Sekarang ini sudah tidak asing lagi jika mendengar "Bullying" atau Perundungan, karena sedang ramai-ramainya tentang pemberitaan tersebut. Dan bullying sendiri terjadi dari kalangan Siswa Sekolah Dasar sampai tingkat Mahasiswa. Bullying sendiri tidak hanya dengan lisan, bahkan ada yang dengan kekerasan.

Terkadang mereka berkilah hanya bercanda dan untuk seru-seruan saja. Tapi itu sudah terlalu kelewat batas. Padahal dampak yang akan terjadi akan sangat berpengaruh pada kehidupan serta masa depan dari dia.

Oleh sebab itu, yuk simak beberapa dampak dari Bullying berikut:

1. Dikucilkan

dikucilkan

dikucilkan via https://www.google.co.id

Dampak yang paling signifikan yaitu dijauhi teman-temannya. Mereka takut jika dekat dengan dia, mereka akan ikut dibully juga. Jadi lebih baik mereka jaga jarak, supaya aman.

Advertisement

Padahal itu hal keliru, seharusnya mereka memberikan semangat kepada dia supaya tidak down ketika menerima bully-an itu.

2. Takut untuk berpendapat di Publik

Phobia Sosial

Phobia Sosial via https://www.google.co.id

Seseorang akan mengalami Glossophobia atau biasa di disebut dengan phobia berbicara di depan umum. Jadi mereka memiliki ketakutan yang luar biasa jika bertemu dengan banyak orang.

3. Menjadi pribadi yang tertutup

Seseorang akan susah bersosialisasi, karena mereka tak nyaman jika dalam keramaian. Orang-orang seperti ini bisa termasuk dalam Orang Introvert.

Advertisement


Biasanya mereka lebih senang untuk menyendiri, pendiam, serta susah dalam menyesuaikan diri.


4. Stress

Cacian yang ditimbulkan dapat membuat mental seseorang goyah. Karena mereka tidak sanggup lagi menahan olok-olokan dari temannya. Bahkan mereka akan merasa putus asa dan bisa melakukan hal-hal diluar nalar, seperti bunuh diri.

5. Kematian

Dampak paling ekstrim yang terjadi yaitu Kematian. Baru-baru ini viral kasus SR, seorang siswa SD yang menjadi korban bully oleh teman-teman sekolahnya sampai meninggal dunia. Mereka bahkan sampai menutup telinga dengan keripik serta menyiram dengan minuman ringan.Tega sekali ya.


Padahal dia merupakan harapan besar bagi keluarga, tapi harus menerima peristiwa ini.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya