#ayokeuk

Bingung ya? Mari diperjelas.

Kalau katanya si Wikipedia, British itu kata sifat yang umumnya merujuk pada hal yang berhubungan dengan Britania Raya. Istilah ini tidak memiliki konotasi hukum yang pasti, namun istilah ini digunakan untuk merujuk pada kewarganegaraan Britania dan hal-hal yang berhubungan dengan nasionalitas. Istilah “ BRITISH “ digunakan secara berbeda untuk menggambarkan identitas nasional warga Britania, atau untuk mengidentifikasi diri sebagai “ Orang Britania “, atau sebagai orang Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara, Irlandia atau keduanya.

UNITED KINGDOM tidak hanya Inggris! Tapi United Kingdom (Kerjaan Bersatu) itu juga Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara. Mereka adalah BRITISH dan ketiga negara tersebut juga memiliki pemerintahan sendiri dan berbeda-beda kekuasaannya. Menarik bukan?.

Menurut si Wikipedia lagi nih, Britania Raya adalah sebuah negara kesatuan yang di atur di bawah monarki konstitusional dan sistem parlementer, dengan kursi pemerintahan berada di ibu kota London. Di jelas-kan juga bahwa terdapat empat negara dalam kedaulatan Britania Raya yang masing-masing berdiri sendiri yaitu Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales.

Nah, karna pernyataan itu akhirnya berhasrat untuk mengulik sedikit tentang negara Irlandia Utara.

Karena juga sudah banyak yang mengulas dan merekomendasi-kan segala hal tentang negara Inggris, Skotlandia dan Wales yang penuh pesona, table manner – nya atau etika dalam makan di meja makan, karakteristik dan sudut pandang individu masyarakatnya, makanan, sejarah hingga destinasi, budaya yang menarik. Di lain sisi bagian utara ini juga tak kalah menarik dari lainnya, dia adalah negara yang kontroversial dan memiliki sejarah tersendiri.

1. negara kontroversial

nih, peta Britania Raya

nih, peta Britania Raya via https://id.wikipedia.org

Karena kontroversialnya negara ini. Hingga lagi-lagi si Wikipedia juga memberi pemahaman bahwa mengenai Irlandia utara, nama yang digunakan “ bisa menjadi kontroversial, dengan pilihan yang seringkali mengungkapkan preferensi politik seseorang “. Hingga akhirnya, Istilah lainnnya yang digunakan untuk menggambarkan status Irlandia Utara adalah “region “ dan “ provinsi “.

Dari gambar di atas itu, kelihatan si Irlandia Utara kecil banget wilayahnya dari tiga negara lainnya. Maklum, karena terletak di timur-laut Pulau Irlandia, sehingga dia juga berbagi perbatasan dengan negara Irlandia Selatan dan Barat yang biasa disebut juga Republik Irlandia. Nahhh, kenapa negara itu terbelah menjadi dua bagian? Itu panjang ceritanya, bakal terlalu panjang untuk dijelaskan sejarahnya disini,mungkin lain kali saja mengulasnya. Bahkan pembahasan tentang Irlandia Utara dan selatan dikalangan penduduk sendiri itu sesuatu hal yang sensitif.

Advertisement

Menariknya lagi dari Irlandia ini, banyak tokoh-tokoh terkenal, ternama, terpopuler yang asal dan keturunan dari Irlandia. Nah itulah sekilas tentang Britania Raya dan Irlandia Utara.

Hasil dari ulik-mengulik negara Irlandia Utara ini, timbul-lah hasrat untuk membagikan pada pembaca bahwa ada sebuah desa lain yang menarik dan jarang terekspos. Di rekomendasi – kan untuk berkunjung bila punya rencana ke Irlandia Utara yaitu desa Glenties, daerah Donegal, provinsi Ulster.

Desa ini sendiri memiliki kisah sejarah sendiri yang tidak kalah menarik dengan kisah sejarah negaranya. Berikut beberapa hal menarik kenapa Glenties perlu untuk dikunjungi:

2. National Tidy Towns Competition

Glenties well

Glenties well via http://www.superannrte.ie

Advertisement

Glenties banyak memenangkan kompetisi nasional Kota Tidy Irlandia atau Tidy Towns Irlandia sebanyak lima kali pada tahun 1958, 1959, 1960, 1962, dan 1995 sebagai kota yang memiliki keteraturan dan kerapian yang patut di acungi jempol. Kemudian pada tahun 2004, 2005 dan 2006 memenangkan medali emas. Kemudian pada tahun 2003 mendapatkan medali perak. Pada kompetisi Eropa Entente Florale yang di adakan di Gyor, Hungaria tahun 2005 juga menerima medali silver.

Meskipun pada tahun-tahun berikutnya hingga saat ini belum ada informasi selanjutnya, namun itu membuat penasaran kan. Kenapa bisa Glenties yang mendapatkannya? Atau Bagaimana penduduk Glenties mempertahankan penghargaan-penghargaan tersebut? Ataukah karena populasi penduduknya yang hanya berjumlah 869? Penulis juga tidak tahu. Bahkan untuk mencari foto dari desa tersebut sedikit sulit, sepertinya kalau penulis atau pembaca diberi kesempatan kesana perlu memotret sebanyak-banyaknya tiap jengkal langkah di desa tersebut. ^0^

Perlu diketahui pula,


National Tidy Towns Competition adalah sebuah kompetisi tahunan, yang diadakan pertama kali pada tahun 1958, diselenggarakan oleh Departemen Lingkungan Hidup, Komunitas dan Pemerintah Daerah untuk menghormati kota-kota yang paling diminati dan paling menarik, kota dan desa di Irlandia.

**

Kompetisi ini mencakup banyak aspek lingkungan dan hadiah diberikan kepada pemenang semua area. Selain itu, ada pemenang keseluruhan yang diberi nama sebagai " Ireland's Tidiest Town " yang diumumkan pada akhir kompetisi setiap bulan september.

https://en.wikipedia.org/wiki/Tidy_Towns_(Ireland)


3. St Connells – Glenties Heritage Museum

St Connells Museum

St Connells Museum via https://www.tripadvisor.ie

Museum yang bisa dibilang kecil untuk ukuran museum pada umumnya adalah museum daerah setempat yang memiliki koleksi unik dari artefak serta informasi historis tentang area Glenties.


Tujuannya adalah untuk melestarikan sesuatu dari sejarah, adat istiadat dan tradisi daerah tersebut. Berlokasi di Main St, Glenties museum buka setiap hari dan menyambut pengunjung

http://www.glentiesheritagemuseum.com/


4. Glenties Courthouse

Glenties Courthouse

Glenties Courthouse via http://www.highlandradio.com

Glenties Courthouse adalah pengadilan tua yang bersejarah dan banyak pro kontra untuk menutupnya atau tetap mempertahankannya. Sedangkan apabila mempertahankannya masalah timbul pada sumber ekonomi dan pengeluarannya.


Bangunan megah yang pernah menampung anggota constabulary serta sejumlah sel tahanan.http://www.highlandradio.com/


5. Derkmore Wood

Derkmore Wood adalah sebuah tempat cagar alam di Republik Irlandia (Berarti Irlandia Selatan? Berarti melewati perbatasan? Kalau berniat menyebrang yang melewati ).

Jadi cagar alam itu milik negara (…tentunya)


Memiliki area semak oak dengan bryophyte dan lichen flora yang berkembang dengan baik.


6. Bluestack Way

The Bluestack Way

The Bluestack Way via http://walksireland.com

Sebuah jalan yang istimewa

The Bluestack Way adalah rute 65km melalui daerah padang gurun sejati di County Donegal di barat laut Irlandia dengan pemandangan yang menakjubkan seperti melintasi Pegunungan Bluestack, berbagai perbukitan rendah. Ini menghubungkan kota Donegal dengan kota Ardara di pantai barat. Sepanjang jalan melewati Lough Eske yang indah, dan kemudian berjalan melintasi kaki bukit Bluestacks untuk mencapai daerah yang disebut Disert, di mana ada sebuah kuburan gunung kuno.West of Disert rute melewati dataran moorland yang tinggi dan terpencil di antara Binbane dan Bukit Cloghmeen sebelum menuruni sepanjang sungai Owenroe untuk mencapai jalan rawa.

Hal ini diikuti di daerah terpencil di Meenawannia untuk mencapai Glenties. Dari Glenties peregangan menyenangkan yang mencakup jalan setapak sungai yang sangat menyenangkan di sepanjang sungai Owenea membawa rute ke kota Ardara. Pilihan menginap di daerah berpenduduk sangat bagus. Medan rute umumnya terdiri dari jalan rawa, lahan moor terbuka dan sering basah, dan jalan umum yang aspal.

Dalam cuaca basah atau tidak cocok adalah mungkin untuk menghindari hamparan padang rumput terbuka di sebelah barat Disert dengan menempuh jalur alternatif ke Glenties. Pendakian agregat di atas rute adalah 1430m, tapi selain peregangan ke celah antara Binbane dan Cloghmeen Hill, tidak ada kenaikan yang signifikan. http://www.irishtrails.ie/trail/Bluestack-Way/6/

Jadi, mau ke mana dulu?

#Ayokeuk #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya