Alih-Alih Jadi Beban Ortu, 7 Tips Ini Justru Bikin #MimpiMasaMuda-mu Dapat Segera Terwujud!

Masa muda produktif

Masih jelas di ingatan betapa bersemangatnya kita saat ditanya mengenai cita-cita ketika masih duduk di bangku TK. Namun, seiring bertambahnya usia. Banyak dari cita-cita tersebut yang tenggelam begitu saja. Bukan tanpa alasan, semakin banyak kita belajar dan menemukan pengalaman-pengalaman baru, maka semakin bertambah pula pengetahuan akan apa yang ingin kita capai di masa mendatang.

Ada quote keren yang mengatakan bahwa: If your dreams don’t scare you, they aren’t big enough. Masa muda adalah masa dimana kita mulai meniti langkah demi masa depan gemilang. Nah, agar mimpi masa muda kita tak hanya sekedar wacana, yuk intip 7 tips ampuh berikut ini!

Advertisement

1. Ganti Waktu Rebahan dengan Melakukan Hobi. Apa Aja Bebas!

Coba hitung berapa jam dalam sehari kamu sibuk scrolling social media sambil rebahan di atas kasur? Untuk dapat meraih apapun yang kamu cita-citakan saat ini, kamu harus bangun dan menjadi seseorang yang lebih produktif. Mulailah dengan mengganti waktu rebahan un-faedahmu dengan sesuatu yang lebih menghasilkan. Misalnya, melakukan hobi. Selama hobi tersebut positif, why not? Melakukan hobi tak hanya akan membuatmu senang, tapi juga dapat membuat skill-mu makin terasah.

2. Fokus Pada Kelebihan-Kelebihan yang Dimiliki.

be confident

be confident via https://www.pexels.com

Gunakan cermin tak hanya untuk berdandan, tapi juga untuk merefleksikan apa yang akan membuatmu terlihat lebih keren beberapa tahun ke depan. Setelah sibuk melakukan hobi, kamu pasti menemukan kelebihan-kelebihan yang ada di dalam dirimu.

Advertisement

Eksplorasi berbagai hal mulai dari yang termudah hingga yang tersulit. Kenali potensi diri dengan sebaik-baiknya. Mungkin saja setelah itu, kamu malah bisa menemukan hal menarik lain di luar ekspektasimu.

3. Stop Meragukan Diri Sendiri.

don't overthink

don’t overthink via https://www.pexels.com

Jangan sampai kamu masuk dalam golongan orang-orang yang menyerah sebelum berjuang hanya karena meragukan kemampuan diri sendiri. Setiap orang punya titik kelemahan masing-masing. Tetapi, dibalik kelemahan tersebut, kita akan selalu punya pilihan. Apakah akan tetap diam dan mengutuki diri atau berani keluar dari zona nyaman dan melawan? Coba pikir kembali. Sayang sekali, kan. Jika mimpi-mimpi masa mudamu itu kandas bahkan sebelum kamu memperjuangkannya?

4. Produce Something Everyday.

keep producing

keep producing via https://asset.kompas.com

The harder you work, the luckier you get. Misalkan kamu punya hobi menulis dan bercita-cita untuk menjadi seorang penulis profesional di masa depan. Mulai saja dulu dengan menghasilkan satu tulisan perhari. Entah itu tulisan formal seperti essay akademik atau bahkan tulisan remeh seperti catatan kecil di buku diary. Jika hal tersebut mampu kamu lakukan setiap hari, percaya deh, kamu akan terbiasa dan akan ada perasaan “aneh” jika sekali saja kamu melewatkannya.

Advertisement

5. Atur Prioritas dan Jalani dengan Konsisten.

priority is a must

priority is a must via https://www.pexels.com

Sering merasa sibuk tapi tidak produktif adalah gejala yang timbul saat kamu punya masalah dalam mengatur prioritas. Solusinya adalah penetapan skala pada hal-hal yang biasanya kamu kerjakan. Jika hal tersebut penting dan punya urgensi untuk dilakukan sebelum batas waktu tertentu, selesaikan pada saat itu juga. Namun, jika hal tersebut tidak terlalu darurat, cukup direncanakan saja waktu pengerjaannya. Beda lagi, jika hal tersebut tidak begitu penting dan tidak darurat, disini kamu punya pilihan untuk mengabaikannya. Butuh perhatian lebih untuk mengidentifikasi sesuatu yang menuntut prioritasmu. Setelah memetakannya secara jelas, langkah selanjutnya adalah mulai mengerjakannya secara tertib dan konsisten.

6. Jangan Julid Pada Prestasi Orang Lain.

nambah beban pikiran aja

nambah beban pikiran aja via https://debrasmouse.com

Boleh jadi saat ini kamu merasa masih “kalah start” dari orang lain. Tapi, jangan julid. Prestasi mereka hari ini mungkin adalah hasil dari jerih payah yang telah diusahakan sejak lama. Percayalah bahwa setiap orang punya jalan suksesnya masing-masing. Buang segala pikiran negatif dengan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu tetap punya value tersendiri untuk apapun yang sedang kamu usahakan sekarang. Tetap semangat. Mana tahu, pintu suksesmu ternyata tinggal selangkah dua langkah lagi.

7. Berikan Reward kepada Diri Sendiri dengan Menjaga Kesehatan Sebaik Mungkin.

Dalam mengejar mimpi, kamu tidak hanya membutuhkan usaha yang gigih, tapi juga tubuh yang sehat. Percuma, dong. Sudah capek-capek usaha, eh malah jatuh sakit. Manjakan diri dengan asupan makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi. Berolahraga, menerapkan gaya hidup sehat, dan cukup tidur. Jangan forsir diri dengan cara begadang karena akan membuatmu rentan terkena penyakit.

Contohnya anemia. Penyakit ini dapat mengganggu fokusmu dalam usaha mengejar mimpi. Selalu ingat bahwa sehat tubuh dan pikiran merupakan hal yang akan memudahkanmu dalam meraih kesuksesan.

#MimpiMasaMuda #SehatSamaSama #HipweexNI

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Jika kalian tahunya saya cuek, jutek, dan hemat kata-kata, berarti kalian belum mengenal saya dengan baik. Maka dari itu, mari berkenalan.

CLOSE