Beberapa Penyebab Seseorang Merasa Tidak Layak Dicintai, Kamu Termasuk?

Orang-orang yang ragu bahwa ia layak dicintai

Tak jarang seseorang mengalami perasaan tak layak dan tak pantas untuk dicintai. Hal ini seringkali menghampiri pada diri seseorang sehingga tumbuh rasa minder. Takut gagal menjalin hubungan, takut tidak bahagia, takut karena tidak sesuai ekspetasi, hal ini yang pada akhirnya menggerogoti kepercaaan diri kita hingga habis.

Alih-alih merasakan ketentraman justru hanya emosi negatif yang dibiarkan berlarut-larut sehingga menjadi masalah dalam hubungan percintaan. So, sebelum mengatasi perasaan dan pikiran negatif yang melanda,kamu perlu tahu penyebabnya agar bisa memahaminya, berikut faktor penyebab seseorang merasa tidak layak dicintai.

Advertisement

1. Hati dan Lisan yang Belum Siap

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Foto oleh Pixabay dari Pexels via http://www.pexels.com

Tak sedikit orang-orang yang meyakini bahwa dirinya tidak mungkin dicintai. Padahal sebenarnya mereka menarik. Namun, banyak yang tak sadar akan pesona dalam dirinya. Sehingga banyak orang yang cenderung menolak dengan alasan remeh saat akan diperkenalkan dengan seseorang.

Mereka juga akan memasang mimik wajah datar bila ditembak pertanyaan “Mungkin kamu saja yang standarnya terlalu tinggi”. Orang-orang yan memiliki pemikiran bahwa dirinya tak layak secara tidak langsung ia tidak mengakui nilai dirinya bahkan seringkali mereka tidak yakin bisa mencintai atau berhubungan dalam waktu yang lama.

Advertisement

2. Muncul Rasa Rendah Diri

Foto oleh Trinity Kubassek dari Pexels

Foto oleh Trinity Kubassek dari Pexels via http://www.pexels.com

Banyak orang yanng tak sadar akan pesona dalam dirinya. Sebaik apapun orang yang yang mendekatinya mereka tak akan bisa menerima, “Aku belum siap”, atau “sifat kita sepertinya berbeda” istilah menolak dengan halus. Maka tak sedikit seseorang yang melepaskan cintanya karena rasa rendah diri.

Keyakinan bahwa diri tak layak di padu dengan penyesalan telah melepaskan orang yang dicintai, semakin berulang maka semakin memandang rendah diri sendiri dan tak bisa mempercayai diri sendiri.

3. Rasa tidak Percaya diri yang merusak hubungan

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels via http://www.pexels.com

Orang yang tak percaya dengan kemampuan serta daya tarik pada diri sendiri nyatanya mudah memiliki masalah terutama dalam berhubungan dengan orang lain. Dalam benaknya selalu menyimpan keraguan “Kenapa ia mencintaiku?” Padahal tak ada alasan untuk mencintaiku.

Advertisement

4. Kurang mencintai diri sendiri

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels via http://www.pexels.com

Cinta adalah emosi. Hal tersebut tidak lantas timbul ketika kita menginginkannya. Cinta tidak mungkin menyembul secara tiba-tiba hanya dengan kita berteriak “Aku pantas dicintai!” Sementara kita tidak mencintai diri sendiri dengan sungguh-sungguh. Untuk itu, kita tidak bisa memaksa untuk segera mencintai diri sendiri karena itu tidak akan terjadi.

 

5. Anggapan bahwa diri sendiri tidak layak

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels via http://www.pexels.com

Di dunia ini tidak ada orang yang hanya dilimpahi dengan kualifikasi dan nilai untuk dicintai. Tak ada orang yang sempurna dalam semua sisi sama halnya dengan tidak ada orang yang tidak berguna dimanapun ia berada, yang ada hanya orang yang percaya bahwa dirinya tak pantas untuk dicintai.

So untuk Sobat Hipwee, untuk mengetahui layak atau tidak, maka pandanglah diri kita dengan jujur, amati dengan teliti apakah kita dipengaruhi oleh keadaan sekitar atau karena dipengaruhi hal lain, lalu bagaimana peengaruh tersebut, apakah mengubah sikap dan sifat kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Selain suka buku aku juga suka halu

CLOSE