Anda Sedang Butuh Uang Tambahan? Ini Dia 5 Aplikasi untuk Mencari Pekerjaan Sampingan!

Sekarang kita sudah bisa mendaftar kerja hanya dengan menggunakan aplikasi saja.

Meningkatnya daya beli masyarakat, terkadang berbanding terbalik dengan tersedianya lapangan pekerjaan. Hal itu membuat banyak orang tidak mampu membeli sebuah barang karena harga yang terlalu tinggi atau tidak tersedianya uang untuk membelinya.

Dengan kondisi ekonomi yang sulit ini, berbagai orang mencari solusi agar masalah ini bisa teratasi. Salah satu solusi yang dibuat adalah dengan menciptakan sebuah platform untuk para pencari kerja, terutama untuk pencari kerjaan sampingan. Sebelumnya orang mencari kerja dengan datang langsung ke tempat kerja atau mengikuti job fair, namun sekarang kita sudah bisa mendaftar kerja hanya dengan menggunakan aplikasi saja.

Berikut adalah 5 aplikasi pencari pekerjaan sampingan yang bisa kamu gunakan.

Advertisement

1. Bilik Kerja

Start Up Launching

Start Up Launching via https://www.google.com

Aplikasi ini diluncurkan ke publik oleh Putut Widodo pada Maret 2018 lalu, setelah melalui masa beta sejak  Januari 2018. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk menemukan pekerjaan dari berbagai bidang yang sifatnya part time. Di aplikasi ini, memungkinkan kita untuk menentukan jam kerja sendiri, mulai dari harian atau mingguan.

Selain itu, di dalam aplikasi ini kita juga bisa menentukan upah kerja kita sendiri. Bilik Kerja juga memungkinkan kita mencairkan langsung upah kerja yang sudah kita selesaikan.

Advertisement

Aplikasi ini juga membuat penyedia kerja dapat menilai kinerja kita dan memberikan rating terhadap diri kita. Jadi buat kamu yang nanti kerjanya tidak benar, siap-siap saja mendapat rating buruk ya!

2. Freelancer

Home Page Freelancer

Home Page Freelancer via https://www.google.com

Sesuai dengan  namanya, aplikasi ini memang menyediakan pekerjaan paruh waktu. Bukan hanya di Indonesia saja, pekerjaan yang ada di aplikasi ini juga mencakup seluruh dunia. Banyak pekerjaan di dalam aplikasi Freelancer ini, mulai dari membuat desain, editing video atau foto, copywritter, SEO, memasukan berbagai data, dan lainnya.

Aplikasi ini juga memungkinkan kita berkomunikasi langsung dengan pemberi kerja. Freelancer juga membuat kita bisa menawarkan kemampuan apa yang kita bisa untuk di jual kepada client yang membutuhkan. Upah yang dibayarkan di aplikasi ini adalah dalam bentuk dollar, yang tentunya menjadi keuntang sendiri bagi pengguna di Indonesia.

Advertisement

3. Big Agent

Big Agent Logo

Big Agent Logo via https://play.google.com

Aplikasi ini dirilis oleh Ralali.com aplikasi ini menawarkan solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa terkendala waktu, modal, dan persayaratan kemampuan yang dimiliki. Kehadiran Big Agent adalah komitmen dari platform penyedia suplier untuk kemajuan ekonomi di Indonesia.

Di dalam aplikasi ini kita bekerja sebagai agen yang bisa melakukan pekerjaan apapun sesuai kemampuan dan keinginan kita. Mulai dari menyurvey tempat usaha hingga melakukan penjualan pada umumnya.

Kita akan mendapatkan upah ketika kita sudah menyelesaikan pekerjaan yang ada, dan upah yang dibayarkan adalah sesuai kesepakatan yang dibuat sebelumnya.

4. Fiverr

Fiverr Logo

Fiverr Logo via https://play.google.com

Pada awalnya, aplikasi ini tersedia dalam platform website saja. Namun sekarang, Fiverr sudah bisa diakses melalui aplikasi. Di dalam aplikasi ini, kita dapat berkomunakasi dengan jutaan customer yang siap membutuhkan kemampuan kita. Custoemer tersebut  juga tidak berasal dari dalam negeri saja, tetapi juga dari luar negeri.

Berbagai jasa dapat ditawarkan di Fiverr, mulai  dari desain website, editing foto atau video, menulis artikel, hingga programming. Fiverr membayar pekerjanya dengan dollar yang dimasukan ke dalam akun paypal.

5. Sampingan

Aplikasi ini dibuat oleh orang Indonesia, dan dibuat untuk mencari pekerjaan part time. Fitur di dalam aplikasi ini juga memungkinkan untuk kita mentukan apa, kapan dan bagaimana kita bekerja dan memilih pekerjaan kita.

Sistem pembayaran dalam Sampingan disebut pay per perfomance, dimana kita akan dibayar sesuai performance kita dalam menyelesaikan pekerjaan.

Tentunya masih banyak platform yang menyediakan pekerjaan paruh waktu selain yang saya sebutkan di atas. Semoga daftar aplikasi pencari kerja tambahan di atas bisa menjadi referensimu ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tertarik terhadap bidang seni budaya, film, dan sosial politik

CLOSE