Bahaya! 5 Tanaman Unik Ini Tak Pantas Kamu Jadikan Hiasan

Monkshood, tanaman pendeteksi manusia serigala

Dilansir dari laman Science Daily, ada beberapa tanaman yang ada di sekitar kamu yang beracun. Hal ini dikarenakan sebagai mekanisme pertahanan diri dari tanaman itu. Terkadang tanaman ini memiliki bentuk unik dan bunga yang cantik.

Pada dasarnya tanaman yang mengandung racun, sudah memliki ciri khas tertentu. Kamu dapat mengetahui jika bisa lebih teliti mencermatinya. Bahkan tanaman ini tumbuh dibeberapa negara dan seringkali muncul dalam film fiksi. Seperti moonkshood, yang bisa mendeteksi manusia serigala. Dilansir dari berbagai sumber, di bawah ini ada 5 tanaman yang dipercaya oleh ilmuwan mengandung racun yang membahayakan kesehatan manusia, cek yuk!

Advertisement

1. Bushman

Photo by Gardening at Leisure

Photo by Gardening at Leisure via http://www.gardeningatleisure.co.za

Ketika kamu berkunjung ke Afrika, akan dapat menemukan tanaman ini di sana. Pada musim semi di akhir bulan September hingga pertengahan Oktober, bushman akan bermekaran. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 50 cm, dan selalu ditanam di tengah-tengah area suatu tempat.

Getah tanaman ini sering dipakai oleh suku di Afrika untuk melapisi anak panah. Racunnya ini dikenal dengan sebutan winter sweet. Sedangkan daun-daunnya dijadikan sebagai obat-obatan. Racun yang dihasilkan dari tanaman ini dapat membuat serangan jantung secara tiba-tiba jika masuk ke dalam tubuh manusia.

2. Castor Bean

Photo by Plantcaretoday

Photo by Plantcaretoday via https://plantcaretoday.com

Masih di daerah Afrika, tanaman ini memang beracun dan racun yang ada disebut 'ricin'. Kamu bisa menemukan racun tersebut pada castor bean. Bahkan, The Guinness Book of World Records mencatat jika tanaman ini adalah yang paling berbahaya untuk manusia, binatang dan serangga.

Dilansir dari laman Garden Myths, secara ilmiah jika 5 castor bean dapat membunuh satu orang dewasa. Namun, jika diolah menjadi minyak, tanaman ini tak berbahaya karena ricin telah dihilangkan sebelumnya.

3. Chokecberry

Advertisement
Photo by Directnativeplants

Photo by Directnativeplants via https://www.directnativeplants.com

Tak hanya COVID-19 yang bisa membuat manusia menjadi sesak nafas. Biji yang ada pada chokecberry benar-benar bisa menyebabkan hal yang sama. Tanaman ini mekar pada bulan April hingga Mei. Kamu dapat mencari tanaman ini di Benua Amerika.

Buah dari chokecberry memang tidak berbahaya, tetapi bijinya mengandung racun bernama prunasin dan glikosida. Cara kerja racun ini seperti racun sianida. Mengkonsumsi dalam dosis sedikit tidak akan membuat keracunan fatal. Tetapi, jika kamu memakannya dengan jumlah yang banyak, sungguh dapat membahayakan nyawa, loh!

4. Monkshood

Photo by Poison

Photo by Poison via https://www.poison.org

Nama lain tanaman ini adalah Aconitum napellus atau disingkat A. napellus. Tak hanya di Amerika, benua Eropa bahkan Asia juga terdapat tanaman ini. Sejak zaman dulu, orang romawi kuno menggunakan tanaman ini sebagai alat berburu dan mendeteksi manusia serigala.

Getah dari tanaman ini memang paling beracun dan dapat menyebabkan gangguan pada jantung. Jika kamu tak sengaja memakannya akan membuat jantungmu tidak sehat. Sebab irama jantung dari penderita yang terkena, sangat tidak normal. Sehingga perlu perawatan dan penangan serius di UGD. Seram ya!

5. Oleander

Photo by Naturespoisons

Photo by Naturespoisons via https://naturespoisons.com

Dilansir dari adventure.howstuffworks.com, tanaman ini tumbuh hingga 5 meter dan sering digunakan sebagai dekorasi sebuah taman. Karena rupanya yang berwarna dan menarik. Namun segala sisi dari tanaman ini mengandung banyak kandungan racun, diantaranya: nerioside, oleandroside, saponins, dan diac glycosides.

Tanaman yang berasal dari daerah Mediterania dan Asia ini, dipercaya sudah menyebar ke seluruh dunia. Racun yang ada dalam tanaman ini bisa berpindah melalui lebah dari nektar yang dihasilkannya. Ketika manusia mengkonsumsinya, akan berdampak fatal.

Jika tertelan oleh manusia, pertolongan pertama yang dianjurkan adalah untuk membuatnya keluar dengan cara memuntahkannya. Selain itu, penggunaan arang aktif juga bisa menyerap racun ini yang ada di tubuh manusia

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hi! My real name is Emilia Nur Indarwati

CLOSE