Setiap perempuan itu cantik. Perempuan pasti memiliki sisi cantik mereka masing-masing. Beberapa dari mereka juga memiliki rahasia cantiknya sendiri, salah satunya dengan penggunaan make up. Namun, ada juga dari mereka yang bukan penggemar make up. Salah satunya adalah aku.

Aku bukanlah penggemar make up. Aku menggunakan make up hanya dalam kesempatan tertentu. Selain itu, aku menggunakan makeup sebagai cara untuk menghargai diriku sendiri sehingga saat bertemu dengan orang lain tidak akan terlihat lusuh atau terkesan tidak rapi dan bersih. Namun, penggunaan make up-ku sangatlah minimalis dan tipis, hehe. Karena memang aku bukanlah penggemar make up. Bahkan daily atau acara-acara tertentu, make up-ku sama, hanya berbeda warna lipstik saja.

Karena aku bukan penggemar make up, aku pun jarang sekali menggunakan foundation. Bahkan, sampai saat aku menulis artikel ini, aku belum memiliki produk foundation yang klop di wajahku. Nah, untuk kamu yang juga bukan penggemar make up atau make up berat. Mungkin kamu bisa simak perawatan wajah dan make up-ku berikut. Kemudian kamu bisa memodifikasinya sendiri sesuai dengan kebutuhan kulitmu ya. Sebelumnya, aku jelaskan dulu kalau tipe kulitku adalah oily, super duper oily. Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Toner

Koleksi Pribadi

Koleksi Pribadi via http://instagram.com

Kali pertama, aku menggunakan toner. Toner air mawar namanya, namun aku meramunya sendiri. Untuk kamu yang juga ingin meramu toner air mawar tinggal googling aja. Penggunaan toner ini, setelah aku membersihkan wajah dengan 2 tahap, yakni cleansing dan facial foam.

Cara menggunakannya mudah, tinggal tuangkan toner di kapas, kemudian tepukkan ke wajah dengan perlahan. Suhu toner bisa normal atau dingin.

2. Suncreen

Wardah Suncreen Gel SPF 30

Wardah Suncreen Gel SPF 30 via http://instagram.com

Advertisement

Selanjutnya adalah tabir surya atau suncreen. Menurut tips kecantikan yang aku baca, katanya perawatan wajah dan makeup kita kalau tanpa tabir surya itu sama aja bohong. Karena paparan sinar matahari itu nyata bukan fatamorgana, hehe. Nah, sebelum menggunakan tabir surya, aku mengaplikasikan Wardah Lightening Day terlebih dahulu.

Produk suncreen yang aku gunakan bukanlah Wardah Suncreen Gel SPF 30 nih. Aku menggunakan produk suncreen lain yang sudah terkenal di beauty blogger/vlogger/reviewer. Kalau kamu tahu yang aku maksud, ya, aku pakai yang itu karena memang sudah klop dengan kulit wajahku.

3. BB/DD Cream

Wardah C-defense DD Cream

Wardah C-defense DD Cream via http://instagram.com

Kali ketiga, penggunaan BB/DD Cream. Sudah ku bilang sebelumnya, aku jarang pakai foundation dan belum menemukan produk yang klop. Jadi, selama ini aku hanya memakai BB/DD Cream di makeup-ku sehari-hari.

Advertisement

Pertama, aku pakai Wardah Everyday BB Cream SPF 30. Dia salah satu produk yang klop di wajah aku dan cukup matte untuk menghambat minyakku dalam beberapa waktu. Produk selanjutnya adalah Wardah C-defense DD Cream SPF 30. Dia juga cukup klop dengan tipe wajahku ini. Kalau kamu ada yang pakai juga produk yang sama denganku?

4. Compact Powder

Wardah Two Way Cake Exclusive

Wardah Two Way Cake Exclusive via http://instagram.com

Untuk bedak, aku biasanya menggunakan kombinasi antara compact powder dan bedak tabur. Compact powder yang biasa aku pakai adalah Wardah Two Way Cake Exclusive nih, yang punya warna hijau khas itu.

5. No Eyebrow and Eyeshadow

Wardah Expert Eyeliner and Mascara

Wardah Expert Eyeliner and Mascara via http://instagram.com

Kenapa judulnya begitu? Ya, karena alisku sudah cukup tebal dan berbentuk. Jadi, aku jarang sekali menggunakan produk eyebrow. Aku menggunakannya hanya pada acara tertentu. Sedangkan sehari-hari, terkadang aku hanya menyisirnya.

Begitu pun dengan eyeshadow. Karena warna kelopak mataku sedikit kecoklatan dari warna kulit wajah sekitarnya. Tapi, beda dari warna mata panda loh. Jadi, terkadang aku hanya mengaplikasikan sisa-sisa lipstik ke kelopak mataku atau pada acara tertentu pun, aku menggunakan eyeshadow coklat. Hhhmm, clam sekali.

Riasan mata juga minimalis, terkadang cuma pakai maskara. Untuk eyeliner pun, aku juga tidak terlalu lihai dalam aplikasinya. Jadilah ku putuskan untuk tidak menggunakan eyeliner. Terkecuali di make up-in.

6. Blush On

Blush On Wardah

Blush On Wardah via http://instagram.com

Selanjutnya, perona pipi. Aku juga tidak punya produk perona pipi. Biasanya aku menggunakan liptint. Cara pakainya mudah, cukup aplikasikan liptint dengan aplikatornya ke pipi. Kalau aku paling sering pakai di area bawah mata, ala-ala make up korea itu.

7. Bibir

Wardah Exclusive Matte Lip Cream

Wardah Exclusive Matte Lip Cream via http://instagram.com

Untuk produk bibir, aku adalah penggemar Wardah. Sejak kali pertama mengenal make up, aku langsung memilih Wardah. Lipstiknya pun berhasil memikat hatiku dengan warna dan formulanya yang bikin nyaman pakainya. Sebelumnya, aku bagi daftar lipstik Wardah yang aku punya. Siapa tahu, kamu juga ingin mencoba warnanya jika belum.



  • Wardah Exclusive Matte Lip Cream



Walaupun aku tidak begitu paham dengan formula, tapi yang namanya pengalaman itu tak bisa dibohongi. Makannya, aku berani klaim, kalau formula Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini bakal membuat jatuh cinta si pemakai. Untuk shade-nya aku punya Plum It Up No 12 dan Mauve On No 09. Mauve On adalah teman daily makeup-ku. Kalau kamu?



  • Wardah Intense Matte Lipstik



Kali kedua, ada Wardah Intense Matte Lipstik. Dia adalah jagoanku sebelum aku move on ke Lip Cream, hehe. Formulanya juga bikin nyaman. Untuk shade-nya, aku punya Simply Brown No 03, yang biasa aku pakai sehari-hari, dan Radiant Red No 09, buat acara-acara formal.



  • Wardah Exclusive Lipstik



Terakhir, ada si Wardah Exclusive Lipstik nih. Dia produk lipstik pertama yang aku beli. Waktu itu, aku pilih warna pink, tapi lupa nama shade dan nomornya, hehe. Terus aku juga punya shade Maroon Style No 45, yang bikin kesan classy, hihi.

Nah, berikut langkah-langkah ku untuk riasan bibir.

1. Lipbalm

Kali pertama, aku pakai lipbalm. Pakainya setelah aplikasi suncreen, hehe.

2. Liptint

Setelah itu, aku aplikasikan liptint. Kenapa? Karena, kata reviewer yang aku baca, liptint bisa membantu jangka waktu ketahanan lipstik nih. Setelah aku coba, ternyata cukup membantu. Kalau kamu, ada punya juga tips beauty hack lainnya?

3. Lipstik

Selanjutnya, ya lipstiknya. Pilih yang sesuai kondisi ya. Terakhir, setelah aku aplikasikan lipstik, aku aplikasikan lipbalm lagi nih. Kenapa? Biar sedikit glossy dan tetep lembab, karena bibirku cenderung kering.

Nah, itu dia daily makeup aku sehari-hari. Untuk kamu yang juga bukan penggemar makeup, mungkin bisa juga ikuti caraku dan memodifikasinya sesuai kebutuhanmu ya. Yang terpenting adalah sayangi kulitmu, barulah aura cantikmu akan terpancar. Kalau daily makeup kamu seperti apa?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya