Ada banyak istilah dalam bahasa Indonesia yang mungkin jarang kita dengar atau gunakan sehingga terdengar asing, atau bahkan kita tidak mengetahui tentang bahasa tersebut. Apa sajakah itu? Mari simak beberapa kosakata di bawah ini yang mungkin jarang didengar atau digunakan.

1. Petrichor

Ilustrasi Petrichor

Ilustrasi Petrichor via https://www.google.co.id

Petrichor atau petrikor adalah aroma harum tanah kering saat terkena hujan. Ini merupakan bahasa Yunani. Terbayang bagaimana aroma tanah saat mulai dibasahi hujan?

2. Penatu

Ilustrasi Penatu

Ilustrasi Penatu via https://www.google.co.id

Mungkin selama ini kalian lebih mengenal kata "binatu" daripada "penatu". Tahu kah kalian kalau "penatu" lah yang merupakan kata baku?

Advertisement

Penatu adalah usaha atau orang yang bergerak di bidang pencucian (penyetrikaan) pakaian, dobi, dan benara. Bentuk tidak bakunya adalah binatu, menatu dan minatu.

3. Pramusiwi

Ilustrasi Pramusiwi

Ilustrasi Pramusiwi via https://www.google.co.id

Pernah dengar kata "pramusiwi"? Mungkin yang lebih akrab terdengar di telinga kita selama ini adalah "baby sitter".

Pramusiwi adalah wanita yang bekerja pada suatu keluarga dengan tugas merawat bayi atau anak-anak kecil keluarga yang bersangkutan, yaitu pengasuh anak.

4. Gana-gini

Ilustrasi gana-gini

Ilustrasi gana-gini via https://www.google.co.id

Advertisement

Kata "gono-gini" mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita, biasa dibahas ketika ada sepasang suami istri yang ingin bercerai. Tapi tahu kah kalau "gono-gini" bukan merupakan kata baku yang terdapat dalam KBBI, bentuk bakunya adalah "gana-gini".

Gana-gini = harta yang berhasil dikumpulkan selama berumah tangga sehingga menjadi hak berdua suami dan istri.

5. Nayanika

Ilustrasi Nayanika

Ilustrasi Nayanika via https://www.google.co.id

Nayanika merupakan bahasa Sansekerta yang artinya adalah mata yang indah dan memancarkan daya tarik. Kosakata ini belum ada di dalam KBBI. Nayanika memiliki arti yang bagus, bukan? Barangkali ada yang ingin memberi nama anaknya dengan nama Nayanika.

6. Marcapada

Pernah dengar "marcapada" sebelumnya? Jika belum, marcapada artinya adalah dunia nyata (tempat makhluk hidup), yaitu bumi. Marcapada memiliki bentuk tidak baku berupa "mercapada" dan "mercupada".

7. Kredo

Ilustrasi Kredo

Ilustrasi Kredo via https://www.google.co.id

Kata "kredo" mungkin masih asing dan jarang terdengar di telinga kita. Kredo memiliki arti yaitu pernyataan kepercayaan (keyakinan) atau dasar tuntunan hidup.

8. Swafoto

Ilustrasi Swafoto

Ilustrasi Swafoto via https://www.google.co.id

Kalau ini, pasti di antara kalian sering melakukannya. Ya, swafoto adalah kata lain dari selfie. Swafoto adalah potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera ponsel atau kamera digital, biasanya untuk diunggah ke media sosial. Jadi setelah mengetahui ini, kalian akan tetap menggunakan kata selfie atau beralih menjadi swafoto?

Nah, sekarang perbendaharaan kata kalian semakin banyak kan? Indonesia itu kaya sekali akan kosakata. Kalian sudah mulai bisa menggunakan beberapa kosakata baru nih. Mari kita giatkan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya