Sudah bukan rahasia umum lagi jika drama korea banyak mengenalkan kita untuk lebih dekat dengan profesi tertentu. Bahkan ada beberapa drama yang benar-benar dibuat untuk menyoroti suatu profesi mulai dari suka hingga duka yang dibungkus dengan romansa.

Profesi yang paling sering biasanya profesi yang berperan dalam pelayanan publik. Dokter, Pengacara, Hakim, Jaksa, hingga Detektif adalah diantaranya. Kelima profesi itu sering malang melintang di drama-drama populer.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa drama yang mengangkat profesi yang tidak biasa? Profesi ini mungkin sama sekali tidak pernah terpikirkan di benak kalian, para pecinta kdrama. Ketidakbiasaan inilah yang membawa daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Apa saja sih dramanya? Ini dia!

 

1. Voice (Pusat Panggilan Darurat 112)

Jika kalian sedang dalam keadaan bahaya, maka jangan segan untuk langsung menghubungi 112! Begitulah pesan yang ingin disampaikan di drama ini. Drama yang dibintangi Lee Ha-na akan membawa kalian mengerti cara kerja penyelamatan tim golden time 112 menyelamatkan penelpon yang sedang dalam keadaan bahaya hanya dalam waktu 10 menit saja!

Advertisement

Kasus yang diangkat pun beragam. Mulai dari penganiayaan, perampokan, hingga pembunuhan. Dan kerennya, tersangka dapat ditangkap dalam waktu 10 menit pascakejadian sebelum kepolisian resmi turun tangan lho.

Tayang perdana pada paruh kedua tahun 2016, drama OCN ini begitu populer hingga menayangkan musim keduanya pada akhir 2018 lalu. Keseruan misi penyelamatan tim golden time ini rupanya masih berlanjut di musim ketiga. Bagaimana? Sudah siap menyambut musim terbaru tim golden time?

2. Prison Playbook (Sipir Penjara)

Prison Playbook

Prison Playbook via https://www.soompi.com

Jika drama pada umumnya akan memusatkan pemerannya pada ‘orang baik’, maka tidak dengan drama yang dibintangi Park Hae Soo ini. Dalam perannya, Kim Je Hyuk adalah seorang atlet yang dipenjara karena membunuh seseorang.

Advertisement

Di dalam tahanan, Je Hyuk banyak mengenal narapidana lain dengan latar belakang dan sifat yang berbeda. Mulai dari mantan pecandu narkoba, pembunuh, hingga koruptur. Dalam drama yang juga dikenal dengan judul Wise Prison Life ini kita bisa mengetahui bahwa tidak semua narapidana adalah orang yang benar-benar jahat lho.

Prison Playbook kemudian akan membawa kita mengenal kehidupan tahanan mulai dari sisi lain kehidupan antar narapidana, bagaimana sipir tahanan “merawat” narapidana, kesibukan narapidana hingga hubungan kekeluargaan narapidana dengan sipir tahanan. Ada juga tuh, beberapa penyalahgunaan kekuasaan yang mungkin terjadi di tahanan.

Kemasan komedi satir juga turut memeriahkan romansa bromance antar para tahanan maupun sipir penjara. Bagaimana? Tertarik menjelajahi kehidupan para narapidana dan sipir tahanan di Prison Playbook?

3. Partner for Justice (Dokter Forensik)

Partner for Justice

Partner for Justice via https://www.soompi.com

Pernah mendengar autopsi? Inilah poin penting yang dibahas dalam Partner for Justice. Drama ini akan membuatmu sadar bahwa tidak semua dokter akan menangani manusia yang masih hidup lho. Dokter juga bertanggung jawab pada manusia yang sudah meninggal, begitulah dokter forensik bekerja.

Menekankan pada kasus pembunuhan, bersama dengan Detektif dan Jaksa, Baek Beom mencari jawaban kematian korban dengan petunjuk yang tersisa ditubuh mayat. Beom percaya, bahwa fakta terjujur yang bisa dipecahkan dalam kasus pembunuhan adalah mayat yang berbicara. Setiap tubuh mayat akan berbicara mengungkap fakta bahkan dengan petunjuk sekecil apapun.

Meski terkesan sadis, namun drama ini cukup populer dan akan berlanjut pada musim kedua lho.

4. A Poem A Day (Terapis Fisik hingga Radiografer)

A Poem A Day

A Poem A Day via https://www.soompi.com

Mengambil setting utama di rumah sakit, drama ini nyatanya bukan membahas tentang profesi dokter pada umumnya lho! Drama yang dibintangi Lee Yu Bi ini akan fokus membahas tentang profesi-profesi pendamping dokter yang kerap kali kita tak sadar keberadaannya.

Mulai dari radiografer yang sangat berperan dalam proses pendiagnosaan penyakit, hingga terapis fisik yang berkontribusi dalam penyembuhan fisik pascaoperasi atau kecelakaan pada pasien.

Bagaimana? Asyik juga nih profesi pendamping dokternya. Nggak dapat dokter, dapat pendampingnya boleh kali ya?

5. Where Stars Land (Pelayanan Penumpang Bandara)

Where Stars Land

Where Stars Land via https://www.soompi.com

Bicara tentang bandara mungkin profesi pramugari dan pilot adalah profesi yang paling populer. Namun ternyata tidak hanya itu lho. Dalam drama ini kita diajak mengenal lebih dalam mengenai sistem menagemen di bandara nih. Pelayanan penumpang adalah bagian yang paling sering disorot.

Beberapa masalah yang mungkin terjadi di bandara juga diangkat mulai dari paspor palsu, keluhan penumpang, pelayanan penumpang yang menjadi korban kecelakaan pesawat, hingga penerapan standar keamanan khusus bagi para idol yang akan ke luar negeri. Pernah kebayang ada profesi itu nggak nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya