Menjadi pejuang amplop coklat itu memang tak gampang. Apalagi untuk fresh graduate, harus siap mental bila terjadi banyak penolakan. Maklum masih kinyis-kinyis dan belum banyak pengalaman.

Lalu apa aja sih yang perlu di perhatikan saat menjadi pejuang amplop coklat? Padahal saingan dalam mencari pekerjaan sangatlah banyak. Yuk cari tahu hal apa aja sih yang harus di perhatikan saat akan melamar pekerjaan!

1. 1. Cari Tahu Informasi tentang Perusahaan tersebut

Jangan terburu-buru untuk melamar pekerjaan. Ada baiknya kamu cari tahu dulu informasi seputar perusahaan tersebut. Pelajari profil dari perusahaan yang ingin kamu lamar. Hal tersebut juga berguna untuk menguatkan alasanmu mengapa kamu ingin sekali menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

2. 2. Cari Tahu Job Desk dari Posisi yang Akan di Lamar

Hal penting selanjutnya adalah cari tahu apa job desk dari posisi yang ingin kamu lamar. Meskipun kamu sudah berpengalaman, setidaknya dengan mencari tahu terlebih dahulu job desk yang akan kamu kerjakan nanti dapat membuatmu lebih mempersiapkan diri. Bagi fresh graduate, dengan mencari tahu job desk yang akan di kerjakannya nanti dapat membantu dirimu dalam mempersiapkan skill dan mental. Supaya ketika mulai bekerja tidak kaget dengan beragam tugas yang diberikan dari atasan.

3. 3. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

persyaratan

persyaratan via https://www.pexels.com

Advertisement

Sangat penting untuk memperhatikan syarat dan ketentuan. Bila kamu memenuhi kriteria yang di cari oleh perusahaan tersebut, maka ada kemungkinan bagimu untuk lolos seleksi. Setidaknya lolos di tahap administrasi dulu lah. Lalu bisa lanjut ke tahap berikutnya yaitu interview atau wawancara.

4. 4. Perhatikan Jam Kerja

Jangan lupa untuk memperhatikan jam kerja yang berlaku di perusahaan tersebut ya sobat! Setiap perusahaan sudah memiliki ketentuannya sendiri terkait dengan jam kerja bagi para karyawannya. Bila di rasa jam kerja tersebut kurang fleksibel atau tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, ada baiknya kamu pikir ulang.

Jangan karena tergiur gaji dan bonus yang besar, lantas kamu mengiyakan tanpa memikirkan resiko di balik itu semua.

5. 5. Sesuaikan Kemampuan

Advertisement

Ini juga penting lho gaiss. Memperhatikan kemampuan yang kamu miliki. Jangan karena tergiur oleh gaji yang tinggi atau posisi jabatan yang strategis lantas kamu tidak memperhatikan kemampuan yang kamu miliki.

Jangan terlalu memaksakan diri bila tidak sesuai atau tidak berkompeten dengan bidang yang sedang di cari oleh perusahaan tersebut. Meskipun dari perusahaan tersebut biasanya memberikan pelatihan atau masa training kepada karyawan barunya, namun ada baiknya bila kamu pun juga memperhatikan skill yang kamu punya. Bisa-bisa pekerjaan yang kamu kerjakan malah tidak beres dan membuatmu jadi tertekan.

Memang semua itu bisa di pelajari, akan tetapi ada baiknya kamu pun juga bisa menyesuaikan kemampuan dengan bidang yang kamu minati.

6. 6. Perhatikan CV dan Surat Lamaran

CV yang menarik biasanya akan menjadi nilai plus tersendiri untukmu. Buat CV dengan semenarik mungkin dengan content yang menerangkan dengan jelas profilmu. Begitu pula dengan surat lamaran kerja. Bila perusahaan tersebut menginginkan surat lamaran kerja di tulis tangan, maka tulislah yang rapi dan jelas agar mudah di baca. Biasanya tulisan tangan juga menjadi salah satu cara bagi perusahaan tersebut untuk mengenali kepribadian kamu lho. So, jangan sampai tulisanmu sulit untuk dibaca yaa!

7. 7. Waktu

Ini juga sangat penting gaiss! Perhatikan batas waktu pengumpulan berkas berakhir. Jangan sampai melebihi dari batas yang sudah di tentukan. Atau kamu mengumpulkannya di saat-saat terakhir batas waktu yang sudah ditetapkan. Sebisa mungkin berkas yang berisi syarat dan ketentuan tersebut kamu kirim dengan tepat waktu. Hal tersebut menandakan bahwa kamu serius dan sungguh-sungguh ingin menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk cek ulang semua berkas sebelum diberikan kepada pihak HRD atau bagian yang bersangkutan.

8. 8. Perhatikan Setiap Tahapan

Biasanya suatu perusahaan akan memberikan informasi seputar tahapan-tahapan yang akan di lewati oleh para pelamar kerja. Jadi tetap perhatikan yaa. Jangan sampai ada yang terlewat. Biasanya tahapan-tahapan tersebut akan diberitahukan via email atau pesan singkat. Jangan bosan untuk rutin cek email dan ponselmu yaa.

9. 9. Percaya Diri

percaya diri

percaya diri via https://www.pexels.com

Percaya diri adalah kunci agar kamu berani tampil di depan umum. Termasuk saat akan melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Jangan minder hanya karena banyak saingan yang juga ikut melamar di perusahaan yang sama denganmu. Kamu harus tampil percaya diri dan yakin dengan kemampuanmu. Bila memang perusahaan tersebut belum menjadi jodohmu, maka jangan sedih. Ber-positif thinking saja bahwa suatu saat nanti kamu akan mendapat ganti yang lebih baik dari itu. Tetap asah dan terus belajar untuk meningkatkan skill-mu. Siapa tahu ada perusahaan yang diam-diam tertarik padamu lantas memanggilmu dan menjadikanmu bagian darinya.

Tetap semangat untuk kamu yang saat ini sedang berproses untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu serta kepribadianmu. Jangan lekas menyerah! Bila belum beruntung, bangkit dan coba lagi sampai kamu berhasil. Good Luck sobat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya