Patah hati memang membuat harimu kelabu, tak bersemangat, dan dan raut wajah yang mendung memang reaksi alami patah hati. Emang nggak mudah melepas kepergian seseorang yang sudah lama mengisi hati, apalagi hubungan yang terjalin sudah berjalan tahunan. Bukan hanya perihal putus cinta aja, tapi patah hati juga bisa disebabkan oleh cemburu atau bahkan dikhianati. Rasanya memang terasa panas menjalar di dada, ihwal urusan hati memang tak ada yang tau.

Kecewa yang mendalam sudah pasti, tapi jangan hanya meratapi kesedihan saat patah hati, 7 hal ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi patah hatimu dengan cara yang sehat.

1. Menangislah sepuasnya, jangan membohongi diri sendiri dengan berpura-pura kamu baik-baik saja, pura-pura bahagia butuh banyak tenaga lho!

Girl Crying Over

Girl Crying Over via http://pinterest.com

Menangis merupakan reaksi alami saat hatimu merasa kalut dan kecewa, karena dengan menangis semua akan lebih melegakan. Patah hati memang butuh waktu untuk pulih kembali, untuk itu jangan bohongi dirimu sendiri dengan seolah-olah kamu baik baik saja. Ikuti saja perasaanmu, sedih ya silakan sedih. Justru dengan begitu, kamu akan cepat sadar menerima kenyataan bahwa memang begitu adanya.

2. Intropeksi diri, cobalah lihat segala masalah dari berbagai macam sudut pandang

Look into Yours

Look into Yours via http://pinterest.com

Alih-alih menyalahkan si dia yang menyakiti hatimu, jangan tutup kuping dan menghibahkan segala permasalahan padanya, cobalah intropeksi pada dirimu sendiri. Kesalahan apa yang kamu lakukan sehingga semuanya terjadi, dengan begitu kamu akan menjadi lebih dewasa mengatasi segala masalah.

3. Menulislah, karena menulis membebaskan jiwa dan pikiran

writing is healing

writing is healing via https://www.flickr.com

Advertisement

Luapkan amarahmu dengan tulisan, berteriaklah dengan tulisan. Menulis juga bisa menjadi terapi patah hati lho! James Pennebaker membuktikan bahwa menuliskan segala perasaan akan membawa pengaruh yang positif bagi kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Melalui risetnya, James mengungkapkan bahwa seseorang yang menulis diari memiliki kekebalan tubuh yang baik ketimbang yang tidak.

4. Berkumpul dengan teman-teman, berada ditengah keramaian membuat kamu tak melulu dirundung rasa sedih

yang penting ngumpul!

yang penting ngumpul! via http://pinterest.com

Hiburan yang sederhana adalah berkumpul bersama teman-temanmu, dimanapun tempatnya asal ngumpul, bercengkrama dan tertawa dengan mereka juga bisa membuatmu melupakan kesedihanmu, agar kamu sadar bahwa kamu masih punya mereka yang bisa menghiburmu. Cara tersebut dapat melepaskan hormon endorfin.

5. Jangan balas dendam serahkan segalanya pada Tuhan, hakim yang paling adil

Don't Avange

Don't Avange via http://pinterest.com

Balas dendam hanya membuatmu terjebak dalam lingkaran setan, A menyakiti si B, B balas menyakiti si A, kemudian begitu seterusnya yang hanya membuat hubungan kalian tak sehat. Jika memang sudah kepalang kesal, balas dendamlah dengan cara yang baik, dengan merubah penampilan kalian menjadi lebih baik, meningkatkan prestasi dan ikhlas adalah cara balas dendam yang bijaksana.

6. Jaga jarak sementara, kamu butuh waktu untuk berfikir

Need time

Need time via http://pinterest.com

Advertisement

Kurangi komunikasi secara intens dengan si dia yang melukai hatimu, ada kalanya kamu memberi jarak agar kamu punya waktumu sendiri untuk berfikir mengenai hubunganmu selanjutnya dan menikmati kesendirianmu itu, lakukan hal-hal menyenangkan yang membuat pikiranmu fresh lagi. Kamu bisa olahraga, nonton film, traveling, atau kuliner. Apapunlah itu, asal pikiranmu tak sekalut sebelumnya.

7. Bicaralah, untuk mengevaluasi hubungan kalian

dengarkan

dengarkan via http://pinterest.com

Setelah semuanya tenang, ajaklah si dia bicara empat mata agar permasalahanmu itu menemukan jalan keluarnya dan sebagai evaluasi antara kamu dan si dia agar kalian tak mengulangi kesalahan yang sama lagi kedepannya, dengan adanya evaluasi kalian bisa berproses melalui masalah yang sedang kalian hadapi.

Jangan membuat patah hatimu mematikan perasaan dan semangatmu. Patah hati itu manusiawi kok, asal tetap pada jalur yang semestinya, lakukanlah hal-hal yang menyenangkan, jangan mengurung diri di kamar dan sedih tak berkesudahan. Hey! Buka matamu, lihatlah sekelilingmu. Sadarlah! Hidupmu indah :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya