#BelajarDiNegeriOrang-Alasan Kamu Harus Kuliah Komunikasi di Amerika Serikat

Alasan Mengapa Harus Kuliah Komunikasi di Amerika Serikat

Kuliah jurusan komunikasi merupakan salah satu pilihan favorit bagi anak IPS nih, khususnya bagi yang nggak terlalu suka dengan hitung-hitungan. Dalam jurusan komunikasi, kamu akan belajar beberapa keahlian, misalnya public speaking, fotografi, desain, menulis, serta masih banyak keahlian lainnya yang dapat kamu pelajari saat memilih jurusan komunikasi.

Amerika Serikat merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk belajar mengenai komunikasi. Tak sedikit juga pelajar di Indonesia yang melanjutkan studi komunikasi ke Amerika Serikat.  Kenapa ya, Amerika Serikat menjadi alasan yang tepat untuk melanjutkan studi komunikasi? Cek beberapa alasan berikut, yuk!

Advertisement

1. Memiliki Universitas Peringkat Tinggi di Dunia

Photo by EasyUni

Photo by EasyUni via https://easyuni.com

Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki beragam universitas dengan tingkat prestasi yang sudah tidak diragukan lagi. Sistem pendidikan yang tinggi dan mapan menjadikan universitas di Amerika Serikat sebagai pilihan yang tepat untuk melanjutkan studi.

Bahkan, Amerika Serikat juga dikenal sebagai gudangnya lulusan terbaik dunia untuk jurusan MBA. Terdapat beberapa universitas terbaik di Negeri Paman Sam untuk jurusan komunikasi, yaitu ada Northwestern University, University of Southern California, Stanford University, Westmont University, Brown University, serta masih banyak lainnya.

Advertisement

Jadi, mau pilih kuliah di universitas mana nih, gengs?

2. Dibekali Sistem Pendidikan Liberal Arts

Photo by fauxels from Pexels

Photo by fauxels from Pexels via https://www.pexels.com

Tidak heran bila lulusan universitas di Amerika Serikat merupakan orang-orang sukses dengan kemampuan ilmu yang luar biasa. Hal ini disebabkan karena sistem pendidikan yang bermutu tinggi, serta mahasiswa yang dididik dengan sistem liberal arts.

Liberal arts ialah sistem pendidikan yang mengajarkan berbagai cabang ilmu dasar dalam mata kuliah pengantar. Dengan adanya liberal arts ini, mahasiswa dapat lebih bersiap jika harus berkarir di luar jurusan kuliahnya, karena mahasiswa dengan lulusan liberal arts telah dibekali dengan soft skills dan wawasan yang luas.

Advertisement

3. Lingkungan Akademik yang Fleksibel

Photo by Ivan Samkov from Pexels

Photo by Ivan Samkov from Pexels via https://www.pexels.com

Banyak universitas di AS yang memiliki ruang lingkup akademik yang fleksibel. Dengan mengubah struktur kelas serta metode pengajarannya, tentunya hal ini dapat membantu mahasiswa agar lebih mudah memahami materi pembelajaran, serta dapat belajar dengan tidak membosankan. 

Sistem belajar yang dikenal santai, membuat mahasiswa tidak berkewajiban untuk hadir di setiap kelas, atau tinggal selama satu kuliah penuh. 

4. Banyak Pilihan Spesialisasi

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Beragam peminatan atau spesialisasi dalam jurusan komunikasi yang ditawarkan oleh universitas di AS sangatlah beragam. Mahasiswa memiliki pilihan yang sangat banyak bila berkuliah komunikasi di AS.

Misalnya, spesialisasi Ilmu Komunikasi, Ilmu Media, Komunikasi Internasional, Komunikasi Profesional, Manajemen Komunikasi, Jurnalistik, Media Pemasaran, Hubungan Masyarakat, Desain Multimedia, dan masih banyak lainnya.

5. Prospek Karir yang Menjanjikan

Photo by Joshua Mcknight from Pexels

Photo by Joshua Mcknight from Pexels via https://www.pexels.com

Prospek karir lulusan komunikasi sangatlah banyak dan memiliki peluang yang sangat besar. Memiliki beragam spesialisasi, tentunya membuat peluang kerja yang dimiliki oleh lulusan komunikasi juga sangat bervariasi.

Adapun pilihan karir bagi lulusan komunikasi ialah Jurnalis, Copywriter, Reporter, Public Relation, Penyiar, Diplomat, Analisis Marketing, dan lain sebagainya.

Hayo.. Ingin berkarir sebagai apa nih?

Nah, untuk memudahkan kamu dalam berkuliah di AS, Qatar Airways Student Club menawarkan program global eksklusif bagi pelajar di seluruh dunia. Dengan adanya Qatar Airways Student Club, kamu dapat merencanakan perjalanan kuliahmu dengan berbagai manfaat yang sangat beragam. Jadi, jangan lupa untuk daftarkan dirimu, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing with Sincere

CLOSE