Belajar Nggak Harus Bikin Dahi Berkerut. Bisa Kok Belajar Itu Dibikin Seasyik Jalan-jalan ke Mall

Belajar tak harus dibawa stress dan pusing. Dibikin santai aja!

Biasanya saat mendengar kata ujian, ada beban tersendiri yang terasa berat untuk dipikul. Ujian seakan jauh dari kata bersenang-senang dan bikin kamun jadi nggak punya cukup waktu untuk hang out atau jalan-jalan sama teman. Jangankan ujian sekolah, ulangan harian atau kuis saja sudah bikin deg-degan dan takut kalau hasilnya nggak mencapai standar. Ujung-ujungnya ketemuan lagi sama yang namanya remedial. Yuk! Simak tips belajar asik yang bikin kalian nggak perlu merasa terbebani, karena remaja keren sejatinya harus berbahagia di tengah ujian yang penuh tantangan.

Advertisement

1. Cari teman yang baik dan bisa bantu kamu menguasai materi yang sulit kalian cerna

https://www.freepik.com/free-photo/young-people-studying-using-laptop_2544167.htm#page=1&query=learning%20with%20friends&position=37

https://www.freepik.com/free-photo/young-people-studying-using-laptop_2544167.htm#page=1&query=learning%20with%20friends&position=37 via https://www.freepik.com

Sebenarnya kamu bisa belajar dari siapa saja. Namun alangkah lebih menyenangkan jika kamu dapat belajar sesuatu atau materi pelajaran dari teman yang kamu anggap asik dan menyenangkan dalam menerangkan materi. Jika kamu sudah nyaman dengan teman tersebut, maka nggak ada rasa segan untuk bertanya. Kamu juga bisa dengan bebas minta dibimbing sesuai tempo belajar kamu. Jadi kamu benar-benar berhasil memahami materinya dengan baik. 

Coba yuk cari teman yang mana ya yang cocok untuk mendampingi kamu dengan sabar, nyaman, dan seru dalam belajar. Kalau udah nyaman kamu nggak bakal malu atau segan untuk bertanya saat nggak paham sama penjelasannya.

Advertisement

2. Kenali kepribadian kamu

https://www.freepik.com/free-photo/diverse-friends-students-shoot_3276267.htm#page=2&query=personality&position=31

https://www.freepik.com/free-photo/diverse-friends-students-shoot_3276267.htm#page=2&query=personality&position=31 via https://www.freepik.com

Jika kamu menilai bahwa dirimu adalah orang yang senang belajar di tengah keramaian, mungkin belajar kelompok dapat menjadi salah satu alternatif. Belajar kelompok memungkinkan kamu untuk mendiskusikan materi bersama, mengutarakan pendapat, dan berbagi informasi.

Tapi kalau kamu merasa dirimu adalah pribadi yang lebih nyaman belajar dalam suasana hening, nah cobalah belajar sendiri di tempat yang tenang. Kalau butuh referensi, tentu kamu bisa mencari di internet atau di buku. Eits, tapi kalau dari beberapa referensi enggak ketemu juga, jangan sungkan untuk bertanya kepada teman, guru, atau dosen ya.

3. Kasih reward untuk diri kamu saat berhasil disiplin dalam belajar

https://www.freepik.com/free-photo/adult-men-jumping-nature-posing-mid-air_4703120.htm#page=1&query=hang%20out%20with%20friends&position=3

https://www.freepik.com/free-photo/adult-men-jumping-nature-posing-mid-air_4703120.htm#page=1&query=hang%20out%20with%20friends&position=3 via https://www.freepik.com

Boleh banget loh untuk memberi penghargaan untuk diri sendiri, supaya lebih semangat dalam belajar. Misalkan kamu sudah tekun banget dalam mengerjakan soal latihan, fokus belajar, boleh dong kasih apresiasi ke diri sendiri, seperti kasih waktu untuk diri kamu menjalankan sejumlah hobi atau kesenangan, seperti pergi berlibur sama teman-teman, main gadget atau gawai, jalan-jalan ke mall, nonton drama Korea favorit, makan makanan yang diidam-idamkan, dll.

Advertisement

4. Kalo kamu jago banget di materi tertentu, ajari teman yang belum mengerti

https://www.freepik.com/free-photo/young-students-campus-helps-friend-catching-up-learning_1211551.htm#page=1&query=learning%20with%20friends&position=3

https://www.freepik.com/free-photo/young-students-campus-helps-friend-catching-up-learning_1211551.htm#page=1&query=learning%20with%20friends&position=3 via https://www.freepik.com

Salah satu cara untuk menambahkan rasa percaya diri yaitu dengan mengajarkan teman-teman kamu yang belum mengerti materi tertentu. Saat kamu melihat temanmu jadi lebih paham tentang suatu materi, maka rasa percaya diri itu pasti muncul dalam dirimu, kalau ternyata kamu itu hebat dan mampu. Ajari teman untuk materi yang paling kalian kuasai ya. Hal ini bakal bikin belajar jadi terasa menyenangkan, karena kamu berlaku layaknya guru untuk temanmu. 

Anggap saja kamu belajar untuk lebih berempati dan memahami teman kamu dan belajar menuntun. Makin sering kamu membantu teman dalam belajar, skill kamu dalam menguasai materi itu otomatis bertambah juga. Jadi nggak ada ruginya membantu teman sendiri lebih semangat untuk belajar. 

5. Cari spot yang menyenangkan untuk belajar

https://www.freepik.com/premium-photo/students-friends-meeting-discussion-studying-concept_4404556.htm#page=1&query=study%20at%20cafee&position=1

https://www.freepik.com/premium-photo/students-friends-meeting-discussion-studying-concept_4404556.htm#page=1&query=study%20at%20cafee&position=1 via https://www.freepik.com

Belajar nggak melulu harus di kelas, ruang belajar, atau kamar. Kamu bisa pilih beberapa tempat yang bikin kamu nyaman dan lebih semangat belajar. Misalkan kedai kopi, taman, teras rumah, atau tempat-tempat lainnya. Siapa tahu di sana kamu malah jadi dapat banyak inspirasi dan cepat dalam menyerap informasi ketika belajar.

6. Pikirkan orang-orang yang akan bahagia dengan prestasi yang kamu cetak

https://www.freepik.com/premium-photo/parents-congratulate-student-who-finish-their-studies_5056304.htm#page=1&query=proud%20parents&position=5

https://www.freepik.com/premium-photo/parents-congratulate-student-who-finish-their-studies_5056304.htm#page=1&query=proud%20parents&position=5 via https://www.freepik.com

Coba kamu ingat-ingat lagi orang-orang penting yang akan tersenyum bangga dan bahagia atas keberhasilan kamu mencetak prestasi. Bayangkan keluarga kamu yang bangga, guru-guru yang senang atas pencapaian dan usaha yang kamu upayakan, teman-teman, gebetan, atau bahkan pacar yang ikut bahagia atas keberhasilanmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE