9 Kemiripan Serial Drama Korea Oh My Venus dan The Legend of the Blue Sea

Warna dan alur cerita yang tampak senada.

Sekilas kedua serial drama negeri gingseng ini sangat bertolak belakang. Dimana kisah Oh My Venus bercerita tentang seorang pengacara wanita yang dicampakkan sang kekasih setelah 15 tahun berkencan dengan alasan berat badan, akhirnya mendapat bantuan pelatih pribadi handal. Sedangkan kisah The Legend of the Blue Sea bercerita tentang sesosok puteri duyung dari era Joseon yang terdampar di Seoul masa kini, lalu bertemu penipu yang punya ikatan dengan seseorang yang ia kenal di masa lalu.

Dari kedua sinopsis singkat diatas, kedua serial drama ini terlihat berbeda bukan? Akan tetapi kita bisa mulai menyadari kemiripannya sesudah kita menontonnya dengan lebih fokus di setiap episode hingga pada episode terakhir. Mari simak beberapa kemiripan yang bisa kita jumpai dari kedua serial drama Korea yang telah tayang perdana di akhir tahun 2015 dan 2016 ini!

1. Dari Dunia yang Berbeda

Photo by Pinimg

Photo by Pinimg via https://i.pinimg.com

Jika itu The Legend of The Blue Sea, maka sudah sangat jelas bahwa kedua pemain utama pria dan wanita punya dunia atau asal usul (secara fisik) yang jauh berbeda. Dimana si pemain utama pria atau Heo Joon Jae merupakan manusia secara utuh, sedangkan si pemain utama wanita atau Shim Chung adalah sesosok puteri duyung.

Lalu, bagaimana dengan Oh My Venus? Perbedaan dunia apa yang ada dalam serial drama ini? Jika, kita telah dengan saksama menonton serial drama ini, maka kita akan dengan mudah menyadari bahwa di beberapa episode awal sang pemeran utama pria dan wanita beberapa kali menyebutkan kata “..di luar duniaku.”

Dan ternyata artian ini merujuk pada asal-usul (secara sosial) yang tidak sama, dimana si pria atau Kim Young Ho berasal dari keluarga super kaya raya di Korea Selatan, sedangkan si wanita alias Kang Joo Eun hanya seorang pengacara dari sebuah keluarga yang sangat sederhana – dibebani banyak hutang.

Ada kemiripan, bukan?

2. Ketidaksengajaan Bertemu Di Luar Negara Asal

Photo by Pinimg

Photo by Pinimg via https://i.pinimg.com

Oh My Venus merupakan serial drama Korea Selatan yang muncul lebih awal satu tahun dari The Legend of the Blue Sea – di bulan November 2015, ternyata telah lebih dahulu merancang alur untuk pertemuan awal kedua pemeran utamanya di luar negara Korea Selatan. 

Seperti kita tahu, Kim Young Ho dan Kang Joo Eun dalam serial drama Oh My Venus mengalami perjumpaan awal tanpa unsur kesengajaan di dalam pesawat yang hendak membawa mereka dari Amerika menuju Korea Selatan.

Hampir serupa, dalam The Legend of the Blue Sea juga menampilkan sebuah pertemuan awal yang tanpa perencanaan atau tidak sengaja dan cukup panjang antara Heo Joon Jae dan Shim Chung di negara Spanyol.

Dari ketidaksengajaan ini, akhirnya mereka mengalami pertemuan yang lebih intens, dan akhirnya berhasil menumbuhkan benih-benih cinta diantara kedua pemain utama, baik yang ada dalam serial drama Oh My Venus ataupun The Legend of the Blue Sea.

3. Tokoh Utama Pria Menonjol

Photo by Pinimg

Photo by Pinimg via https://i.pinimg.com

Baik Kim Young Ho (Oh My Venus) ataupun Heo Joon Jae (The Legend of the Blue Sea), keduanya memiliki karakter yang kuat pada dua serial drama ini.

Kekuatan krakter ini sudah ditonjolkan di awal cerita. Dimana Kim Young Ho ternyata memiliki bakat sebagai seorang pelatih pribadi untuk para atlet kelas Internasional yang dikenal dengan nama John Kim.

Dan untuk Heo Joon Jae, dirinya ditampilkan di awal sebagai pria yang pintar dalam berkata-kata bahkan mempunyai kemampuan menghipnotis. Semua kemampuan ini dia gunakan untuk dirinya semakin ulung dalam pekerjaan menipunya. 

4. Tokoh Utama Pria Memiliki Dua Sahabat

Photo by Pinimg

Photo by Pinimg via https://i.pinimg.com

Oh My Venus ataupun The Legend of the Blue Sea sama-sama memiliki tokoh utama pria yang memiliki dua sahabat yang tinggal di satu rumah yang sama (di rumah tokoh utama). Kehadiran dua sahabat ini bagi kedua serial drama ini sangat besar pengaruhnya, karena mampu memberikan warna dan kesegaran melalui keunikan karakter mereka masing-masing.

Dalam Oh My Venus, tokoh utama pria, Kim Young Ho memiliki dua sahabat. Dimana yang satu, Jang Joon Sung atau nama lainnya Korean Snake mempunyai karakter yang serius (cool – cenderung pendiam) dan kuat sebagai seorang juara seni bela diri campuran. Di dalam hidupnya, setelah dia bertemu dengan Young-ho, dia dididik untuk selalu terbiasa dengan menjaga berat badan dan rajin berlatih. Joon-sung mendapat label pria berotot dari si pemeran utama wanita, Kang Joo Eun.

Selain Joon-sung, Young-ho juga memiliki satu sahabat lagi bernama Kim Ji Woong. Dia ini juga merangkap sebagai manager dari Joon-sung. Ji-woong adalah sarjana lulusan kampus Harvard yang memiliki cita-cita menjadi marinir Korea, ya meskipun dia sebenarnya tidak terlalu fasih berbahasa Korea. Ji-woong memerankan karekter yang manis, hangat, ceria, dan cukup lucu.

Untuk The Legend of the Blue Sea, sang pemeran utama, Heo Joon Jae,  memiliki sahabat bernama Jo Nam Doo dan Tae-Oh. Untuh Tae Oh, dia memiliki karakter yang kuat sebagai seorang ahli dalam komputer dan pintar untuk membajak sistem. Meskipun begitu, Tae-oh cenderung pendiam (cool). Hal ini hampir mirip dengan karakter Joon-sung dalam Oh My Venus.

Dan untuk Nam-doo, karakter sahabat tokoh utama ini menyerupai Ji-woong, dia cukup lucu dan mampu memberikan keceriaan dengan tingkah konyolnya. Bedanya, Nam-doo sedikit mata duitan.

5. Tokoh Utama Pria Memiliki Ibu Tiri

Photo by Pinimg

Photo by Pinimg via https://i.pinimg.com

Dalam kedua serial drama ini, kedua tokoh utama pria, Kim Young Ho maupun Heo Joon Jae, sama-sama memiliki ibu tiri.

Bedanya, ibu tiri Kim Young Ho adalah wanita yang lembut dan baik hatinya. Dia dengan begitu tulus mau menjaga dan merawat nenek Young-ho, padahal itu bukan ibu dari suaminya (mertua kandung), melainkan ibu dari mendiang isteri suaminya. Kebaikan hatinya semakin terlihat ketika dia berusaha menyelamatkan Young-ho yang akan dicelakai oleh abang kandungnya, yang bahkan membuatnya terluka dan harus dirawat di rumah sakit.

Berbeda dengan ibu tiri Young-ho dalam serial drama Oh My Venus, ibu tiri Heo Joon Jae dalam The Legend of the Blue Sea dikenal sangat jahat dan licik. Bahkan, dia sangat mata duitan. Dia lah yang berpengaruh akan dinginnya hubungan Heo Joon Jae dengan sang ayah, bahkan membuatnya terpisah dengan ibunya.

Kejahatannya semakin terlihat di beberapa episode terakhir, dimana dia tega meracuni suami atau ayah dari Heo Joon Jae. Bahkan, dia juga yang merancangkan penculikan dan pembunuhan terhadap Heo Joon Jae.

Selain ibu tiri, kedua tokoh utama dalam dua serial drama Korea ini juga memiliki saudara laki-laki dari pihak ibu tiri. Dimana yang satu saudara tiri satu ayah dengan karakter baik dan tulus, dan yang lainnya saudara tiri yang dibawa dari pihak ibu tiri (dari suami terdahulunya), dengan karakter yang menyeramkan di akhirnya akibat kekecewaan dan perasaan iri hati.

6. Tokoh Utama Wanita Tinggal Di Rumah Tokoh Utama Pria

Photo by Pinimg

Photo by Pinimg via https://i.pinimg.com

Keduanya menceritakan tokoh utama wanita yang terpaksa tinggal satu rumah dengan tokoh utama pria.

Untuk serial drama Oh My Venus, Kang Joo Eun terpaksa menumpang tinggal di rumah tokoh utama pria, Kim Young Ho, karena alasan penguntit. Namun, tinggalnya Joo-eun di rumah Young-ho tidak untuk selamanya atau bertahan hingga di episode terakhir. Melainkan, tepat di episode ke 10, Joo-eun diceritakan menemukan tempat tinggal yang baru dan berpindah dari rumah Young-ho.

Sedangkan, dalam The Legend of the Blue Sea, Shim Chung yang seorang puteri duyung memang terpaksa ditampung di rumah Heo Joon Jae karena tidak memiliki tempat tinggal di Seoul, Korea Selatan – mengingat tempat asalnya di laut Mediterania. Berbeda dengan Oh My Venus, di dalam serial drama ini, Shim Chung tidak pernah merancangkan pindah tempat tinggal dan selalu berada di rumah Heo Joon Jae.

7. Tokoh Utama Mengalami Perpisahan yang Lama

Photo by Pinimg

Photo by Pinimg via https://i.pinimg.com

Dikarenakan kecelakaan yang diakibatkan oleh paman tirinya, kaki Kim Young Ho akhirnya terluka parah dan membuatnya tidak bisa berjalan lagi. Sehingga, dia harus menjalani pengobatan yang cukup lama di dalam maupun di luar Korea Selatan. Perlu waktu kurang lebih satu tahun untuk akhirnya Young-ho sembuh, dapat berjalan kembali, dan akhirnya mau bertemu kembali dengan sang pujaan hati, Joo-eun.

Punya kemiripan yang besar, Heo Joon Jae yang diculik dan hendak dibunuh oleh ibu dan saudara tirinya akhirnya harus melihat sang kekasih, Shim Chung, mengorbankan diri untuk melindunginya dari tembakan si saudara tiri. Pasca ditembak dan pulang dari rumah sakit, ternyata Shim Chung sebagai sesosok putri duyung perlu untuk memulihkan dirinya dengan kembali ke laut. Dia baru kembali dan mencari Heo Joon Jae setelah tiga tahun lamanya berpisah. Proses penantian ini, baik oleh Joo-eun (Oh My Venus) ataupun Heo Joon Jae (The Legend of the Blue Sea) telah berhasil membuat kedua serial drama ini sangat emosional penuh linangan air mata.

8. Tokoh Utama Wanita Akhirnya Hamil

Photo by Pinimg

Photo by Pinimg via https://i.pinimg.com

Di dalam episode terakhirnya, kedua serial drama ini menyajikan akhir yang sangat dinanti-nantikan para penontonnya. Dimana keduanya memberikan akhir yang bahagia, baik Joo-eun ataupun Shim Chung sama-sama hidup bahagia bersama para tokoh utama pria, bahkan keduanya ditunjukkan sedang mengandung atau hamil. Karena akhir yang seperti ini, akhirnya banyak penontonnya yang ingin agar kedua serial drama ini memiliki lanjutan atau season lanjutannya.

9. Menemukan Ibu Kandung

Photo by Pinimg

Photo by Pinimg via https://i.pinimg.com

Poin terakhir ini, adalah poin tambahan yang akan membuat kita semakin sadar bahwa ada keterikatan diantara kedua serial drama ini. Di dalam serial drama Oh My Venus, memang bukan tokoh utama pria dan wanita yang kehilangan ibu kandung, melainkan sahabat tokoh utama pria, yaitu Jang Joon Sung. Dia sudah terpisah dengan ibunya sejak kecil karena ibunya di penjara.

Namun, berkat bantuan tokoh utama wanita, Joo-eun, Joon-sung akhirnya bisa menemui ibu kandungnya dan mengalami pemulihan hubungan. Di dalam The Legend of the Blue Sea, tokoh utama pria lah yang terpisah dengan ibu kandungnya. Tapi, lagi-lagi sama, karena sang tokoh utama wanita, Shim Chung, Heo Joon Jae sebagai tokoh utama pria akhirnya bisa bertemu dan tinggal bersama lagi dengan ibu kandungnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Shangrila.(n) ; any place of complete bliss and delight and peace→The Lost Horizon, James Hilton(England,1933)™ Passion Never Weak