#BelajarDiNegeriOrang-Kira-Kira Apa Aja yang Dibutuhkan untuk Melanjutkan Studi ke Korea Selatan

Pesona keindahan alam maupun keramahan orang Korea Selatan selalu ditampakkan secara jelas di dalam drama Korea atau dalam video clip boyband maupun girlband. Tak heran, jika para pemuda dari penjuru dunia mulai berlomba-lomba untuk berangkat ke Korea Selatan dengan berbagai cara. Antara lain melalui program kursus pelajaran, beasiswa, bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia, bahkan menikah dengan orang Korea Selatan. 

Selain daya tarik dari budaya, kuliner, wisata alam atau buatan, dan boyband maupun girlband, Korea Selatan juga menjadi incaran para pencari beasiswa perguruan tinggi. Budaya masyarakatnya yang sangat disiplin mengajarkan para masyarakatnya untuk berani mengambil tantangan di kehidupan. Selain itu, negara Gingseng ini merupakan salah satu negara yang memiliki kualitas dan iklim pendidikan yang bagus di benua Asia.

Pemberian izin bekerja paruh waktu untuk mahasiswa luar negeri juga menjadi salah satu alasan para mahasiswa memilih melanjutkan studi ke Korea Selatan. Tapi, sebelum kamu berangkat, kamu harus tahu nih, hal-hal yang kamu butuhkan sebelum berangkat studi lanjut ke Korea Selatan. 

Advertisement

1. Mantapkan mentalmu terlebih dahulu, karena menempuh pendidikan tinggi akan menguras pikiran, tenaga, dan hati

Photo by Anne Keiichi

Photo by Anne Keiichi via https://pin.it

Jangan karena kamu menyenangi Korea Selatan karena penampakannya di film yang terlihat indah sehingga mengalihkan tujuan utama kamu dalam menuntut ilmu. Persiapkan mentalmu lebih matang sebelum berangkat, tanyakan pada hatimu apakah kamu benar-benar mampu melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Belajar di negeri orang tidaklah mudah, mengingat banyaknya perbedaan budaya, iklim, adat istiadat, dan makanan. Selain itu, kamu perlu mencari tahu lebih mendalam mengenai kampus impianmu melalui kegiatan diskusi atau forum ilmiah yang membahas tentang belajar di luar negeri. 

Advertisement

2. Selain sertifikat TOEFL dan IELTS, persiapkan pula sertifikat TOPIK

Photo by pcntagon.tumblr.com

Photo by pcntagon.tumblr.com via https://pin.it

Hal yang paling penting dan harus kamu siapkan sebelum berangkat ke Korea Selatan adalah sertifikat keahlian bahasa asing. Sertifikat keahlian bahasa yang dibutuhkan antara lain TOEFL/IELTS dan TOPIK. Mungkin beberapa dari kalian merasa asing dengan TOPIK.

TOPIK merupakan Test of Profiency in Korean, atau tes untuk mengetahui level keahlian berbahasa Korea. Mengingat orang Korea bisa berbahasa Inggris namun kurang sempurna, sehingga kamu perlu menguasai bahasa Korea. Tetapi, jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di jurusan bahasa Inggris, kamu tidak diwajibkan memiliki sertifikat tersebut. 

3. Essay study, yang membantu untuk menjelaskan tentang kemampuan kamu kepada panitia penyelenggara seleksi

Advertisement
Photo by doorposts.com

Photo by doorposts.com via https://pin.it

Essay study merupakan tulisan singkat sekitar 500-1.000 kata yang digunakan untuk melihat kepribadian dan kemampuan kamu menganalisis permasalahan yang biasanya diberikan oleh pihak penyelenggara.

Essay study ini memiliki beberapa penamaan, antara lain motivation letter, personal statement, statement of purpose, letter of interest, dan sebagainya. Essay study biasanya berisi tentang profil singkat, minat, bakat, target yang ingin kamu capai, serta kontribusi yang akan kamu berikan kepada negara asal. Jadi kamu harus buat essay semenarik mungkin dan rasional. 

4. Dokumen yang berkaitan dengan identitas kamu jangan sampai ketinggalan ya

Photo by Krista Robertson

Photo by Krista Robertson via https://pin.it

Dimanapun kamu melamar beasiswa, pastikan kamu sudah mempersiapkan dokumen-dokumen penting. Dokumen penting tersebut antara lain akta kelahiran, kartu keluarga, pasport, visa, KTP, Ijazah, dan transkrip nilai. Supaya lebih aman dan nyaman, kamu bisa melakukan translate dokumen ke dalam bahasa Inggris di lembaga translator yang berwenang serta terpercaya.

Dokumen yang sudah di translate ke dalam bahasa Inggris atau bahasa Korea akan mempermudah dan mempercepat kamu saat mengurus hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan atau kebutuhan dokumen selama di negeri orang. Oh ya, jangan lupa, melakukan legalisir semua dokumen di pihak yang berwenang terhadap dokumen tersebut. 

5. Rencana untuk tempat tinggal selama di negeri orang harus kamu perhatikan betul-betul

Photo by Marhaslan

Photo by Marhaslan via https://pin.it

Jika kamu hendak belajar di negeri orang, kamu harus melakukan riset atau banyak bertanya kepada orang yang pernah belajar disana. Kamu bisa menghubungi PPI Indonesia yang ada di Korea Selatan untuk mendapatkan pengarahan.

Kamu harus memperhitungkan pengeluaran untuk sewa tempat tinggal dan kebutuhan sehari-hari. Selain itu, kamu juga harus tinggal di lingkungan yang bersih dan nyaman untuk belajar dan tempat tinggalmu. Oh ya, jika kamu mengambil beasiswa, perhatikan betul-betul nominal yang kamu dapat setiap bulan.

Nah, seperti itulah sedikit gambaran yang mungkin bermanfaat buat kamu yang ingin belajar di negeri orang. Kamu bisa akses Qatar Airways Student Club untuk mendapatkan keuntungan dalam melakukan perjalanan untuk studi, kembali ke kampus atau sekolah, atau mengunjungi teman serta keluarga selama masa liburan. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta Kopi dan Diskusi//Suka Travelling, Musik, dan Kuliner//Orang Trenggalek yang sedang tinggal di Kota Malang

CLOSE