#BelanjaMakinUntung-5 Tips Agar THR Kamu Nggak Cuma Numpang Lewat

Merencanakan keuangan bukan berarti pelit, tapi menyesuaikan antara kebutuhan dengan penghasilan.

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, bulan pengampunan dan bulan penuh pahala bagi umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu berkah Ramadan yang paling ditunggu-tunggu oleh para pekerja seperti halnya diriku adalah Tunjangan Hari Raya (THR). THR bisa memberikan keceriaan dan kebahagiaan di bulan Ramadan.

Bagaimana dengan kamu kawan?

Biasanya sih THR dibagikan minimal 2 minggu sebelum lebaran. Saat dia tiba, kamu harus bijak memanfaatkannya agar tidak cuma numpang lewat. Disebut numpang lewat karena seringnya THR hanya nangkring sebentar di rekening. Setelah itu berpindah ke tangan penjual baju lebaran, ke tangan kerabat di kampung atau ke saku penjual kue lebaran. Tiba-tiba saja dia lenyap setelah lebaran usai, kamu kaget dan bergumam, 

“Pada kemana THR ku, kok sudah habis ya?”

Nah.. kawan agar kondisi itu tidak terjadi sama kamu, maka ada baiknya cek 5 tips memanfaatkan THR berikut ini ya.

Advertisement

1. Prioritaskan Kewajiban

Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Photo by Karolina Grabowska on Pexels via https://www.pexels.com

Ada 2 jenis kewajiban di bulan Ramadan. Pertama adalah kewajiban akhirat dan kedua adalah kewajiban duniawi.

Kewajiban akhirat berkaitan dengan keharusan kamu dalam membayar zakat fitrah dan zakat maal. Membayar zakat fitrah adalah kewajiban umat Muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tujuannya untuk menyucikan diri. Sedangkan zakat maal bertujuan untuk menyucikan harta yang kita dapatkan.

Advertisement

Kewajiban duniawi berhubungan dengan segala jenis hutang yang kamu miliki. Dahulukan membayar tagihan agar hidupmu nyaman. Dua hal di atas wajib menjadi prioritas utama yang diselesaikan saat THR cair.

Kewajiban pertama, kesenangan selanjutnya!

2. Sisihkan Untuk Investasi

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Dalam teori perencanaan keuangan, sebesar 20% penghasilan seharusnya dialokasikan sebagai investasi. Jenisnya bisa bermacam-macam mulai dari investasi emas, reksadana, obligasi atau saham. Kalau kamu terbilang pemula, maka aku sarankan investasi emas dan reksadana yang mempunyai risiko kecil hingga menengah. Ilustrasinya misalkan THR kamu 5 juta, maka sisihkan sebesar 1 juta membeli emas untuk disimpan.

Yuk mulai investasi kawan!

3. Belanja Sesuai Kebutuhan

Photo by instagram GetPlus Indonesia

Photo by instagram GetPlus Indonesia via http://instagram.com

Ingat ya kawan, belanja sesuai dengan kebutuhan. Hindari atau cegah membeli barang-barang yang sebenarnya masih bisa ditunda.Tujuannya agar cash flow kamu lancar. Perhatikan pengeluaran kamu tidak boleh melebihi penghasilan. Oleh karena itu bijaklah dalam berbelanja.

Untuk urusan belanja serahkan saja pada GetPlus. Sebuah aplikasi yang bisa berikan kamu keuntungan mengalir.

“Hah.. belanja malah dapat untung, gimana caranya?”

Kamu bisa dengan mudah mengumpulkan poin reward loyalty dari aktivitas belanja lewat GetPlus kawan. Caranya mudah cukup upload struk belanja  minimal Rp. 30.000 di berbagai e-commerce yang terdaftar GetPlus, lalu dapatkan rewardnya. 

Semakin sering belanja semakin banyak pula kesempatan poin reward yang bisa kamu kumpulkan. Poin yang terkumpul nantinya bisa ditukar dengan berbagai macam reward fantastik mulai dari e-voucher hingga barang-barang favorit yang kamu inginkan.

Bulan ini ada program Ramadan Seru GetPlus loh. Kamu bisa langsung dapat 30.000 poin hanya untuk 5.000 member pertama. Promo ini khusus berlaku periode 17 April hingga 1 Mei 2021 Ayo segera gabung dengan mengunjungi laman www.mygetplus.id atau bisa juga langsung cari di play store.

Instal aplikasinya di HP kamu kemudian masukkan kode referral “GETPLUSHIPWEE”  Tunggu apa lagi, buruan mumpung masih banyak kesempatan kawan.

Belanja online bisa dapat bonus! Pakai GetPlus belanja Ramadan untung terus!

4. Modal Membuka Usaha Sampingan

Photo by instagram Peluang.id

Photo by instagram Peluang.id via http://instagram.com

Kalau THR kamu tergolong lumayan, coba deh pikirkan dan pertimbangkan untuk membuka usaha sampingan. Hal yang wajar kok sekarang kita mulai merintis bisnis pribadi. Yang paling penting usaha sampingan kamu tidak mengganggu aktivitas pekerjaan utama.

Sesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Misalnya membuka toko online berjualan hampers lebaran, baju lebaran dan kue lebaran. Kamu juga bisa berwirausaha menjual makanan atau minuman takjil dan berbuka puasa di depan rumah.

Dan setelah Ramadan selesai, kamu harus tetap menjalankan usaha sampingan berkelanjutan agar pundi-pundi penghasilan terus bertambah.

Mari mulai menjadi entrepreneur untuk masa depan lebih cerah!

5. Sisihkan Sebagai Dana Darurat

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Hal terakhir agar THR kamu memiliki nilai tambah ialah dengan menyisihkannya sebagai dana darurat. Berapapun nominalnya, kamu perlu mengisi pos dana darurat. Ini penting karena kita tidak akan pernah tau hal-hal yang terjadi di masa yang akan datang. Setidaknya 10% dari THR harus kamu sisihkan sebagai dana darurat.

Mempersiapkan diri jauh lebih baik ketimbang mengeluh di kemudian hari!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Proffesional Executive, Hypnotist, Hypnotherapist, Penulis, Praktisi Mind Technology, Motivator

CLOSE