Seseorang umumnya memiliki bakat tertentu yang terdiri dari satu atau lebih kemampuan khusus yang menonjol dari bidang lainnya. Orang yang memiliki bakat lebih, berarti orang tersebut tergolong istimewa. Tetapi bagi kamu yang merasa tidak memiliki bakat satupun jangan khawatir, mungkin saja kamu justru memiliki bakat terpendam tetapi kamu belum mengetahuinya. Karena mungkin saja kamu hanya belum tahu cara menemukannya. Mau tahu cara sederhana temukan bakatmu? Berikut ulasannya yang dapat kamu coba sendiri.

1. Kenali siapa diri kamu dan buat analisisnya

kudtkoekiewet.nl

kudtkoekiewet.nl via https://kudtkoekiewet.nl

Advertisement
Semakin dalam kamu mengenali diri sendiri, maka akan semakin bagus. Dalam tahap pertama, misalnya membuat sebuah daftar tentang kepribadian dan kamu buat analisisnya. Di antaranya seperti apa yang kamu sukai dan yang tidak disukai, serta aktivitas apa yang sering dilakukan. Dengan begitu, kamu akan mengetahui ke arah mana bidang yang sesuai dengan kepribadian, serta minat kamu yang kemungkinan akan berpotensi menjadi bakatmu selama ini.

2. Yakinlah kamu berbakat

Fimela.com

Fimela.com via https://www.fimela.com

Pernahkah kamu berpikir bahwa kamu kurang berbakat dalam hal apapun? Terkadang pikiran bawah sadar yang mendorong kita berpikiran demikian. Ingatlah satu hal, bahwa setiap manusia yang diciptakan pasti memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Hanya saja, terkadang kita lebih banyak memikirkan hal yang kurang dari diri kita dibanding kelebihannya. Selain itu, yang lebih parah lagi kita selalu membandingkan hal tersebut dengan orang lain. Tanamkan kepercayaan diri dalam alam bawah sadarmu dengan mengatakan bahwa kamu memiliki bakat. Maka yakinlah dengan keyakinan teresebut, bahwa kamu akan menemukannya.

3. Mulailah dengan perbanyak mencari tahu dan mencoba hal baru

hindi.goodreturns.in

hindi.goodreturns.in via https://hindi.goodreturns.in

 Ikutilah setiap kegiatan yang menurut kamu baru, namun menarik perhatianmu. Serta kamu merasa cocok dengan kegiatan tersebut. Entah kegiatan bersama komunitas menggambar, memasak, olahraga, dan lain sebagainya. Lalu, setelah kamu ikut bergabung dalam kegiatan tersebut, kamu tinggal melihat apakah kegiatan itu sesuai dengan bidang keahlian kamu atau tidak. Apakah dengan mengikuti kegiatan tersebut kamu dapat menemukan bahkan mengembangkan bakat atau tidak.

Advertisement

Maka, semua itu tergantung kecocokanmu nantinya setelah mengikuti kegiatan. Bagi kamu yang ingin menemukan bakat, perbanyaklah mencari tahu dan sebanyak mungkin mengikuti berbagai kegiatan yang menurutmu bisa memperluas ataupun mengembangkan keahlian. 

4. Bakat Kamu bisa jadi muncul dari lingkungan di sekitar Kamu.

Kumparan.com

Kumparan.com via http://https

Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengarungi seseorang. Lingkungan tersebut bisa datang dari keluarga, teman sepermainan, tempat tinggal, maupun masyarakat sekitarnya. Bakat sendiri mungkin bisa saja datang karena faktor-faktor lingkungan.

Seorang anak yang dilahirkan dalam keluarga yang semuanya berprofesi sebagai koki, bisa saja ia mempunyai bakat dalam hal memasak. Hal tersebut lantaran si anak sudah terbiasa berdekatan dengan bumbu dapur, alat memasak, maupun jenis-jenis makanan. Begitupula dengan kamu, jika kamu ingin memiliki bakat di bidang tertentu, maka ciptakanlah suatu lingkungan yang mendukung bakat tersebut.

5. Lakukan Semua karena Minat dan Passion

Koropak.co.id

Koropak.co.id via http://https

Jika kamu ingin memiliki bakat, maka lakukan sesuatu sesuai dengan minatmu. Pernah lihat seseorang meskipun hidup bercukupan tetapi tidak merasa senang dengan bidang yang ia kerjakan? Karena mungkin saja hal tersebut ia lakukan karena tidak sesuai dengan minat dan passion yang Ia inginkan dan sukai. Jadi, kenapa kita harus mengerjakan sesuatu sesuai dengan minat dan passion? Jawabannya karena dengan minat dan passion membuat kamu nyaman, bahagia, serta termotivasi untuk menemukan dan mengembangkan bakat sesuai dengan minatmu.

6. Jadikan setiap Kelebihan menjadi Bakat Kamu

Kompas.com

Kompas.com via http://https

Potensi dan keahlian setiap orang berbeda-beda. Cara untuk mengetahui kelebihan yang kamu miliki, yaitu dengan melihat dan membandingkan hal apa yang mudah kamu lakukan tetapi orang lain tidak. Misalnya, dalam bidang akademik teman kamu pandai dalam semua mata pelajaran sementara kamu tidak, tetapi dari bidang non-akademik seperti olahraga atau menari kamu lebih unggul daripada temanmu. Maka dengan potensi ini, kamu bisa memanfaatkannya agar dapat menonjol dari teman-temanmu yang lain dan apabila terus mengasah dan mengembangkan, bisa jadi kelebihan tersebut menjadi bakat kamu.

7. Jangan Takut! Bebaskan dirimu

Fimela.com

Fimela.com via https://www.fimela.com

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan yang tidak biasa, tentu akan dicap aneh. Lalu bagaimana kalau kamu mempunyai kebiasaan mengkhayal? Apakah bisa dijadikan bakat? Mengkhayal bagi sebagian orang terutama orang dewasa merupakan sesuatu yang  terlalu kekanak-kanakan, dilakukan hanya untuk orang-orang yang kurang kerjaan. Tetapi siapa sangka, dengan mengkhayal bisa memunculkan suatu bakat?
 
Asalkan kamu bisa mengarahkan hal tersebut ke arah yang positif. Dengan hobi mengkhayal mungkin saja kamu memiliki bakat dalam menulis fiksi, di mana hal ini memerlukan keahlian kreatif, yaitu mengimajinasikan sebuah cerita. Misalnya, dengan mengkhayal kamu dapat membuat suatu alur cerita dari suatu novel yang akan kamu buat karena tanpa proses mengkhayal atau membayangkan, sesuatu maka alur cerita tidak akan tercipta.
 
Maka tanpa menghiraukan anggapan orang lain, jangan takut untuk mulai menganggap sesuatu bukan bakat kamu, dan bebaskan dirimu untuk bekreasi. Percaya dirilah bahwa setiap bakat bisa muncul dari hal yang kecil ataupun dianggap tidak wajar.
 
 

  
    Nah, jika kamu sudah menemukan bakat kamu selama ini, ayo mulai sekarang latih, dan kembangkan bakat kamu tersebut !

Semoga menginspirasi, salam Penulis:)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya