Indahnya Sumatra Barat

Siapa sih yang kenal makanan Sate Padang? Pasti kalian yang menyukai sate padang pasti tahu dong sate padang berasal dari daerah mana? Selain makanan sate, dan rendang yang lezat, Sumatra Barat mempunyai wisata yang sangat indahh dan nggak kalah indahnya dengan wilayah Indonesia di bagian timur. Buat kalian yang belum pernah mengunjungi daerah tersebut, WAJIB ke tempat 10 tempat wisata ini ya guys!!

1. Danau Biru (Sawah Lunto)

Danau biru ini terletak di daerah Sawahlunto untuk perjalanan kesana kalian melewati tempat wisata alam kandiah. Untuk tiket masuk GRATIS hanya membayar parkir motor saja. Saya saranin untuk ke sini menggunakan motor. untung para Hipwee yang ingin menggunakan mobil boleh saja, tapi? Jalan ini cukup membuat jantung dag-dig-dug.


Lokasi Danau Biru: Tumpuak Tangah, Talawi, Sawah Lunto City, West Sumatra


2. Istana Baso Pagaruyuang

Istana pagaruyuang

Istana pagaruyuang via https://www.google.co.id

Advertisement

Istano Basa (Istana Besar) yang lebih dikenal dengan nama Istana Pagaruyung ini merupakan replika istana peninggalan Kerajaan Pagaruyung. Bangunan aslinya sudah terbakar pada tahun 1804 akibat kerusuhan. Awalnya, istana ini dibangun untuk tempat tinggal keluarga kerajaan, isi Istana Baso Pagaruyuang ini tentang pakaian, senjata, peninggalan kerjaan minang, selain itu kalian bisa mencoba pakaian daerah sumbar dengan menyewa Rp25.000,00. Untuk biaya masuknya 5000 saja!


Lokasi Istana Basa Pagaruyuang: dekat denga daerah Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar


3. Puncak Mandeh

Puncak Mandeh

Puncak Mandeh via https://www.google.co.id

Kawasan Mandeh merupakan merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan ​pulau-pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Tidak heran apabila Kawasan Mandeh ini terkenal di Indonesia maupun di tingkat internasional.

Advertisement

Buat Kalian hipweers, yang ingin ke Raja Ampat tapi jauh dan mahal? Kalian bisa kunjungi puncak mandeh ini lho! Puncak mandeh ini Raja Ampatnya Sumatera Barat lho.


Lokasi Wisata Mandeh : Keberangkatan Kawasan Mandeh. bisa melalui Pantai di Pulau Kapo-kapo atau pantai carocok. dengan menepuh perahu speed boot dalam waktu 30 menit.


4. Jam Gadang

Para Hipweers tidak asing lagi kan dengan jam gadang? Jam gadang (Jam Besar) ini merupakan icon dari bukit tinggi lho. Menurut turis yang pernah berkunjung ke jam gadang, jam gadang ini seperti menara bigbag di Inggris. Di dekat Jam Gadang ini terdapat Bendi (Delman) bendi ini berguna untuk mengantarkan para turis keliling daerah sekitar jam gadang.

Para Hipwe ingin membeli oleh-oleh? Jangan kawatir di kawasan jam gadang ini lengkap sekali lho, ada pasar ateh namanya, pasar ateh ini menjual oleh-oleh mulai dari gantungan kunci, miniatur rumah gadang atau jam gadang, serta kripik singkong balado!

Satu lagi nih yang nggak boleh ketinggalan, kalian harus nyobain nasi Kapau ya! Nasi kapau yang terkenal itu nasi kapau UNI, kalian tinggal turun kebawah dideket pangkalan angkot kalian bakal nemuin Nasi Kapau UNI di sana!


Lokasi: Kota Bukittinggi


5. Puncak Lawang

Puncak Lawang

Puncak Lawang via https://www.google.co.id

Puncak lawang ini merupakan dataran tinggi yang terletak di kabupaten agam. Dari atas puncak lawang kalian bisa melihat pemandangan Danau Manjinjau yang super duper keren. Oh iyaa, kalian bisa menikmati outbound di puncak lawang lho dengan harga Rp25.000,00 kalian bisa menaikinya. Untuk harga tiket masuk dikenakan Rp10.000,00.

Kalian pergi ke sini tidak akan kecewa deh!!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya