Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh, apa kabar sahabat seiman? Semoga kita semua selalu dalam rahmat-Nya. Ilmuwan di dunia ini banyak sekali ya sahabat tapi tahu nggak kalau ilmuwannya orang muslim itu memiliki ciri-ciri tersendiri? Mau tau apa aja ciri-cirinya? Yuk simak uraian berikut.

1. Sungguh-sungguh dalam belajar

Belajar Dengan Sungguh-Sungguh

Belajar Dengan Sungguh-Sungguh via https://i0.wp.com

Nggak ada ilmuwan muslim yang bercanda dalam belajar ya kawan, semua ilmuwan muslim pasti sungguh-sungguh dalam belajar. Bagi mereka belajar adalah nomor satu dari yang nomor satu, menuntut ilmu adalah segala-galanya. Bahkan nih, ada ilmuwan muslim yang sampai nggak ada waktu untuk menikah selama hidupnya gara-gara sibuk belajar, seperti Ibnu Jarir Ath-Thabari . Wah, masih ada nggak ya kira-kira orang zaman sekarang yang nggak sempat menikah karena sibuk belajar? Hihihi.

2. Berpihak dalam kebenaran

Membela Kebenaran

Membela Kebenaran via https://www.google.com

Advertisement

Seorang ilmuwan muslim pastilah memiliki ilmu dari tuntunan Allah SWT maka, ilmuwan muslim tidak akan membodohi atau bodoh terhadap sesuatu dengan ilmu yang telah didapatkannya, sehingga ilmuwan muslim selalu berpihak pada kebenaran.

3. Kritis dalam belajar

Mengkritisi Hal

Mengkritisi Hal via https://www.google.com

Selain belajar dengan sungguh-sungguh ilmuwan muslim selalu kritis dalam belajarnya, tidak hanya mempelajari namun, juga mengkritisi ilmu yang pelajarinya.

4. Menyampaikan ilmu

Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu via https://www.google.com

Tidak hanya belajar dan mempelajari, seorang ilmuwan muslim akan membagi-bagikan ilmunya pada murid yang berguru padanya. Ilmuwan muslim tidaklah egois dengan penegetahuan, karena prinsip yang telah ditanamkan oleh pemimpin kaum muslim, Baginda Rasulullah SAW adalah semakin ilmu itu dibagi maka semakin ilmu itu akan bertambah.

5. Bangun waktu malam

Advertisement

Kunci sukses para ilmuwan muslim di dunia adalah bangun malam. Bangun malam tapi untuk beribadah loh ya, bukan untuk cari makan. Waktu yang sangat tepat untuk bermeditasi dengan Allah SWT adalah waktu malam. Maka, para ilmuwan muslim selalu istiqomah bangun malam untuk mencari petunjuk Allah mengenai ilmu yang sedang dipelajari atau dieksperimenkannya.

Demikianlah ciri-ciri ilmuwan muslim, sekarang tau kan ya bedanya ilmuwan muslim dan non-muslim? Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

waassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya