. Namun semua itu dapat dijalani dengan terasa mudah selama kamu bersikap optimis. 

Jika kamu dapat optimis dalam memandang suatu hal, maka hasil yang diinginkan dapat menjadi maksimal dan kamu akan lebih tenang dalam menghadapi tantangan baru.

Itu dia, 8 tips penting bagi kamu yang ingin mengubah karir. Mengubah karir itu bukanlah sesuatu yang mustahil, lho! Semua bisa melakukan hal tersebut asalkan dengan cara yang tepat ya! Seperti melakukan riset, melakukan perencanaan, membuat CV yang meyakinkan, dan lainnya. Sekarang, kamu dapat membuat CV secara gratis di Kinzaa, lho. Semoga artikel ini membantu ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kinzaa adalah sebuah situs online untuk membuat CV dan Resume Online dengan mudah dan cepat.

CLOSE