#BelajarDiNegeriOrang-5 Tips Belajar Bahasa Inggris Dasar, Persiapkan Score TOEFL Sebelum ke Luar Negeri

Belajar Bahasa Inggris Dasar

Belajar di luar negeri adalah mimpi dari banyak orang untuk mendapatkan ilmu dan kualitas diri. Setiap negara yang menawarkan program internasional di universitas nya, hampir semua menggunakan bahasa Inggris. Tak hanya universitas yang membutuhkan semua aplikasi dengan bahasa Inggris tetapi dengan program beasiswanya  yang meminta kamu  untuk menyiapkan sertifikat TOEFL sebagai bukti bisa berbahasa Inggris, di tahap interview atau wawancara juga harus menggunakan bahasa Inggris dengan baik.

Oleh karena itu, segera persiapkan hal ini dari jauh-jauh hari terutama kamu yang masih kelas 10 atau 11 untuk belajar bahasa Inggris. Artikel ini menjelaskan tentang tips belajar bahasa Inggris  dari dasar untuk kamu yang belum tahu ingin memulai belajar dari mana. Simak tips berikut dan lakukan dengan baik ya. Semangat!

Advertisement

1. Reading

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Membaca adalah pembelajaran awal untuk belajar bahasa Inggris yang memiliki banyak manfaat. Kamu dapat memulai dengan membaca buku berbahasa Inggris dengan struktur gramatikal yang ringan seperti cerita fabel atau cerita anak-anak. Jika sudah memahami artinya dan cara membacanya, kemudian lanjut ke buku novel dan komik seperti Harry Potter dan Naruto   edisi bahasa Inggris.

Biasakan diri kamu untuk selalu membaca berita dan jurnal berbahasa Inggris. Kamu juga harus membaca buku tentang pengetahuan umum seperti  Historical World dan buku mengenai jurusan saat kuliah nanti. Dengan begitu, kamu akan terbiasa dengan kata-kata bahasa Inggris, meningkatkan  vocabulary  dan pronunciation, dan memahami unsur grammar yang dibacaJangan lupa juga untuk mengatur bahasa di hp kamu  dengan bahasa Inggris.

Advertisement

2. Listening

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Mendengarkan kalimat berbahasa Inggris di awal memang sulit. Tetapj jika kamu terbiasa mendengar dan meniru kalimatnya, kamu akan cepat bisa menyerap kalimat-kalimat itu dan lebih memahami.

Oleh karena itu, bagaimana cara menguasai kemampuan listening-mu dengan baik, padahal kamu belum pernah belajar materi listening ini? Ada 3 cara ampuh untuk menguasai kemampuan listening-mu, yaitu:

Advertisement

Menonton film

Kamu dapat menonton film berbahasa Inggris di berbagai platform yang terdapat film-film berbahasa Inggris atau Hollywood. Film yang dapat kamu tonton untuk belajar bahasa Inggris adalah seperti Toy Story, Harry Potter, The Hunger Games, Finding Nemo, dan berbagai film lainnya. Metode belajar listening dengan menonton film adalah : 

  1. Pertama, cobalah putar film tanpa subtitle bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sampai film selesai. Hal ini ditujukan untuk melatih telinga dan menangkap kalimat bahasa Inggris ke otak. Telinga kamu akan peka dengan kalimatnya. 
  2. Kedua, putar kembali film dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris. Hal ini dapat membuat telinga kamu jadi lebih terbiasa dan lebih memahami kalimatnya. 
  3. Terakhir, putar ulang film dengan menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Hal ini dapat menambah vocabulary pada kalimat yang diucapkan. Jangan lupa untuk mengulang metode ini dengan film yang berbeda.

Menonton Youtube

Di youtube banyak sekali konten edukasi untuk siapapun secara gratis, konten edukasi bahasa Inggris menjamur diberbagai kalangan. Oleh karena itu, kamu harus memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar bahasa Inggris supaya skill listening kamu meningkat.

Ada banyak channel youtube yang mengedukasi bahasa Inggris seperti English Class 101, English with Lucy, Linguamarina, BBC Learning English, Learn English with TV Series, dan masih banyak lagi. Bahkan kamu pun bisa belajar pengetahuan umum dengan bahasa pengantar bahasa Inggris loh seperti Ted Talk dan National Geographic.

Kalau kamu terus melatih kemampuan listening dan meniru pronunciation-nya, dijamin kamu akan siap dengan soal TOEFL listening nanti.

Mendengarkan Podcast

Podcast salah satu alat latihan kamu untuk upgrade kemampuan listening-mu supaya jadi lebih matang lagi. Ada banyak podcast dari platform musik seperti Spotify yang menyajikan bahan podcast untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk terus latihan mendengarkan dengan podcast bahasa Inggris, ada Espresso English, Adept English, English Plus Podcast, Plain English, dan podcast lainnya yang dapat membantu kemampuan listening-mu.

3. Writing

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Untuk kamu yang belum bisa menulis sesuatu dengan bahasa Inggris, kamu perlu memulainya dengan menulis sesuatu yang ingin kamu tulis misalnya ‘perkenalan diri’ atau ‘bagaimana perasaanmu hari ini’ ataupun ‘mimpi dan tujuanmu' dengan bahasa Inggris. Boleh juga ketika kamu menulis itu sambil membuka kamus, karena pastinya akan menambah vocabulary.

Memang diawal menulis akan terasa sulit tetapi jika terus belajar, nantinya akan terbiasa dan meningkat. Kamu juga bisa meningkatkan skill writing-mu dengan menulis artikel atau narasi berbahasa Inggris di blog atau hipwee ini. Kalau kamu ingin belajar di luar negeri, pastinya kamu butuh banget motivation letter atau essay untuk persayaratan studi di sana.

Maka dari itu, kamu harus belajar bagaimana membuat motivation letter ataupun essay ini. Kalau terus diasah dan terbiasa menulis dengan bahasa Inggris dijamin bisa mengerjakan soal TOEFL writing dengan benar.

4. Speaking

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Berbicara bahasa Inggris memang kemampuan aktif yang paling sulit. Tetapi kalau kamu berani untuk berbicara bahasa Inggris tanpa takut salah, itu akan meningkatkan kemampuanmu pada bidang ini. Di awal memang salah, namun, kamu bisa mencari teman yang bisa diajak berbicara dengan bahasa Inggris agar kemampuanmu dapat dikoreksi dan kamu dapat memperbaikinya.

Seperti yang disebutkan, hal yang diperlukan untuk belajar berbicara bahasa Inggris adalah dengan ‘mencoba’ beberapa kalimat atau ungkapan dalam bahasa Inggris. Kamu dapat melakukannya di depan kaca seolah-olah berbicara dengan native speaker. Ada banyak e-book gratis di platform tertentu yang berisi idioms, slang America, dan vocabulary.

Disana kamu dapat menghafal dan mencoba berbicara berulangkali sampai bisa dan terbiasa. Belajarlah pronunciation sambil meniru di channel youtube yang disebutkan di atas. Dengan begitu kamu dapat meningkatkan skill listening dan speakingmu.

5. Structures

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Belajar di luar negeri TOEFL-mu harus lengkap dengan soal “Structure and Written Expression”. Soal ini berbentuk pilihan ganda (multiple choice) berupa A, B, C, dan D dengan jumlah soal 50 butir. Ada 2 bagian soal yang berbeda, yaitu :

Bagian pertama, adalah soal pilihan ganda yang berjumlah 10-20 soal. Soal ini adalah melengkapi kalimat yang rumpang yang sesuai dengan struktur gramatikal.

Bagian kedua, adalah soal pilihan ganda yang berjumlah 20-30 soal. Soal ini berupa kalimat dengan 4 kata atau frasa yang digaris bawahi, dari 4 kata atau frasa tersebut kamu harus memilih 1 kata atau frasa yang salah pada kalimat itu atau yang tidak sesuai dengan struktur gramatikal.

Persiapkan diri kamu untuk belajar dasar bahasa Inggris (basic in English) dari tata bahasanya hingga kemampuan fisiknya. Untuk meningkatkan kemampuan di soal ini, kamu harus latihan so setiap hari. Ada banyak buku atau e-book yang menyajikan soal-soal sebagai bahan latihan kamu. Semangat!

Belajar apapun memang sulit tak terkecuali belajar bahasa Inggris, kalau kemampuan di bidang akademis  ataupun non akademis itu mudah pasti usahanya tidak akan berharga. Untuk kamu yang sedang belajar untuk mengejar mimpimu, terus positive thinking dan jangan menyerah! Usahamu akan terbalas dengan kesuksesan yang diharapkan.

Demikian artikel ini tentang belajar bahasa Inggris dasar, semoga dapat membantu kamu yang ingin kuliah ke luar negeri tetapi belum tahu ingin memulai dari mana. Terima kasih dan semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE