Bahaya! Jangan Sering Insecure, Ini 5 Dampak Buruk yang Akan Kamu Peroleh

Insecure dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan mentalmu.

Insecure, siapa yang tak pernah merasa insecure. Ini merupakan suatu istilah yang menggambarkan perasaan tak nyaman yang ada pada diri seseorang. Gelisah, takut, malu, tak percaya diri bahkan tertekan inilah yang akan dirasakan seseorang ketika mengalami insecure. Biasanya hal semacam ini terjadi pada remaja dan dewasa yang memiliki banyak tekanan dan tuntutan dalam hidupnya. Tapi, tahukah kamu? Sering merasa insecure juga bisa berdampak buruk bagi tubuh dan kesehatan baik fisik atau pun mentalmu, lho! Tak percaya? Simak baik-baik artikel penting di bawah ini!

Advertisement

1. Menyebabkan Depresi dan Gangguan Mental Illness

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Semakin sering kamu insecure, semakin tinggi juga rasa cemas yang akan kamu rasakan. Nah, rasa cemas yang berlebihan juga berdampak buruk dan membahayakan psikis seseorang, lho. Bukan hanya depresi yang akan kamu dapatkan, tapi juga mental illness lain yang juga akan ikut hadir membahayakan psikis kamu. Seperti stress hingga gangguan makan. Hal ini juga bisa membuat kamu menjadi sosok orang yang murung, tertutup, mudah gelisah, tak tenang, dan bahkan merasa minder terhadap diri sendiri dan orang lain.

2. Memandang Rendah Diri

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Hal paling mengerikan ketika kamu terus menerus ber-insecure adalah menggap diri sendiri rendah dan tak berharga. Kamu hilang semangat dalam menjalani aktivitas, kehilangan sahabat, dan bad vibes selalu datang menghampiri hidupmu. Dengan sikap seperti ini, kamu akan menjadi orang yang suka menyendiri, menutup diri dan tak mau bersosialisasi. Kamu juga akan kehilangan keindahan dirimu, lho! Bahaya sekali, bukan?

Advertisement

3. Tidak Percaya Diri

Bahaya Insecure (Foto oleh Moose Photos dari Pexels)

Bahaya Insecure (Foto oleh Moose Photos dari Pexels) via https://www.pexels.com

Insecure memiliki dampak buruk lainnya yakni membuat seseorang menjadi tak percaya diri alias minder. Pikiran negatif terus menguasai pikiranmu dan terus mengganggu kepercayaan dirimu. Kamu akan kehilangan semangatmu dan malas menjalani hari. Karena insecure, kamu menjadi tak percaya diri untuk membangun relasi dengan orang lain akibatnya kamu akan menyendiri dalam sepi. 

4. Aktivitas Terganggu

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu dampak dari insecure yang berlebih adalah aktivitas harian akan terganggu. Bagaimana tidak? Kamu akan selalu dihantui rasa takut dan cemas pada dirimu. Kamu tak percaya diri dengan semua hal yang kamu lakukan. Bahkan kamu juga akan bersikap tertutup dan enggan bersosialisasi dengan temanmu. Jika sudah seperti ini, kamu harus berubah dan menjadi insan yang lebih baik atau kamu bisa pergi ke psikiater untuk menjalani treatment.

 

Advertisement

5. Menyebabkan Penyakit Hati

Foto oleh ArtHouse Studio dari Pexels

Foto oleh ArtHouse Studio dari Pexels via https://www.pexels.com

Penyakit hati seperti iri hati merupakan salah satu buah dari insecure. Iri hati biasanya mengacu pada rasa tidak suka atas suatu hal milik orang lain. Setiap kita pasti pernah merasa iri, entah pada hidup orang, pencapaian, atau kepunyaan mereka.

Perasaan seperti ini bisa menjadi destruktif bagimu kalau kamu tidak segera mencabut tuntas akarnya. Apalagi jika kamu terus memendam, hal ini akan merusak jiwa kamu. So, stop insecure mulai sekarang!

Itulah dampak negatif yang akan kamu dapatkan jika kamu terus menerus ber-insecure. Mari jauhi sifat insecure dengan menanamkan sifat yang terus bersyukur atas segala sesuatu yang sudah kita miliki. So, dengan kamu bersyukur, kamu akan mengurangi beban dan tekanan yang ada di hati. Sehingga hidupmu akan lebih indah dan terhindar iri dan dengki.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis, menonton film dan belajar bahasa baru. Follow me @angelia.crn_

CLOSE