9 Rahasia Blogger Sukses untuk Membuat Tulisan yang Menarik

Jadikan tulisan Anda hidup dan mengalir. Yang membuat pembaca dapat menikmati setiap katanya

Menulis di blog, itu terlihat keren. Tapi bukan hanya itu, ketika Anda tumbuh profesional, tulisan Anda bisa menghasilkan pendapatan yang luar biasa. Pertanyaannya, bagaimana cara menulis yang hebat? Yang tulisannya mampu menginspirasi dan mempengaruhi orang? Jika Anda tertarik, maka teruslah membaca.  

Apakah Anda terdengar lebih pintar, ketika Anda menggunakan Bahasa yang tinggi? Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Applied Cognitive Psychology, jawabannya adalah tidak.

Bahkan, penulisan menggunakan bahasa tinggi dengan berbagai istilah rumit, membuat Anda terlihat berpikiran kecil. 

Untuk terdengar pintar, Anda harus berhenti berusaha terlihat pintar. Tulisan brilian adalah, tulisan sederhana, ide yang relevan disampaikan dengan jelas dan langsung. Dan mudah dimengerti oleh banyak orang. Ingat, saat Anda menulis, berpikirlah bahwa; tulisan Anda mungkin akan dibaca oleh berbagai kalangan orang. Kecuali Anda memang membuat karya ilmiah, yang tujuannya spesifik dan ekslusif.

Berikut adalah 9 rahasia blogger suskes untuk bisa mulai terlihat cerdas dari tulisan Anda:

Advertisement

1. Ada sesuatu untuk dikatakan

Tehnik Copywriting

Tehnik Copywriting via http://bit.ly

Ini membuat penulisan lebih mudah dan lebih cepat. Ketika Anda tidak memiliki apa-apa untuk dikatakan, Anda dipaksa untuk menulis kalimat yang terdengar bermakna, tetapi justru tidak menghasilkan apa-apa.

Tips. Ambil catatan. Pilih subjek Anda dengan bijak. Kemudian bagikan informasi Anda dengan pembaca. Gunakan Bahasa langsung. Contoh; Saya memiliki informasi berharga yang didapat dari sebuah buku, tentang bagaimana menjadi penulis hebat. Saya ingin berbagi tentang itu. Dan berharap, dapat bermanfaat untuk pembaca. 

Advertisement

2. Lebih spesifik

Garuda WebDev

Garuda WebDev via https://www.garuda.website

Pertimbangkan dua kalimat:

Saya menanam banyak bunga di halaman rumah saya.
Saya menanam 4 varietas bunga di halaman rumah saya, diantaranya mawar merah, adenium, aster warna ungu dan putih, serta kembang sepatu.

Mana yang lebih menarik? Mana yang membantu Anda melihat halaman rumah saya?

Advertisement

3. Pilih kata-kata sederhana dengan kalimat pendek

Pediars.org

Pediars.org via https://pediars.org

Kesederhanaan itu, membuat semuanya menjadi lebih mudah. Kalimat yang tertata baik, akan memudahkan pembaca untuk memahami pesan yang ingin Anda sampaikan. 

Gunakan kata-kata yang lebih panjang, hanya jika artinya sangat spesifik. Saat, tidak ada kata lain yang dapat dipenggal. Cobalah Anda kembai melihat ke atas. Saya berupaya semaksimal mungkin untuk memenggal kalimat dengan cepat. 

Saya berupaya untuk membuat kalimat yang ringkas, padat, jelas, dan langsung.  Anda harus membuat kalimat pendek. Alasannya, membuat paragraf pendek: membuat orang lebih mudah membaca dan dipahaminya.

Setiap kalimat harus memiliki satu pemikiran sederhana. Lebih dari itu, maka akan menciptakan kompleksitas dan mengundang kebingungan.

4. Gunakan kalimat aktif

Dalam bahasa Inggris, pembaca lebih suka urutan kalimat SVO: Saya Indonesiakan menjadi SKO; Subjek, Kata Kerja, Objek. Ini adalah suara aktif.

Sebagai contoh:
Kalimat pasif membuat orang bosan.

Ketika Anda membalik urutan aktif, Anda memiliki OKS atau urutan pasif: Objek, Kata Kerja, Subjek.

Sebagai contoh:
Orang-orang bosan dengan kalimat pasif. Anda tidak selalu dapat menggunakan kalimat aktif, tetapi sebagai penulis, harus menggunakannya lebih sering.Setiap memungkinkan, maka gunakanlah kalimat aktif. 

5. Buat paragraf singkat

Disway.id

Disway.id via https://www.disway.id

Lihatlah koran apa saja. Dan perhatikan paragraf pendeknya.

Itu dilakukan untuk membuat membaca menjadi lebih mudah, karena otak kita menerima informasi dengan lebih baik, ketika itu dibagi menjadi potongan-potongan kecil. Dalam penulisan akademis, setiap paragraf mengembangkan satu ide. Dan sering memasukkan banyak kalimat. Tetapi dalam tulisan sehari-hari, gaya tersebut tidak membuat pembaca nyaman.

Paragraf bisa sesingkat satu kalimat atau bahkan satu kata. Saya merekomendasikan Anda, membaca tulisan Dahlan Iskan. Pemilik salah satu surat kabar terbesar di Indonesia. Saya ingin, Anda melihat tulisan di blog pribadinya. Disway. Dia menceritakan perang dagang antar negara yang begitu rumit. Dengan sangat sederhana.Bahkan, membuat kita yang tidak memahami politik luar negeri, dapat menikmati tulisan politiknya. 

6. Hilangkan kata-kata kasar

Wavellroom.com

Wavellroom.com via https://wavellroom.com

Kata-kata yang memenuhi syarat, seperti sangat, sedikit, dan lebih tepatnya, tidak menambahkan apa pun pada makna Anda. Dan itu, menyedot kehidupan dari kalimat Anda.

Sebagai contoh:
Sangat penting untuk menghindari kata-kata kasar. Karena, kata-kata itu agak kosong. Dan kadang-kadang, sedikit mengganggu.

Mark Twain menyarankan agar Anda “Mengganti ‘sialan’ setiap kali Anda cenderung menulis; editor Anda akan menghapusnya. 

Jangan mengoceh;

Cerewat adalah masalah besar bagi banyak penulis. Tidak sebesar masalah lain, seperti asuransi kesehatan yang mahal, Presiden kita yang selalu keluar negeri, atau Timur Tengah, yang telah menjadi masalah, selama beberapa dekade karena perselisihan mengenai wilayah. Lihatlah, kalimat di atas.

7. Jangan berlebihan 

Jangan berlebihan

Jangan berlebihan via https://id.pinterest.com

Selain itu, jangan terus menulis hal yang sama berulang kali. Dengan kata lain, ucapkan sesuatu sekali saja. Karena ketika Anda mengulangi atau terus menulis hal yang sama, pembaca Anda tertidur.

Jangan menulis terlalu banyak. Ini adalah gejala memiliki terlalu sedikit untuk dikatakan atau terlalu banyak ego. Tempatkan pembaca Anda terlebih dahulu. Tempatkan diri Anda di latar belakangnya. Fokus pada pesan.

Sebagai contoh:

Anda dapat secara instan dan dramatis meningkatkan keterampilan menulis blog Anda. Dan segera meledak keuntungan Anda dan meroket kesuksesan online Anda dengan mengikuti tips spektakuler, sederhana, dan praktis yang ditemukan dalam posting blog gratis baru yang inovatif ini.

Edit dengan kejam

Persingkat, hapus, dan tulis ulang apa pun yang tidak menambah arti. Tidak apa-apa menulis dengan gaya kasual, tapi jangan menyuntikkan kata-kata tambahan tanpa alasan kuat.

Untuk mempermudah ini, pisahkan tulisan Anda menjadi tiga langkah: 1) Tuliskan seluruh teks. 2) Sisihkan teks Anda selama beberapa jam atau hari. 3) Kembali ke teks Anda dan edit.

8. SEO friendly (Opsional)

Dalam dunia blogging adalah istilah konten SEO Friendly. Ini lebih tentang tehnik untuk mengoptimasi tulisan yang kita buat agar berpotensi mendapat peringkat di mesin pencari. 

Tentang bagaimana menentukan dan menempatkan kata kunci pada tulisan. Dan ada beberapa hal lain yang diperlukan untuk keperluan optimasi agar SEO Friendly. Anda dapat baca di; 8 Tips SEO untuk Blogger Versi Hipwee

9. Penutup

Logo Hipwee

Logo Hipwee via https://www.hipwee.com

Tidak seorang pun dari kita yang bisa menjadi penulis yang sempurna, dan tidak ada yang mengharapkan kita menjadi penulis yang sempurna. 

Namun, kita semua dapat meningkatkan gaya dan tulisan menjadi lebih cerdas. Menarik dan hidup. Yang membuat pembaca mendapat manfaat darinya. 

Untuk panduan menulis versi Hipwee, Anda dapat download; disini

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Blogger yang suka makan pedasss..

CLOSE