Bukan tidak mungkin bahwa hampir setiap calon sarjana akan merasakan bagaimana rasanya menjadi anak magang. Tidak beda jauh dengan anak bawang, menjadi anak magang mempunyai beberapa suka duka yang akan kamu lewati.

Mulai dari dapat supervisor yang cuek, kantor yang kecil, tidak digaji, semuanya akan menjadi bagian dari kamu untuk memperoleh gelar sarjana. Namun dari sekian banyak momen selama magang, bisa saja kamu merasakan beberapa momen di bawah ini.

1. Deg-deg serr pas hari pertama

hari pertama magang

hari pertama magang via https://www.google.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa hari pertama magang perasaanmu bisa jadi campur aduk. Takut, semangat, penasaran akan bercampur menjadi satu saat kamu mulai menginjakkan kaki di kantor tempat magang kamu. Walaupun sedang tidak jelas perasaanya, jangan sampai telat ya!

2. Harus senyum cemerlang saat diperkenalkan sebagai anak magang

Kamu akan dibawa keliling

Kamu akan dibawa keliling via https://www.google.com

Advertisement

Sudah sewajarnya jika kamu akan diperkenalkan ke semua tim bahwa kamu akan menjadi bagian dari mereka sebagai anak magang. Saat diperkenalkan, siap-siap untuk selalu senyum cemerlang sambil menjabat tangan para petinggi yang akan menjadi rekan kerjamu.

3. Duduk entah di mana dan bawa laptop sendiri

Duduk di mana?

Duduk di mana? via https://www.google.com

Salah satu pengalaman aku selama magang adalah tempat duduk yang terbilang agak di belakang. Tidak seperti pegawai tetap, waktu itu aku mendapat meja yang agak belakang jauh dari supervisor sendiri. Bukan diskriminasi, memang tempat yang tersedia terbatas.

Selain itu, tidak semua kantor menyediakan komputer atau laptop untuk anak magang, jadi siap-siap untuk membawa laptop sendiri setiap harinya.

4. Mulai was-was saat sudah mendekati jam makan siang

makan siang sama siapa

makan siang sama siapa via https://www.googel.id

Advertisement

Namanya anak baru plus sebagai anak magang, tidak aneh jika kamu merasa khawatir saat mendekati makan siang. Apalagi jika kamu sebagai anak magang satu-satunya di kantor, berbagai pikiran seperti

"Ntar makan sama siapa? Sendirian aja deh"

"Sendirian kayak anak hilang ih"

Dan masih banyak lagi bisa saja menjadi pengisi waktu makan siang kamu.

5. Awkward saat anggota tim ada yang berulang tahun

selamat ulang tahun kak

selamat ulang tahun kak via https://google.com

Aduh, ini momen yang bisa Aku katakan paling garing. Bayangkan jika ada anggota tim kamu yang sedang berulang tahun, di saat semua berfoto-foto atau menyiapkan surprise, kamu hanya bisa diam diiringi pikiran ikut tidak, kalau ikut dikira sksd kalau tidak merana banget dipojokkan sendiri.

6. Gabut saat pekerjaan sudah selesai

gabut sampai pulang

gabut sampai pulang via https://www.google.com

Sebagai anak magang, bisa jadi dalam 1 hari penuh kamu hanya mempunyai sedikit pekerjaan. Gabut, bosan, bingung akan melanda kamu saat pekerjaan sudah selesai namun waktu jam pulang masih lama. Mau ngapain juga bingung.

Nah, itu adalah beberapa hal yang bisa terjadi saat kamu melakukan magang. Memang berbeda dari kuliah, namun saat magang kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran. Jadi jangan putus asa walaupun hanya sekedar menjadi anak magang. Semangat bagi para anak magang yang sedang berjuang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya