Travelling atau liburan adalah salah satu kebutuhan wajib manusia saat ini. Bahkan, banyak yang sampai rela mengeluarkan budget yang tidak sedikit demi mendapatkan pengalaman travelling yang menyenangkan. 

Nah, kamu termasuk tim yang suka liburan sendirian atau dengan teman? Liburan sendirian atau dengan teman tentu masing-masing punya kelebihan tersendiri. Kalau kamu mau liburan dengan teman, kamu jangan sampai salah memilih partner travelling ya. Bisa-bisa nanti rencana liburan impianmu malah berakhir jadi berantakan karena ternyata partner travelling kamu ada yang baper-an.

1. Ajak sahabat terdekat

adventure

adventure via https://pixabay.com

Sahabat terdekat adalah orang pertama yang bisa kamu ajak untuk liburan dengan kamu. Mereka yang lebih tahu kekurangan dan kelebihan kamu, jadi kalo ada apa-apa kamu tidak perlu segan dengan dia.

2. Batasi maksimal 4 orang

Advertisement

Batasi jumlah partner travellingmu. Semakin banyak kepala, semakin banyak pula ego yang harus diredam. Pengalaman penulis, empat orang adalah jumlah yang pas jika kamu memutuskan ingin berlibur dengan teman-teman.

3. Buat daftar tempat yang mau dikunjungi

travel lsit

travel lsit via https://pixabay.com

Sebelum berlibur, tulis daftar tempat-tempat yang mau kamu kunjungi dengan sahabat. Jangan lupa tulis juga berapa perkiraan budgetnya, bagaimana aksesnya, sampai berapa jam durasinya kamu dan sahabatmu bakal berada di sana. Ini menghindari biar nanti kalian tidak bingung mau kemana.

4. Jangan egois

Karena kalian liburan bersama-sama, jangan suka memaksakan kehendak sendiri. DIskusikan setiap keinginan kepada teman-teman. Jika ada perbedaan pendapat, baru dicari jalan tenganya

5. Tunjuk 1 orang yang jadi leader

Advertisement

Tunjuk salah satu dari kalian untuk menjadi leader. Tugas seorang leader adalah yang bertanggungjawab atas semua liburan kalian. Termasuk yang mengambil keputusan, menjadi penengah jika ada yang berantem sampai bertanggungjawab jika kalian nyasar.

6. Ajak minimal 1 sahabat pria

Selain buat "ngejagain" kalian selama liburan, mengajak sahabat pria juga berguna untuk menjadi penengah diantara perempuan. Biasanya, pria lebih tidak cepat baper daripada wanita. Jika sewaktu-waktu kamu menemukan perbedaan pendapat dengan sahabatmu perempuanmu, sahabat pria kamu bisa menjadi penengah. Sahabat pria ini juga bisa "dimanfaatkan" untuk membawa barang-barangmu yang berat. Hehehehe..

7. Jangan ajak sahabat yang gila foto

nyusahin euy...

nyusahin euy… via https://pixabay.com

Pada hakikatnya, tujuan berlibur adalah melepas stress dan "kabur" sejenak dari rutinitas sehari-hari. Tentu kamu gak mau dong direpotkan oleh sahabatmu yang gila "selfie"? Yang setiap sebentar berhenti dan minta difotokan kalau menemukan spot yang instagram-able. Maka dari itu, hindari mengajak sahabat yang seperti ini.

8. Buat perjanjian

biar adil

biar adil via https://pixabay.com

Terakhir, perjanjian ini berisi tentang poin-poin peraturan yang harus dipatuhi saat liburan bersama. Jangan lupa juga siapkan sanksi bagi siapa yang melanggar. Tapi ini sebenarnya perlu gak perlu sih. Kalau kalian sudah saling percaya sebagai sahabat, seharusnya perjanjian ini tidak usah dibuat.

Gimana, udah siap berlibur bareng?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya