Minum teh memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Tapi akan berdampak buruk bagi kesehatan bila salah cara konsumsinya.

Sebagai orang Asia, kita memang tidak bisa lepas dari kebiasaan untuk minum teh. Sesekali mengonsumsi teh tidak akan menjadi masalah, tetapi bisa menjadi berbahaya ketika kita mengonsumsinya dengan pola yang salah.

Berikut beberapa hal yang harus dihindari ketika kamu ingin mengonsumsi teh.

1. Minum teh setelah makan

Minum teh setelah makan via https://journal.20fit.co.id

Hasil penelitian dari Bagian Kesehatan Ibu dan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menyatakan bahwa mengonsumsi teh sejam sebelum atau setelah makan akan mengurangi daya serap terhadap zat besi sebanyak 64%.

Advertisement

Pengurangan daya serap tubuh terhadap zat besi itu dikarenakan adanya zat tanin dalam teh. Tanin berperan memengaruhi penyerapan zat besi dari makanan terutama yang termasuk dalam kategori heme non-iron, misalnya padi-padian, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran

2. Minum teh terlalu sering

Minum teh terlalu sering via https://journal.20fit.co.id

Jika kamu mengonsumsi teh hingga 5 cangkir dalam sehari, maka proses reabsorpsi akan lebih banyak mengikat kalsium yang sejatinya masih dibutuhkan tubuh. Artinya terlalu banyak meminum teh akan membuat kalsium yang diserap ikut terbuang melalui urin. Padahal kita tahu bahwa kalsium menjadi nutrisi utama untuk memperkuat tulang dan persendian kita.

3. Minum teh manis yang mengandung pemanis buatan

Minum teh manis yang mengandung pemanis buatan via https://journal.20fit.co.id

Bahaya es teh dengan pemanis bisa menyebabkan terganggunya kesehatan. Pemanis buatan di dalam es teh bisa menyebabkan gula di dalam darah naik dan bisa menjadi penyebab diabetes.

4. Minum teh pada saat perut kosong

Minum teh pada saat perut kosong via https://journal.20fit.co.id

Advertisement

Jika Anda sering membuat teh di pagi hari lalu mengonsumsinya dengan keadaan perut yang kosong, cobalah untuk mengubah kebiasaan ini apalagi kalau Anda memiliki masalah dengan asam lambung. Kandungan kafein yang terdapat di dalam teh akan membuat perut kosong menjadi tidak nyaman, terutama bagi Anda yang tidak kuat dengan kafein. Ada baiknya jika Anda makan roti atau biskuit terlebih dahulu sebelum meminum teh.

5. Minum teh ketika dehidrasi

Minum teh ketika dehidrasi via https://journal.20fit.co.id

Minum teh dingin akan sangat pas diminum saat Anda merasa dehidrasi karena akan terasa sangat menyegarkan tenggorokan. Namun, tahukah Anda bahwa teh justru akan membuat Anda semakin merasa dehidrasi setelahnya? Hal itu dikarenakan oleh sifat diuretik pada daun teh yang sudah dikeringkan yang justru akan menyebabkan dehidrasi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya