Agar Ramadanmu Lebih Bermakna, Lakukan 5 Persiapan Terbaik Ini Untuk Menyambutnya

Bulan suci yang akan tiba beberapa hari lagi

Tanpa kita sadari waktu berlalu begitu cepat dan Ramadan akan dimulai dalam beberapa hari. Bulan ke sembilan dalam kalender Hijriah ini menjadi momen yang dinantikan oleh setiap umat Islam di berbagai belahan dunia. Karena keistimewaan bulan Ramadan, tentu kita ingin memanfaatkan bulan tersebut sebaik-baiknya. 

Sebagai langkah pertama, kita perlu mempersiapkan diri baik secara fisik ataupun spiritual agar ibadah kita di bulan Ramadan menjadi lebih optimal. Kita bisa memulainya dengan membuat perencanaan yang baik, lalu pastikan untuk mencapai semua tujuan tersebut sebelum Ramadan benar-benar berakhir. Simak beberapa hal penting yang perlu kamu siapkan untuk menyambut Ramadan berikut ini

Advertisement

1. Menjaga kondisi fisik untuk mendukung aktivitas penuh selama bulan suci

Photo by @zallibhai on Instagram

Photo by @zallibhai on Instagram via https://www.instagram.com

Jelang Ramadan ini, kondisi fisik menjadi hal yang tak kalah penting untuk mempersiapkan diri menjalani ibadah puasa. Saat puasa, bukan berarti kita tidak ada kegiatan fisik sama sekali, justru di bulan tersebut aktivitas kita menjadi ekstra. Puasa sepanjang hari, melakukan pekerjaan, mengerjakan berbagai ibadah tambahan, semua aktivitas itu membutuhkan lebih banyak energi dari yang biasa kita butuhkan sehari-hari.

Karena itu penting bagi kita untuk mempersiapkan fisik dengan baik, misalnya memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, tidak makan berlebihan, atau melakukan olahraga ringan selama beberapa menit. Dengan demikian, tubuh kita tidak akan kaget dengan perubahan selama bulan puasa berlangsung.

Advertisement

2. Menentukan daily goals agar konsisten memenuhi target ibadadah Ramadan

Photo by Pixabay on Pexels

Photo by Pixabay on Pexels via https://www.pexels.com

Seringkali kita merasa Ramadan berlalu begitu cepat. Belum melakukan banyak hal, tapi Ramadan hanya memiliki beberapa hari yang tersisa, karenanya penting buat kamu menentukan tujuan yang jelas sejak awal. Membuat target amalan harian akan membantu kamu untuk tetap konsisten menjalankan berbagai ibadah di bulan Ramadan.

Misalnya, berapa ayat Alquran yang ingin kamu baca setiap hari, melakukan salat malam secara rutin, atau berapa sedekah yang ingin berikan. Cara paling sederhana adalah dengan membuat daftar Ramadan checklist sebagai pengingat untuk mencapai target tersebut. Untuk para Mom, bisa juga menjadikan Ramadan checklist ini sebagai solusi mendispinkan ibadah anak, lho.

3. Gali kembali pengetahuanmu seputar Ramadan

Advertisement
Photo by Gabbi K on Pexels

Photo by Gabbi K on Pexels via https://www.pexels.com

Selama ini kita mungkin melupakan tentang ketentuan-ketentuan ibadah Ramadan. Pengetahuan tentang keutamaan Ramadan, amalan ibadah apa yang sebaiknya dilakukan atau hal apa saja yang dapat mengurangi nilai ibadah kita, kita perlu mempersiapkan semua pengetahuan itu untuk menyambut bulan tersebut.

Sebagai bentuk upayanya, kita dapat membekali diri melalui berbagai referensi yang saat ini dapat ditemukan dengan mudah, seperti buku, artikel atau kajian online dan sebagainya.

4. Sempatkan untuk membaca dan mempelajari makna ayat-ayat Alquran

Photo by Abdullah Ghatasheh on Pexels

Photo by Abdullah Ghatasheh on Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu ibadah yang dilakukan banyak orang di bulan Ramadan adalah membaca Alquran. Karena Alquran diturunkan di bulan tersebut, maka pastikan agar kita berusaha fokus untuk membaca dan memahami Alquran.

Bahkan jika belum mahir membacanya sekalipun tidak masalah, kita dapat menjadikan bulan suci ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki bacaan. Jangan lupa membaca terjemahnya dalam bahasa apapun yang kamu pahami atau mencari referensi terpercaya yang mengkaji makna Alquran secara rinci.

5. Membuat list doa dan perbanyak ibadah sunah

Photo by Human Appeal

Photo by Human Appeal via https://www.humanappeal.org.uk

Momen Ramadan dapat kita jadikan untuk mempelajari beberapa doa dari Alquran ataupun Hadis. Pastikan di bulan tersebut kamu tidak melewatkan doa untuk kebaikan dan hal-hal penting di hidupmu. Selain itu, ide bagus lainnya di bulan Ramadan adalah menyempatkan untuk melakukan amalan sunah.

Jika di bulan-bulan biasa kita selalu bermalas-malasan untuk melakukannya, maka di bulan istimewa ini saatnya kita melakukan ibadah lebih banyak. Namun, hal paling penting ialah tetap menjaga niat kita tetap lurus semata-mata untuk mengharap rida-Nya. Dengan begitu, kita akan dimudahkan untuk melakukan kebaikan-kebaikan.

Itulah 5 persiapan fisik dan spiritual yang perlu kita lakukan untuk menyambut Ramadan, semoga semua persiapan yang diusahakan akan membawa kita pada Ramadan terbaik dan mengubah kita menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sedang tumbuh dewasa

CLOSE