Dua tahun sudah aku meninggalkan Inggris Raya, lalu kamu dan Film Ayat-Ayat Cinta-2 membawakan kenangan indah itu kembali melintas. Membuatku ingin menghirupi kembali udara tempat penuh cinta itu, Fahri.

Iya, kamu membawakan kerinduan untuk kembali ke tempat dimana kata-kata “Thanks, Sorry, dan Please” dapat kutemui dimana mana. Dari sapaan supir bus, orang asing yang kutemui di subway sampai penjaga kedai-kedai kopi. Semua itu selalu sanggup membuat hatiku menghangat seketika, walau cuaca di sana seringkali membuat tubuhku harus berbalut coat tebal karena dinginnya.

Hampir empat tahun dulu aku hidup di sana, dan yang kutahu tempat itu bukan hanya menyuguhi keindahan alam, bangunan kunonya yang megah dan beragamnya objek wisata. Tapi justru suasananya yang tenang damai, udaranya yang segar dan bersih serta penduduknya yang hangat, membuat hati ini tertawan cinta sekian lama pada tempat itu.

Skotlandia, tanah penuh cinta itu bernama Skotlandia!

Sayangnya masih banyak yang belum tahu kalau Skotlandia adalah bagian dari Inggris Raya. United Kingdom (UK) atau Inggris Raya terdiri dari England, Skotlandia, Irlandia dan Wales. Sering kali orang hanya tertarik ingin ke UK karena ingin mengunjungi London, Manchester, Oxford ataupun Edensor karena pesona magis novel Andrea Hirata itu. Padahal Inggris bukan hanya tentang objek wisata yang mainstream itu. Cobalah pergi ke utara UK dan temukan Skotlandia yang penuh pesona. Sepertimu, Fahri!

Ah ingin kuceritakan tentang Skotlandia, tempat yang membuatku menjadi tawanan cintanya itu.

1. Buktikan Sendiri Indahnya Tempat Fahri Mengajar di University of Glasgow

University of Glasgow (Dokumentasi Pribadi)

University of Glasgow (Dokumentasi Pribadi) via http://www.siwimars.com

Seperti yang terlihat di film Ayat Ayat Cinta 2 itu, bangunan ala-ala Hoghwarts-nya Harry Potter di University of Glasgow begitu gigantis dan indah. Iya setting tempat sebenarnya kamu mengajar itu kan di University of Glasgow, walaupun ceritanya kamu dosen University of Edinburgh. Dan sayangnya saat itu kamu belum mengajar di sana ya, saat aku menjadi mahasiswa di University of Glasgow. Andai kita bertemu lebih cepat, mungkin tidak akan ada Hulya, tidak ada Aisyah. Dan cerita Ayat Ayat Cinta 2 akan jauh berbeda hahah..

Selain Main Building University of Glasgow, di dekatnya ada Kelvingrove Art Gallery and Museum, jadi dua tempat ini bisa dikunjungi sekaligus. Kemudian jangan lupa mengunjungi landmark-nya kota Glasgow, George Square. Tempat yang dibangun tahun 1781 ini terletak di city centre-nya Glasgow. Ada patung orang-orang penting seperti James Watt, Robert Burns, dan Sir Walter Scott lho.

Advertisement

Ada banyak tempat lain lagi yang juga menarik untuk dikunjungi. Taman-tamannya Glasgow juga cantik-cantik, tersebar di seluruh penjuru Glasgow, atau kalau kalian penggemar sepakbola, juga bisa mengunjungi stadion Glasgow Celtic ataupun juga markasnya Glasgow Rangers. Museum lainnya juga nggak kalah banyak dan menarik seperti GOMA (Glasgow of Modern Art), Riverside Museum (museum transport), Glasgow Science Centre, dan lain lain. Glasgow banyak sekali menawarkan pilihan tempat yang patut kalian kunjungi. Dulu aku suka menyusuri sungai Clyde, terkadang dengan sepeda, atau sekedar jalan kaki. Rasakan senyuman hangat, kebaikan orang orangnya dan tenangnya kehidupan di Glasgow. Ah, inilah tempat yang pernah kupanggil “rumah”.

Kata orang, rasa nyaman lebih berbahaya dari jatuh cinta, dan kota ini memberiku keduanya.

2. Edinburgh, Si Jelita dari Utara

Lanskap kota Edinburgh (Dokumentasi Pribadi)

Lanskap kota Edinburgh (Dokumentasi Pribadi) via http://www.siwimars.com

Kota cantik ini memang must to see banget kalau kalian ke Skotlandia. Belum ke Skotlandia kalau belum singgah ke Edinbugh. Kota yang termasuk UNESCO World Heritage Site ini memang mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Mulai dari Kastil Edinburgh, melihat indahnya landscape Edinburgh dari atas di Calton Hill, atau sekedar ingin mengunjungi The Elephant House, tempat JK Rowling menuliskan kisah Harry Potter. Bila kalian masih punya banyak waktu untuk menjelajahi Edinburgh, kalian bisa mencoba mendaki Arthur Seat yang memungkinkan untuk melihat Edinburgh dari puncak tertinggi.

Advertisement

Atau bila mau berfoto dengan kostum tradisional Scotland seperti mengenakan Kilt (rok tartan khas Skotlandia), ada jasa penyewaan kostum dan foto yang pasti sangat unik untuk dipajang di rumah. Kalau tertarik dengan wisata alam ada juga Edinburgh Botanical Garden dengan berbagai macam koleksi tanaman dan tempat edukasi yang menarik. Selain itu, ada University of Edinburgh dengan bangunan-bangunan antiknya yang seru untuk dikunjungi.

Kalau ingin wisata yang sedikit berbeda, cobalah ke Dean Village, yang menyuguhkan deretan rumah rumah dengan arsitektur yang unik dan suasana yang tenang. Kalau sudah lelah, bisa mampir ngopi-ngopi ataupun jalan-jalan memilih souvenir khas Scotland di daerah Royal Mile. Memang tak cukup sehari untuk menjelajahi pesona kota ini, namun kalian bisa memilih destinasi yang cocok bagi kalian untuk merasai detak jantung Skotlandia yang sebenarnya.

3. Jelajahi Pesona Kawasan Highland-nya Skotlandia

Glenfinnan-Highland (Dokumentasi pribadi)

Glenfinnan-Highland (Dokumentasi pribadi) via http://www.siwimars.com

Kawasan Highland-nya Skotlandia juga jangan sampai terlewatkan. Kalian akan merasakan sensasi yang berbeda ketika menginjakkan kaki di Highland. Topografi daerah Skotlandia memang ada yang termasuk Lowland (dataran rendah) dan Highland (Dataran tinggi). Di Highland, ada kawasan Glencoe, tempat syuting Film Skyfall-nya James Bond, ada Eilean Donan Castle di Isle of Sky di film the World is Not Enough.

Ingat rel kereta api legendaris Hogwart Express di film Harry Potter? Nah itu ada di Glen finnan viaduct. Kemudian cerita legenda Monster Nessie dapat pula kalian temukan di Loch Ness. Kalau ingin suasana kota pelabuhan yang cantik, lengkap dengan seafood dan coklat panas? Ada kota Oban yang cocok banget untuk berbulan madu *eh.

Atau kalau pergi ke sana saat winter, cobalah ke Nevis Range. Kalian bisa bersalju ria, mencobai ski dan naik gondola. Dalam hidup, kita mungkin akan merasakan pengalaman yang semacam “once in a lifetime”. Dan ini benar-benar terasa bila kalian ke Highland. Rasanya seperti membawa kenangan harta karun yang akan dibawa seumur hidup. Kawasan ini benar-benar surga tersembunyi di bagian Utara Inggris Raya.

4. Jatuh Cintalah Seperti Kate-Will di St. Andrews

The North Point Cafe (Dokumentasi Pribadi)

The North Point Cafe (Dokumentasi Pribadi) via http://www.siwimars.com

Bila ingin merasakan suasana romantisme kota kecil dimana Kate dan Prince Williams bertemu, datanglah ke St. Andrews. Ada cafe yang katanya tempat Kate dan Will bersua dan minum kopi bersama. Kota ini memang memang cocok untuk bersantai, berjalan keliling kota mengunjungi St Andrews Catedral, St Andrews Castle atau sekedar nongkrong di kafe-kafe sembari minum kopi bersama orang tercinta.

Kadang-kadang travelling itu bukan tentang seberapa banyak objek wisata yang bisa kamu pampang di laman sosial mediamu, atau berapa like orang-orang pada foto-foto liburanmu. Tapi kesan dan cerita yang tertinggal ketika kamu telah meninggalkan tempat itulah yang akan kamu kenang. Dan tempat ini bisa membuatmu jatuh cinta kembali, mungkin pada pasangan, orang tua, ataupun sahabat. Dan yang terpenting lagi yakni jatuh cinta pada dirimu sendiri lagi.

5. Dari Pakaian Tradisional Kilt, Tarian Ceilidh hingga Alat Musik Bag pipes

Memakai kostum khas Scotland (Dokumentasi Pribadi)

Memakai kostum khas Scotland (Dokumentasi Pribadi) via http://www.siwimars.com

Selain penduduknya yang super baik dan ramah, daratan bagian utara UK ini juga kaya akan budaya. Ada Kilt, pakaian tradisional Skotlandia dengan khas bermotif tartan itu. Kalau ini berfoto menggunakan kilt lengkap dengan kostum khas Scotland, kalian bisa ke daerah dekat kastil Edinburgh, ada persewaan Kilt lengkap dengan paket fotonya. Atau kalau mau mencobai kostum Scotland gratisan seperti foto saya di atas, coba saja ke Museum of Edinburgh.

Skotlandia juga terkenal dengan alunan musik bag pipes, kalau pas beruntung dapat kita temui pertunjukan itu di jalanan kota-kotanya. Di saat-saat tertentu, ada pula pertunjukan tari tradisional mereka, Ceilidh. Biasanya tarian ini dimainkan saat di pesta pernikahan, perayaan ataupun festival. Kadang-kadang pergi ke tempat-tempat yang jauh, bukan hanya tentang melihat betapa indahnya suatu tempat. Tapi melihat peradaban yang berbeda, budaya serta gelenyar hal-hal baru yang membuat hidup kita terasa baru.

Menuliskan ini semua membuatku terkenang akan tempat itu. Aku masih ingat dengan jelas pemandangan khas Skotlandia. Domba-domba yang merunduk asik mengunyah di padang menghijau, barisan bangunan tua dipadu dengan sentuhan modernitas, serta senyuman ramah para penduduknya.

Ah dua tahun itu lama, Fahri. Rindu pada tanah penuh cinta itu selalu saja seperti memanggil-manggilku untuk kembali. Rindu itu berat Fahri, mari kita tanggung berdua. Bawa aku ke UK (Lagi), Fahri!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya